Sumber daya manusia merupakan aspek terpenting sebuah perusahaan. Karena itu, menjaga agar karyawan kantor selalu merasa nyaman di pekerjaan adalah sesuatu yang sangat penting. Survei juga membuktikan bahwa karyawan yang merasa stres di kantor, biasanya kurang produktif dan lebih sering sakit dibandingkan karyawan yang merasa nyaman bekerja.

Sebagai pemimpin dalam UKM atau UMKM - atau bahkan perusahaan yang sudah cukup besar sekalipun, 9 hal simpel ini bisa kamu praktekkan untuk membantu supaya karyawan selalu merasa tenang, lega dan nyaman di tempat kerja.

1. Buat daftar tugas yang jelas

Fokus dan produktivitas akan meningkat ada daftar tugas yang jelas. Ketidakjelasan pekerjaan dan daftar tanggungjawab bisa membuat karyawan merasa khawatir yang bisa berujung munculnya stres, dan membuat kinerja mereka tidak terstruktur.

2. Dengarkan aspirasi karyawan

Pemimpin yang baik adalah seseorang yang mau meluangkan waktu sekedar untuk mendengarkan saran, masukan atau keluhan karyawannya. Sering-sering cari waktu untuk sekedar mengobrol dan mendengar curhat karyawan supaya mereka merasa lebih dihargai.

3. Beri mereka istirahat dan cuti yang cukup

Izinkan karyawan kantor untuk me-recharge energi mereka kembali, dengan istirahat yang cukup dan jadwal cuti yang disetujui bersama, sehingga merekapun merasa selalu nyaman dan punya keseimbangan antara kantor dan kehidupan pribadi yang baik.

4. Stop multitasking - fokus monotasking!

Multitasking sebetulnya malah membuat karyawan lebih sulit berkonsentrasi. Ajari staf kantor untuk selalu membuat prioritas pekerjaan dan hanya mengerjakan satu pekerjaan pada saat yang bersamaan. 

5. Fokus pada banyaknya pekerjaan yang selesai, bukan pada banyaknya jam kerja

Budayakan fokus pada banyaknya pekerjaan yang berhasil diselesaikan, bukan pada banyaknya jam kerja yang ditumpuk. Benefit-nya banyak! Selain jam kantor juga lebih fleksibel, karyawan pun merasa diberi kepercayaan untuk selalu menyelesaikan tugas dan lama-kelamaan mereka akan terbiasa untuk menyelesaikan pekerjaan sebaik mungkin dalam waktu sesingkat mungkin.

6. Suasana kantor yang nyaman

Ciptakan suasana kantor yang nyaman lewat dekorasi dan pengaturan ruang yang lebih bersahabat. Alih-alih hanya satu open space standar, mungkin kamu bisa membuat beberapa ruangan lebih kecil yang ditata dengan lebih apik melalui kursi dan meja yang lebih nyaman untuk bekerja.

7. Meeting di luar kantor sesekali, kenapa enggak?

Salah satu cara membuat karyawan lebih kreatif dan produktif adalah dengan mengajak mereka untuk sesekali meeting di luar. Perubahan suasana dan pemandangan bisa mendorong mereka untuk lebih happy dan tentunya mendatangkan inspirasi kreatif.

8. Tawarkan fleksibilitas kerja dari rumah bagi karyawan (hybrid working)

Sistem ini sudah banyak ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan raksasa, seperti Google dan Facebook. Dengan mengizinkan karyawan untuk sesekali bekerja dari rumah, karyawan akan semakin menghargai kesempatan bekerja di kantor yang open-minded dan berpikiran visioner ke masa depan.

9. Beri teladan

Teladan adalah guru terbaik. Bila kamu sendiri sebagai pimpinan tidak mencontohkan apa yang ingin kamu terapkan ke karyawan, sulit bagi mereka untuk berubah. Maka, sebagai pemimpin, mulailah untuk menerapkan hal-hal simpel ini supaya kamu sendiripun bisa mengurangi stres di kantor!

 

Bagikan
suka artikel ini :