Mau Dapat Asuransi Kesehatan Keluarga Premi Murah, Begini Caranya

Selasa, 4 Agustus 2020
Mau Dapat Asuransi Kesehatan Keluarga Premi Murah, Begini Caranya.jpg

Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan utama bagi diri manusia. Dengan tubuh yang sehat, segala aktivitas sehari-hari dapat dilakukan dengan lancar. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang selalu menjaga pola makan, rutin berolahraga dan menerapkan gaya hidup yang teratur untuk bisa tetap hidup sehat. Namun bagaimana jika tiba-tiba kamu dan keluarga terkena penyakit atau mengalami kecelakaan? Pastinya kamu membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk membayar pengobatannya. Apalagi dengan biaya kesehatan yang terus naik dari tahun ke tahunnya.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, sebenarnya kamu dan keluarga bisa jauh lebih hemat dan juga tidak terlalu terbebani oleh masalah finansial, karena jika kamu atau keluarga tiba-tiba jatuh sakit atau mengalami kecelakaan, maka perusahaan asuransi lah yang akan menanggung biaya pengobatannya.

Fakta mahalnya premi asuransi kesehatan kerap menjadi alasan keluarga tidak memiliki produk ini. Namun sebenarnya kamu tidak perlu merasa khawatir soal besarnya biaya yang harus dikeluarkan saat keluarga tiba-tiba jatuh sakit atau mengalami kecelakaan, karena terdapat beberapa strategi yang bisa kamu dan keluarga lakukan untuk mendapatkan asuransi kesehatan keluarga premi murah. Berikut strategi yang bisa kamu ikuti:

1.         Ambil produk asuransi kesehatan ketika dalam kondisi sehat

Masih banyak orang mengambil produk asuransi kesehatan ketika sudah mulai sakit atau menemukan gejala sakit yang serius. Namun hal ini sebenarnya salah dan membuat kamu ataupun keluarga harus membayar premi yang sangat mahal per bulannya atau bahkan malah ditolak oleh perusahaan asuransi.

Untuk mendapatkan asuransi kesehatan keluarga premi murah, kamu dan keluarga harus mendaftar disaat kamu dan keluarga belum memiliki penyakit apapun alias masih dalam keadaan sehat walafiat. Dengan begitu kamu dan keluarga bisa mendapatkan premi bulannya yang jauh lebih murah dan mendapatkan manfaat yang maksimal.

Perlu diingat jika perusahaan asuransi hanya melindungi kesehatan kamu dan keluarga saat polis diambil. Sehingga jika kamu mengambil produk saat sudah memiliki penyakit maka tentu saja riwayat sakit yang dialami sekarang dan pada masa yang akan datang bisa jadi masuk dalam pengecualian yang tidak dapat dilindungi oleh produk asuransi kesehatan.

3.         Pilih jenis asuransi murni dengan hasil manfaat yang maksimal

Produk asuransi kesehatan memiliki beberapa jenis, mulai dari asuransi yang digabung dengan tabungan (biasanya dalam bentuk asuransi plus tabungan pendidikan) sampai dengan asuransi yang memiliki manfaat tambahan sebagai investasi. Kamu harus memahami setiap karakteristik produk asuransi kesehatan, khususnya pada asuransi yang sekaligus memiliki fitur investasi atau biasa disebut dengan unit link. Jadi kuncinya untuk mendapatkan asuransi kesehatan premi murah, kamu harus memilih produk asuransi kesehatan murni dan mencermati dengan sangat teliti saat membandingkan produk dari sisi biaya premi dan manfaat yang akan didapatkan.

2.         Ambil produk asuransi kesehataan sedari dini

Tahukah kamu? Jika biaya pengobatan berbanding lurus dengan usia. Artinya, makin tua usia kamu dan keluarga maka semakin besar juga biaya pengobatannya. Prinsip tersebutlah yang dimiliki oleh perusahaan asuransi sehingga semakin tua usia kamu dan keluarga saat mengikuti program asuransi kesehatan, maka semakin mahal juga premi yang harus kamu bayarkan.

Untuk mendapatkan asuransi kesehatan premi murah, ada baiknya jika kamu mengikuti program asuransi kesehatan sejak usia di bawah 30 tahun. Karena secara fisik, kondisi tubuh usia di atas 30-40 tahun mulai rawan terhadap gangguan kesehatan seperti risiko kardiovaskular akibat akumulasi gaya hidup dan juga daya tahan tubuh yang mulai melemah.

 

Perhatikan Hal Ini Saat Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Premi Murah

Tak seperti membeli barang yang kamu sukai, memilih asuransi kesehatan bukanlah perkara mudah. Butuh waktu untuk merisetnya secara matang-matang agar tidak salah pilih dan menyesal di kemudian hari. Jumlah premi tentu saja menjadi pertimbangan awal. Lalu, apakah secara benefit sesuai ekspektasimu? 

Nah, berikut hal-hal yang harus diperhatikan kembali dalam memilih asuransi kesehatan keluarga premi murah.

●          Sistem klaim, cashless atau reimburse?

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah melihat prosedur pembiayaannya. Lebih baik jika kamu memilih dengan sistem klaim cashless, karena lebih praktis. Hanya dengan kartu berisi limit yang telah ditentukan oleh perusahaan asuransi, kamu bisa langsung menggunakannya saat ingin melakukan pembayaran rawat inap atau rawat jalan di rumah sakit.

Sedangkan jika menggunakan sistem reimburse, maka kamu perlu menyediakan dana dan membayarkan tagihan rumah sakit terlebih dahulu. Setelah itu, ada prosedur klaim yang harus dilalui untuk mengajukan penggantian dananya ke perusahaan asuransi.

●          Cek reputasi perusahaan asuransi

Pesatnya perkembangan perusahaan asuransi di Indonesia membuat mereka berlomba-lomba dalam menawarkan berbagai promo demi menarik minat untuk menjadi nasabahnya. Namun tidak semua perusahaan asuransi memiliki reputasi yang bagus dan profesional dalam memberikan pelayanan. Untuk hal ini kamu bisa mempelajari reputasi mereka dari rekam jejaknya dalam melayani nasabah.

●          Lihat rekanan yang dimiliki

Jangan asal ketika memilih perusahaan yang menyediakan asuransi keluarga premi murah, kamu perlu melihat rekanan rumah sakit yang dimiliki oleh pihak asuransi. Biasanya, perusahaan asuransi kesehatan yang baik memiliki rekanan rumah sakit atau layanan kesehatan dalam jumlah yang banyak dan juga bagus. 

Perhatikan juga apakah asuransi kesehatan keluarga premi murah ini memiliki rekanan yang dekat dengan tempat tinggal kamu, sehingga jika sedang membutuhkan pertolongan medis kamu bisa segera kesana dengan cepat dan mudah.

●          Sesuaikan budget dengan besaran premi

Sesuaikan budget yang kamu miliki dengan premi asuransi per bulan yang harus kamu bayar. Besaran nominal premi pada umumnya tergantung pada jumlah pihak tanggungan asuransi dan profil risiko tertanggung. Misalnya, asuransi yang memberikan jaminan rawat inap dan rawat jalan bisa lebih murah dibandingkan dengan asuransi kesehatan yang memberikan jaminan rawat inap, rawat jalan serta kesehatan gigi dan mata.

●          Pahami mekanisme rawat inap dengan asuransi

Mahalnya biaya rawat inap di rumah sakit membuat perusahaan asuransi membuat ketentuan yang sangat rinci mengenai syarat dan kondisi yang harus dipenuhi oleh pihak tertanggung. Pastikan kamu telah memahami ketentuannya dengan baik sebelum kamu mengambil produk asuransinya. 

Kondisi yang perlu diperhatikan yaitu, berapa lama rawat inap, kapan bisa melakukan klaim dan berapa minimal jam di ruang IGD. Hal ini bertujuan agar kamu tidak mengalami gagal ketika pengajuan klaim dikarenakan tidak memenuhi syarat dan ketentuan dari pihak asuransi.

Jika kamu sudah berkeluarga, maka mengambil produk asuransi kesehatan keluarga premi murah adalah pilihan yang sangat tepat. Asuransi keluarga ini dapat memberikan perlindungan maksimal untuk 5 orang sekaligus dalam 1 polis. Harga yang ditawarkan pun menjadi lebih murah jika dibandingkan dengan jenis asuransi individu. Sehingga kamu bisa menghemat dana hampir dua kali lipat jika mengambil jenis asuransi ini.

Di Generali, kamu bisa mendapatkan asuransi kesehatan keluarga premi murah dengan pelayanan yang maksimal. Kamu tidak perlu khawatir akan ketidakpastian penyakit yang bisa datang kapan saja dan di mana saja, sehingga kamu bisa lebih fokus memikirkan masa depan bersama keluarga tercinta. Tunggu apalagi? Hubungi Generali, perusahaan asuransi terbaik dan terpercaya yang siap melindungi kamu dan keluarga.