Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Gen Z yang menjadi penerus dari Generasi Milenial. Gen Z merujuk pada orang-orang yang lahir di rentang tahun 1997 hingga 2012, Menurut angka dari Sensus Penduduk 2020 yang diberikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat 270,2 juta orang di Indonesia. Dari jumlah itu, 27,94% atau kira-kira 74,93 juta orang adalah Gen Z, sehingga bisa ditarik kesimpulan kalau para Gen Z sekarang ini merupakan para remaja dan dewasa muda dengan jumlah yang cukup besar.

Bagi Gen Z yang sudah memasuki usia dewasa, salah satu pertimbangan yang mungkin muncul adalah perkara penting atau tidaknya memiliki asuransi. Sebagian mungkin berpikir kalau asuransi belum begitu penting, namun sebagian lagi mungkin berpikir sebaliknya. Bagi kamu para Gen Z yang masih ragu, simak alasan mengapa asuransi penting untuk dimiliki di bawah ini. 

Alasan Gen Z Wajib Punya Asuransi  

Sebagian Gen Z, khususnya yang sudah punya penghasilan sendiri, mungkin berpikiran kalau asuransi tidak penting mengingat usianya yang masih muda. Namun, mereka tampaknya lupa kalau risiko seperti jatuh sakit, mengalami kecelakaan, atau kehilangan pekerjaan sama sekali tidak pandang usia. Jadi, proteksi diri dalam bentuk asuransi sama pentingnya bagi Gen Z. 

Dengan adanya asuransi, seperti asuransi jiwa dan kesehatan, Gen Z bisa mendapatkan jaminan atas risiko yang mungkin dihadapinya di kemudian hari. Sekiranya Gen Z jatuh sakit, maka Gen Z bisa memperoleh jaminan biaya kesehatan atas penyakit yang dideritanya, sehingga penghasilan Gen Z yang mungkin belum seberapa tidak perlu terkuras untuk biaya tersebut. 

Baca Juga : Kenali Jenis-jenis Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia

2. Memberi Proteksi untuk Keluarga 

Proteksi yang diperoleh oleh Gen Z dari asuransi yang dimilikinya juga akan bermanfaat bagi keluarganya. Apalagi jika sekiranya penghasilan Gen Z merupakan salah sumber pemasukan utama bagi keluarganya. Kepemilikan atas asuransi akan membuat keluarga tidak menjadi terbebani dengan biaya yang mungkin dikeluarkan jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada Gen Z. 

Jika sekiranya Gen Z harus kehilangan pekerjaaan, ganti rugi yang diberikan oleh pihak asuransi bisa jadi bekal bagi keluarga untuk bertahan hidup sampai nantinya pemasukan dari sumber baru didapatkan kembali. Jadi, tidak hanya diri Gen Z yang bakal terlindungi, namun juga keluarga yang disayanginya. 

3. Biaya Kesehatan yang Makin Mahal 

Tahukah kamu kalau biaya kesehatan makin lama akan makin meningkat nilainya? Mungkin penyakit akan datang pada beberapa puluh tahun ke depan, pada saat di mana Gen Z mungkin tidak menyiapkan dana khusus untuk biaya pengobatan. Pada saat itu, jika biaya pengobatannya cukup besar, tentu akan menguras tabungan yang dimiliki oleh Gen Z. 

Meskipun saat ini para Gen Z masih merasa sehat, jangan pernah hiraukan pentingnya asuransi. Dengan adanya asuransi kesehatan misalnya, sekiranya butuh biaya pengobatan yang cukup besar di masa depan, maka akan ada jaminan biaya pengobatan dari pihak asuransi. Memulai asuransi di usia masih muda dan kesehatan masih prima pun biayanya akan lebih terjangkau. 

4. Menghadirkan Rasa Tenang dalam Menyongsong Masa Depan 

Keberadaan asuransi akan bisa memberikan Gen Z rasa tenang dan terlindungi saat menyongsong masa depannya. Bagaimana tidak, dengan adanya asuransi seperti asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, maka potensi pengeluaran biaya yang cukup besar karena hal-hal yang tidak terduga di masa depan nanti akan bisa dihindari. 

Gen Z tidak perlu lagi mengkhawatirkan nanti bagaimana jika tiba-tiba kehilangan pekerjaan, tiba-tiba sakit, atau tiba-tiba terjadi hal yang tidak diinginkan lainnya, karena kerugiannya akan dijamin oleh pihak asuransi. Jadi, para Gen Z bisa fokus untuk mencapai berbagai tujuan lain dalam hidupnya. 

Kapan Baiknya Gen Z Memiliki Asuransi? 

Setelah tahu pentingnya asuransi bagi Gen Z, mungkin kamu mulai berpikir kapan baiknya Gen Z memiliki asuransi? Jawabannya adalah, semakin cepat maka akan semakin baik. Jika kamu merupakan Gen Z yang sudah memiliki penghasilan sendiri, maka kamu bisa mulai melirik dan memiliki asuransi untuk memproteksi diri.  

Jika kamu punya kekhawatiran akan mahalnya premi yang harus dibayarkan untuk asuransi yang dimiliki, tenang saja, karena sekarang ada pilihan asuransi dengan premi terjangkau, yang memang ditujukan untuk para Gen Z. Kamu bisa pilih Alive, asuransi jiwa online yang dipersembahkan oleh Generali khusus untuk para Gen Z yang anti ribet seperti kamu. 

Baca Juga : Panjang umur, tetap sehat dan awet muda lewat asupan nutrisi yang sesuai untuk DNA-mu!

Alive menghadirkan AMORE (Asuransi Modern untuk Rencana Masa Depan), yang memberi proteksi jiwa tanpa rugi dan bisa kasih 110% premi kembali pada akhir masa pertanggungan. AMORE dari Alive hadir dalam bentuk Plan A dan Plan B, di mana kamu bisa membayar preminya secara tahunan, per 6 bulan, per 3 bulan, atau bisa juga dibayar per bulan. 

Kamu tidak perlu takut asuransi ini akan menguras dompet, karena preminya begitu terjangkau, yakni mulai dari 5 ribuan saja per harinya. Sebagai pemilik asuransi nantinya, kamu cuma perlu bayar mulai dari 4 tahun, untuk mendapatkan proteksi sampai 10 tahun. Keluargamu pun bakal dapat akses konsultasi telemedicine secara cuma-cuma alias gratis. Jadi, yakin tidak mau punya asuransi? 

Jangan tunggu sampai tua dulu baru punya asuransi. Pada saat dirimu yang merupakan Gn Z masih di usia yang muda, mulailah memberi proteksi diri dengan memiliki asuransi, seperti asuransi jiwa. Kamu bisa pilih asuransi jiwa online Alive dari Generali, yang memberikan proteksi hingga 10 tahun lamanya, dengan besaran premi yang tidak bakal menguras dompetmu. 

Sumber

  • Tim Female Daily. (2022, Oktober 20). 5 Alasan Penting Kenapa Asuransi Wajib Dimiliki Gen Z dan Milennial Saat Ini. Female Daily. Diakses pada tanggal 1 Mei 2023 melalui https://editorial.femaledaily.com/blog/2022/10/20/5-alasan-penting-kenapa-asuransi-wajib-dimiliki-gen-z-dan-milennial
  • Tracy, Thom. (2023, Februari 22). When Should You Get Life Insurance? Investopedia. Diakses pada tanggal 1 Mei 2023 melalui https://www.investopedia.com/articles/investing/072816/what-best-age-get-life-insurance.asp
  • Bieber, Christy. (2023, Februari 20). When Should You Buy Life Insurance? The Ascent. Diakses pada tanggal 1 Mei 2023 melalui https://www.fool.com/the-ascent/insurance/life/when-to-get-life-insurance/
Tracking Gen Z, Jangan Pernah Abai Tentang Pentingnya Asuransi. Ini Alasannya!
Bagikan
suka artikel ini :