Cara Tetap Semangat Jalani Resolusi Tahun Baru

Healthy Lifestyle Jumat, 5 Januari 2018
shutterstock_608055308.jpg

Mulai dari niat menabung lebih banyak demi masa depan, berolahraga lebih sering supaya sehat, atau memulai hobi baru, resolusi Tahun Baru adalah cara terbaik untuk mengawali tahun dengan tujuan yang fokus. Sayangnya, survei menyatakan bahwa hingga 80% resolusi Tahun Baru sudah tidak ditepati bahkan sejak bulan Februari. Kebanyakan orang mgenalami kesulitan untuk tetap bertahan menjalankan rencana resolusi mereka. Ikuti beberapa tips simpel ini untuk terus bertahan dan menepati resolusi Tahun Baru sepanjang tahun - bahkan hingga ke tahun berikutnya!

Buat perencanaan yang matang

Persiapkan rencana resolusi Tahun Baru dari jauh-jauh hari, sehingga ketika tanggal 1 Januari tiba, kamu tidak kaget dan sudah siap memulai tahun dengan baik. Pastikan segala peralatan yang dibutuhkan sudah siap di tangan, baik itu sepatu olahraga baru untuk ke gym, perlengkapan dapur untuk belajar memasak, atau bahkan rekening tabungan khusus. Begitu sudah menyiapkan semua yang berkaitan dengan resolusi Tahun Barumu, mulailah beberapa minggu lebih awal sebelum tahun baru datang - lebih cepat lebih baik, bukan?

Mulai dengan pelan tapi pasti

Saat memikirkan resolusi Tahun Baru, cobalah untuk mulai dengan pelan tapi pasti dengan mengubah satu hal kecil yang spesifik setiap kali. Contohnya, resolusi untuk lebih sehat dapat dibagi menjadi beberapa hal yang lebih mudah untuk ditepati, seperti mulai ikut kelas olahraga dan mulai sarapan sehat setiap pagi. Sekali kamu sudah masuk ke dalam rutinitas harian dengan tujuan yang pasti, kamu bisa pikirkan untuk menambahkan rencana lainnya.

Menuliskan resolusi-resolusimu

Menuliskan resolusi-resolusimu juga dapat membantu kamu untuk mengingat pentingnya resolusi tersebut. Jangan lupa memasukkan resolusi-resolusi ini ke dalam jadwal harianmu selayaknya perjanjian penting. Ini cara bagus untuk memastikan kamu tetap mentaati resolusi tersebut, misalkan, untuk selalu ingat menyisihkan waktu untuk ke gym ataupun mempersiapkan menu makanan seminggu ke depan di hari Minggu malam.

Beritahu orang-orang terdekat

Pastikan kamu memberitahu teman-teman dan keluarga terdekat mengenai daftar resolusimu, supaya mereka dapat selalu memotivasi kamu untuk terus menepatinya, serta mengingatkan tujuan awal mengapa resolusi tersebut kamu buat. Membuat resolusi dan menjalaninya bersama-sama seorang teman agar dapat saling mendukung saat motivasi sedang turun, adalah salah satu cara bagus untuk selalu fokus ke tujuanmu.

Selain itu, kamu juga bisa bergabung di forum-forum online yang dikhususkan untuk semua orang yang memiliki tujuan yang sama, supaya selalu tetap termotivasi.

Beri hadiah untuk diri sendiri

Yang terakhir, ingatlah untuk memberikan hadiah bagi dirimu sendiri saat mencapai perubahan-perubahan kecil - tak perlu menyesali saat sekali-dua kali sempat gagal menepati resolusi - yang penting, terus bulatkan tekad dan mulai jalani lagi resolusimu keesokan harinya!

 

Mulai dari saran mengenai cara makan sampai dengan resep camilan sehat, semua yang kamu butuhkan untuk memulai gaya hidup sehat ada disini

Cara mudah lebih sehat dengan nutrisi SUPER setiap hari

Klinik medis dalam genggaman tangan: aplikasi kesehatan yang merevolusi dunia

Cegah Kanker dan Perbaiki Mood dengan Vitamin D

Tips jitu melawan flu dan batuk saat cuaca tak menentu