Tips rumah yang aman bagi bayi dan balita

Healthy Protection Senin, 29 Oktober 2018
Tips rumah yang aman untuk bayi dan balita

Hi moms, Generali kembali lagi dengan tips parenting mengenai pengamanan rumah di saat kita masih punya bayi dan balita yang aktif.

Bayi adalah manusia-manusia kecil yang penuh rasa ingin tahu dan selalu lincah mengeksplorasi dunia sekitarnya. Nah, ikuti dulu beberapa tips ini untuk membuat ruangan-ruangan di rumah selalu aman untuk si kecil, apalagi saat ia mulai merangkak dan belajar berjalan.

Dapur

Banyak benda berbahaya di dapur, apalagi bagi tangan-tangan mungil bayi dan balita. Hindari meninggalkan makanan dan minuman di pinggir meja, simpan baik-baik pisau, panci dan pan penggorengan dalam rak dan laci yang tinggi dan jauh dari jangkauan si kecil. Pastikan oven dan kompor selalu dimatikan dan kenopnya juga tak dapat diputar atau dijangkau oleh si bayi.

Ruang tamu

Seiring tumbuhnya bayi, semakin besar pula keingintahuannya. Singkirkan kabel-kabel dan tutup sambungan listrik dengan plastik penutup steker yang banyak dijual di toko-toko bangunan. Pastikan semua mebel cukup berat agar tidak dapat digeser atau didorong oleh bayi, simpan sementara barang-barang pecah belah dan tutup sudut-sudut pinggir meja dan perabotan yang tajam dengan plastik khusus.

Kamar tidur dan kamar mandi

Kamar tidur yang sunyi dan digelapkan membantu bayi untuk tidur lebih nyenyak. Tutup pintu rapat-rapat dan tidurkan bayi di tempat tidurnya sendiri, dengan pagar pembatas tempat tidur yang cukup tinggi agar tidak bisa dipanjat bayi. Simpan baik-baik semua benda tajam atau berbahaya di kamar mandi seperti gunting kuku, pinset, serta obat-obatan dan cairan pembersih agar tidak dapat ditemukan bayi, dan jangan lupa mengeringkan air dari wastafel dan bak mandi, serta selalu menutup dudukan toilet setelah digunakan.

Yang terakhir, pakaikan baju yang simpel tanpa tali-temali pada bayi setiap hari, untuk menghindari kemungkinan tersangkut sesuatu, dan lengkapi kamar dengan monitor bayi, supaya si kecil tetap dalam pengawasan, bahkan saat kita berada di ruangan lain.

 

Untuk tips merawat anak dan berbagai artikel parenting lainnya, moms bisa ikuti artikel-artikel berikut:

Yuk, ajak anak untuk olahraga lari supaya lebih sehat dan aktif

Vitamin dan mineral terpenting bagi anak-anak dalam masa tumbuh kembang

Bagaimana mengajari anak prinsip dasar keuangan dan penghematan

Penting dibaca: Asuransi untuk kamu yang baru punya anak!

Penting untuk kita orangtua: waspada benturan kepala pada anak