10 Sifat Pemimpin Bisnis yang Hebat

Healthy Wealth Senin, 12 Februari 2018
10 Sifat Pemimpin Bisnis yang Hebat

Inilah pertanyaan yang jawabannya ingin diketahui oleh setiap entrepreneur yang ambisius: seperti apakah sifat dan karakter pemimpin yang hebat? Para atasan terbaik biasanya bukan hanya bos, tapi juga pembimbing yang dapat menuntun kinerja tim supaya jadi efektif dan membawa hasil yang mengesankan. Berikut ini jawaban rahasia yang kami bagikan untuk kamu: elemen utama sifat dari pemimpin yang hebat. 

1. Cerdas secara emosional

Pemimpin yang hebat biasanya tahu kemampuan diri sendiri, memiliki kesadaran sosial, dan jagoan dalam membina hubungan. Mereka punya rasa empati yang besar dan mengetahui bahwa kata-kata serta tingkah laku dapat mempengaruhi orang di sekitar mereka.

2. Selalu jadi diri sendiri

Mereka selalu jadi diri sendiri, di depan siapapun mereka berbicara.

3. Pandai berkomunikasi

Pemimpin yang hebat biasanya dapat mengkomunikasikan dengan baik nilai-nilai dan tujuan yang mereka anggap penting, lewat pidato yang jelas, bahasa tubuh dan tindak-tanduk yang percaya diri. Mereka menjelaskan visi dari perusahaan mereka yang dapat dimengerti oleh semua orang.

4. Pendengar yang baik

Pemimpin yang baik tidak hanya diam dan tuli pada kritikan. Mereka meluangkan waktu untuk ngobrol dengan staf di semua tingkatan dan mengumpulkan masukan, serta selalu memikirkan bagaimana caranya membuat bisnis lebih baik lagi.

5. Selalu membuat keputusan yang tepat

Mereka tahu kapan harus mendengarkan, berpikir, dan membuat keputusan yang akan mereka pertahankan selama mungkin untuk memberikan rasa aman pada bawahan. Bila keputusan ini ternyata tidak tepat, pemimpin hebat pun sanggup mengakui kesalahan mereka, belajar dari kesalahan tersebut untuk tak mengulanginya di masa depan. 

6. Ahli strategi

Pemimpin menentukan arah yang jelas bagi perusahaan mereka, baik itu target maupun cara bagaimana para karyawan bersama-sama akan mencapai target tersebut.

7. Motivator ulung

Bos yang baik tahu bahwa karyawan butuh dihargai. Tak hanya melulu mengenai bonus atau kompensasi fiannsial saja - mengakui dan memuji bahwa karyawan telah bekerja baik dengan penghargaan atau kenaikan jabatan, juga merupakan bentuk apresiasi yang sangat berharga bagi setiap staf yang bekerja untuk perusahaan. 

8. Bersikap sebagai mentor

Pemimpin yang hebat akan memastikan bahwa setiap karyawan yang berusaha lebih keras dari yang lainnya dan bekerja dengan sebaik mungkin, akan mendapatkan kesempatan untuk mendaki jenjang karir dengan lebih cepat. 

9. Berbagi tugas dan kewajiban

Bos yang baik juga akan selalu memilih karyawan yang tepat dan mendelegasikan tugas dan kewajiban.

10. Inspirator massa

Pemimpin hebat biasanya juga merupakan inspirator ulung, yang sanggup membuat tim kerjanya yakin akan misi dan motto perusahaan. Contoh yang bagus adalah berpikir mengenai "HIPPO - humility, integrity, passion, positivity and openness".

 

Melindungi investasimu dengan asuransi dapat memastikan masa depan yang aman secara finansial. Mulai proteksi keuangan dan investasimu hari ini dengan solusi praktis dari Generali, supaya hasil kerja kerasmu terlindungi oleh partner yang terbaik di bidangnya.

 

Selalu update dengan jenis-jenis bisnis baru dan berita seputar teknologi lewat artikel-artikel dari expert kami

Memulai usaha sendiri: susah nggak sih? Simak tips Anti-Gagal berikut ini!

Trend perubahan cara belanja masyarakat ke arah online shopping

Komunikasi lewat jalur digital: Cara interaksi masa kini

Bisnis jaman now: era entrepreneur digital