Tips aman menyetir untuk pengemudi lansia 60 tahun

Healthy Protection Kamis, 8 Februari 2018
Tips untuk pengemudi lansia

Tak semua manula punya kondisi yang sama, maka, tak mudah untuk menentukan kapan dan apakah seseorang yang sudah lanjut usia harus berhenti menyetir. Yang jelas kita ketahui, semakin kita bertambah usia, penglihatan, pendengaran, refleks dan daya tahan tubuh semakin menurun, sehingga semakin sulit untuk mengontrol kendaraan dengan baik. Terapkan beberapa langkah ini untuk tetap aman berkendara.

Jaga kondisi mata dan telinga

Selalu perhatikan kondisi mata dan telinga. Temui dokter mata dan pastikan ukuran plus atau minus kacamata dan lensa kontak selalu tepat. Bila menggunakan alat bantu dengar, pastikan alatnya sudah terpasang sebelum mulai menyetir, dan hati-hati bila membuka jendela mobil, karena suara berisik dari luar dapat mempengaruhi keefektifan alat tersebut.

Gunakan GPS

GPS adalah investasi penting. Perangkat GPS sangatlah berguna bagi pengemudi, tua dan muda, untuk selalu pastikan kita tak salah ambil jalan, bahkan dapat mengarahkan kita melewati jalan alternatif saat terjadi kemacetan di ruas jalan utama.

Hanya menyetir di siang hari saat cuaca bagus

Ubahlah kebiasaan-kebiasaan lama ketika masih muda dulu. Biasakan mengemudi hanya di siang hari, saat cuaca sedang baik dan hindari jam-jam sibuk dimana lalu lintas sedang padat. Menyetir di malam hari dan saat cuaca buruk banyak tantangan dan ketidaknyamanannya.

Cek kemampuan sendiri

Tes ulang kemampuan menyetir, atau ambil les lagi untuk menyegarkan ingatan bila perlu. Dua hal ini bisa memberimu kepercayaan diri dan ketenangan batin bahwa kamu tetap selalu ter-update dengan cara-cara menyetir yang baik dan benar. 

Tetap aktif

Tetap aktif selalu. Seiring berjalannya usia, kekuatan dan kelenturan otot dan sendi di badan akan perlahan-lahan menurun. Olahraga secara teratur seperti berjalan, stretching dan latihan angkat beban dapat membantu memperbaiki kondisi tubuh dan meningkatkan kewaspadaan secara umum.

Manfaatkan teknologi

Saat ini, sudah banyak kendaraan dengan inovasi teknologi yang dapat membantu proses mengemudi jadi lebih mudah, jadi, pertimbangkan untuk ganti mobil ke yang baru. Carilah mobil yang sudah dilengkapi GPS dan alarm anti bahaya, selain itu juga memiliki fungsi canggih seperti rem otomatis, deteksi pengemudi yang ngantuk, lampu terang untuk malam hari dan kontrol jarak yang dapat otomatis menyesuaikan kecepatan dengan mobil lain di depan.

Rutin mengemudi

Yang terakhir, menyetirlah secara rutin. Bila kita tidak melakukan sesuatu secara teratur, kita bisa dengan cepat kehilangan kemampuan dan kepercayaan diri saat melakukan hal tersebut - tak terkecuali untuk persoalan menyetir. Meski hanya menyetir dalam jarak dekat seperti berkunjung ke rumah teman atau ke pasar swalayan, rajin-rajinlah melatih diri untuk mengemudi agar kemampuan ini selalu terpelihara dengan baik. 

 

Bercita-cita untuk terus awet muda? Pelajari segalanya tentang bagaimana tetap sehat di usia lanjut dan tips untuk selalu awet muda disini

Life begins at 50: 4 cara tetap fit di usia tua

Cara-cara melindungi kesehatan otak setiap hari

Ingin sehat di usia lanjut? Rawat pencernaanmu!

Rahasia sehat dan awet muda ada di tulang kita!