Cek rekam medis, yang sering disebut dalam istilah bahasa Inggrisnya yaitu “Medical Check Up” atau disingkat MCU, bertujuan untuk melakukan pemeriksaan secara mendalam dan menyeluruh untuk mendeteksi apakah ada masalah di dalam tubuh kita.

Rutin melakukan cek rekam medis lengkap, setidaknya satu kali setahun, adalah kunci untuk selalu menjaga kesehatan tetap prima. Dan bilamana pun ada penyakit berat, diharapkan dengan melakukan MCU secara rutin, penyakit ini dapat terdeteksi di tahap awal yang memungkinkan untuk diberi penanganan secepatnya untuk mencegah penyakit berkembang menjadi lebih parah.

MCU adalah hal penting yang harus rutin dijalankan

Mulai dari pemeriksaan payudara hingga tes kepadatan massa tulang, ada beberapa jenis cek rekam medis yang terutama sangat penting dijalankan secara rutin bagi wanita. Ditambah lagi dengan cek penglihatan mata, cek kondisi mulut dan gigi serta cek kesehatan kulit, yang teramat penting untuk mendukung gaya hidup lebih sehat.

Yang harus dilakukan secara rutin setiap tahun mulai usia 20 tahunan

Cek keadaan mata dan penglihatan

Kunjungi dokter mata sekali setahun untuk pastikan mata bebas dari gangguan, baik itu katarak, maupun minus atau plus yang tak bertambah.

Cek kondisi mulut dan gigi

Jadwalkan kunjungan ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Periksa gigi rutin, termasuk mengecek apakah ada karies / gigi bolong, membersihkan plak / karang gigi yang menempel, sampai memastikan bahwa kondisi mulut baik-baik saja.

Cek kesehatan kulit

Indonesia adalah negara beriklim tropis yang terletak tepat di atas garis khatulistiwa, membuatnya selalu disinari matahari sepanjang tahun. Pancaran sinar matahari di garis khatulistiwa pun ternyata jauh lebih terik dibanding di negara yang tak tepat berada di atas garis pembatas utara dan selatan bumi ini.

Karena itu, untuk selalu menjaga kesehatan kulit, gunakan krim pelembab tabir pelindung surya setiap harinya. Pilih krim dengan tingkat SPF (singkatan dari “Sun Protection Factor” alias faktor perlindungan terhadap matahari) paling tidak 30. SPF 30 artinya krim ini akan melindungi kulitmu dari paparan matahari selama 300 menit. Semakin tinggi SPF, semakin baik.

Buat jadwal temu dengan dokter kulit satu kali setiap tahun untuk memeriksakan kondisi kulit. Dan waspada bila tiba-tiba ada bercak hitam atau tahi lalat yang membesar pada kulitmu, karena ini mungkin saja merupakan tanda-tanda awal gejala kanker kulit. Segera temui dokter spesialis kulit bila ada bagian kulitmu yang menampakkan tanda-tanda seperti tersebut di atas.

Selalu bersikap proaktif di semua usia

Bersikaplah proaktif, sebab mencegah itu jauh lebih baik daripada mengobati.

Di semua usia, mulai usia dua puluhan hingga usia lanjut di atas lima puluh tahun, jadikan kebiasaan waspada sebagai bagian dari protokol kesehatan sehari-hari.

Setiap bulan, raba payudara sendiri sebelum dan sesudah menstruasi, pastikan tidak ada benjolan yang menonjol keras pertanda tumor, dan catat jadwal menstruasi – bila menstruasi tidak teratur atau ada perubahan mendadak pada siklus haidmu, segera konsultasikan ke dokter.

Juga waspadai bila kamu tiba-tiba mengalami hal-hal seperti di bawah ini:

  • Berat badan dan nafsu makan turun drastis tanpa sebab dan tanpa adanya perubahan pola makan signifikan
  • Batuk mengeluarkan darah
  • Ada darah dalam pembuangan feses
  • Merasa lemas, lesu, tak bertenaga
  • Sering pingsan tiba-tiba
  • Ada benjolan di salah satu bagian tubuh – selain payudara, waspadai ketiak, leher dan perut

Makan sehat dan berolahraga

Ini sudah pasti merupakan salah satu kunci utama pemeliharaan kesehatan.

Kurangi makan makanan yang terlalu tinggi kadar gulanya dan penuh dengan lemak jenuh, serta makanan yang terlalu banyak melalui proses pengolahan.

Utamakan makanan empat sehat lima sempurna, karbohidrat kompleks, sayur-sayuran, buah, kacang-kacangan dan biji-bijian, serta protein dan lemak sehat. Pastikan asupan vitamin dan mineral seperti Vitamin A, Vitamin B kompleks, Vitamin C dan Vitamin D, kalsium, potassium, kalium selalu tercukupi. Tambahkan dengan suplemen vitamin bila diperlukan.

Tidur dan istirahat cukup, hindari stres

Menjaga asupan makanan sehat dan rajin berolahraga perlu dilengkapi dengan tidur yang baik, istirahat cukup dan menghindari stres.

Penelitian membuktikan bahwa stres adalah salah satu faktor yang berpengaruh cukup signifikan menimbulkan berbagai penyakit berat, mulai dari hipertensi, diabetes, stroke dan penyakit jantung, sampai dengan kanker.

Jadi, mulai sekarang utamakan beristirahat dengan cukup dan perbaiki kualitas tidurmu, ya.

Cek rekam medis berdasarkan dekade umur

Apa saja cek rekam medis yang harus diberi perhatian lebih bagi kita para wanita, untuk setiap dekade bertambahnya umur?

Berikut ini daftarnya.

Usia 30 tahunan

Cek rekam medis yang direkomendasikan : PAP SMEAR, pemeriksaan menyeluruh pada serviks untuk pencegahan kanker rahim dan kanker mulut rahim.

Apa saja yang dilakukan pada saat cek rekam medis ini? Dokter ahli obstetri dan ginekologi akan mengambil sampel sel dari dalam rahim dan mulut rahim kita, untuk lantas menelitinya di laboratorium. Pemeriksaan ini disebut PAP SMEAR.

Melalui sampel sel ini, kita akan dapat mengetahui bila adanya abnormalitas yang, bila tidak ditangani segera, dapat menjadi awal dari kanker.

Wanita usia 25 hingga 64 tahun sebaiknya melakukan PAP SMEAR setiap tiga hingga lima tahun sekali.

Usia 40 tahunan

Cek rekam medis yang direkomendasikan: Cek lab darah lengkap, termasuk tensi dan kadar kolesterol.

Apa saja yang dilakukan pada saat cek rekam medis ini? Semua orang berusia 40 tahun atau lebih sebaiknya melakukan cek lab darah lengkap, termasuk tensi darah dan kadar kolesterol, paling tidak enam bulan sekali.

Tensi darah tinggi dapat meningkatkan risiko jantung melemah dan merusak dinding urat nadi serta pembuluh darah arteri utama, dan menyebabkan penyakit jantung, stroke maupun gagal ginjal. Bila tensi darah tinggi, dokter dapat menyarankan pola diet dan perubahan gaya hidup yang tepat untuk memperbaikinya.

Sedangkan cek lab darah lengkap termasuk kolesterol, dapat mendeteksi bila ada anomali dalam darah. Kolesterol jahat berpotensi menimbulkan plak yang menyumbat saluran darah dan otak, yang dapat berujung pada stroke fatal.

Menurunkan kolesterol dan tensi darah adalah persoalan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat, menjaga asupan makanan bergizi dan rendah lemak, serta berolahraga secara rutin agar semakin bugar.

Usia 50 tahunan

Cek rekam medis yang direkomendasikan: Mamografi dan USG untuk mendeteksi kanker payudara.

Apa saja yang dilakukan pada saat cek rekam medis ini? Semakin dini gejala kanker payudara dideteksi, semakin besar pula kemungkinannya untuk benar-benar sembuh secara menyeluruh.

Setiap wanita disarankan melakukan mammogram / mamografi, dimana kedua payudara kanan dan kiri akan dipotret menggunakan sinar X-Ray dan USG untuk mendeteksi segala keabnormalan jaringan yang mungkin terjadi pada payudara.

Setelah berusia 50 tahun, setiap wanita sebaiknya melakukan pemeriksaan kanker payudara setiap tiga tahun hingga mencapai usianya yang ke-70 nanti.

Usia 60 tahunan

Cek rekam medis yang direkomendasikan: Pemeriksaan kanker usus dan pencernaan.

Apa saja yang dilakukan pada saat cek rekam medis ini? Pemeriksaan kanker usus dan pencernaan tidak dapat mendiagnosis adanya kanker secara langsung, tapi dapat mendeteksi bila ada potensi terjadi kanker di masa depan – bahkan sebelum seseorang mengalami gejalanya.

Pemeriksaan ini dilakukan lewat gastroskopi dan kolonoskopi, yang memasukkan kamera mini ke dalam tubuh kita untuk memeriksa keadaan di dalam organ usus dan pencernaan.

Usia 70 tahunan

Cek rekam medis yang direkomendasikan: Cek kepadatan massa tulang.

Apa saja yang dilakukan pada saat cek rekam medis ini? Wanita sangat rentan terkena osteoporosis, apalagi di usia lanjut. Mulai usia 65 ke atas, rajin-rajinlah mengecek kesehatan dan kepadatan massa tulang sebelum terlambat.

Perlindungan menyeluruh untuk masa kini dan masa depan

Persiapkan jaring proteksi yang akan memberikan perlindungan menyeluruh bagi kita dan keluarga, serta semua orang-orang tercinta.

Pilih iPlan, solusi komprehensif dari Generali Indonesia yang merupakan asuransi jiwa dengan benefit pertanggungan asuransi kesehatan sekaligus penyakit berat. Klik disini untuk tahu lebih lanjut mengenai iPlan

                                                Daftar Medical Check Up terpenting untuk Wanita di semua umur

Mulai dari saran mengenai cara makan sampai dengan resep camilan sehat, semua yang kamu butuhkan untuk memulai gaya hidup sehat ada disini:

Tips khusus bumil: tidur lebih nyenyak supaya semakin sehat

Vitamin dan mineral terpenting bagi anak-anak dalam masa tumbuh kembang

Meal plan ideal: sehat, hemat dan bergizi

Tips rumah yang aman bagi bayi dan balita

Ini pentingnya lakukan Medical Check Up secara rutin!

 

 

Bagikan
suka artikel ini :