Awas, tempat-tempat ini sarang kuman di rumah

Healthy Lifestyle Jumat, 2 November 2018
Tempat tak terduga sarang kuman di rumah

Punya rumah sebersih apapun, tetap saja masih selalu ada tempat-tempat tak terduga dimana kuman bersarang. Beberapa lokasi di dapur, kamar mandi dan ruang tamu ini merupakan sumber bakteri di rumah. Bagaimana caranya mensanitasi lokasi-lokasi ini?

Kuman di dapur

Sebagai salah satu ruang terpenting di dalam rumah, sekaligus tempat memasak dan menyimpan makanan, dapur seringkali jadi tempat ideal bersarangnya kuman. Spons cuci piring adalah salah satu medium hidup kuman, karena lembab dan selalu bersentuhan dengan sisa-sisa makanan. Ganti spons secara berkala untuk selalu jaga kebersihan. Selain itu, talenan yang sering dipakai mengiris daging mentah juga merupakan sumber kuman - pastikan keseluruhan permukaan talenan selalu dicuci sampai bersih setiap kali selesai mengiris bahan makanan. Kemudian, lap piring juga harus dicuci setiap dua hari sekali, untuk menghindari bersarangnya kuman dan bakteri. Selalu bersihkan kompor setelah memasak, kenop pintu dan laci, serta bak cuci piring dengan disinfektan.

Bakteri yang sembunyi di kamar mandi

Kita mandi setiap hari agar bersih. Tapi, tak berarti kamar mandi adalah tempat yang bersih juga, lho. Contoh tempat-tempat dimana bakteri lazim ditemukan adalah benda-benda yang sering kita sentuh sebelum cuci tangan, contohnya, saklar lampu, wastafel dan handuk tangan. Rajin-rajinlah mengelap dan membersihkan tempat-tempat ini dengan semprotan disinfektan dan cuci handuk tiga kali seminggu. Kemudian, selalu cek kebersihan tas make up-mu, karena bakteri senang sekali berkembang biak di peralatan make up seperti spons wajah, kuas dan kosmetik yang sudah lama. Ganti spons wajah setiap bulan, cuci kuasnya dan pastikan semua peralatan kosmetik tidak kadaluwarsa sehingga aman digunakan. Untuk sikat gigi, gantilah sikat gigi sebulan sekali.

Kotoran di ruang tamu

Sering makan sambil nonton TV? Nah, berarti remote control TV perlu dibersihkan secara teratur, karena sentuhan tangan saat makan akan meninggalkan bekas-bekas makanan pada permukaan remote control, sehingga banyak kuman yang juga senang berkoloni di sana. Bersihkan remote control dan sekaligus layar TV dua kali seminggu dengan tisu disinfektan. Cuci bersih tirai jendela, sarung sofa dan karpet di ruang tamu minimal dua bulan sekali, terutama kalau kamu punya binatang peliharaan yang berbulu, seperti anjing dan kucing - wah, harus lebih sering cuci karpet, tirai dan sofa karena hewan biasanya juga potensial membawa tidak hanya kuman, tapi juga kutu!

 

Temukan berbagai tips menarik seputar kesehatan, gaya hidup dan artikel menarik seputar rumah dari Generali disini:

Hindari kecelakaan saat merakit mebel di rumah

Tips praktis untuk membereskan rumah: bersihnya maksimal, capeknya minimal!

Kerja dari rumah: apa keuntungannya dan kenapa kamu harus mempertimbangkannya?

Menu Brunch sehat dan lezat di rumah sendiri

8 hal yang dibutuhkan untuk memadamkan kebakaran kecil di rumah