arrow   Kembali ke website Generali.co.id

Ingin Penghasilan Tambahan? Berikut Skill yang Paling Banyak Dicari Sebagai Freelance

Healthy Lifestyle Senin, 11 Juli 2022
Ingin Penghasilan Tambahan? Berikut Skill yang Paling Banyak Dicari Sebagai Freelance.jpg

Bagi yang sedang kuliah dan ingin mencari penghasilan tambahan, biasanya tidak jarang bekerja sebagai freelance. Bahkan ada juga yang sebenarnya sudah memiliki pekerjaan tetap, namun masih menerima beberapa pekerjaan tambahan sebagai freelancer. Tentunya ada beberapa skill yang perlu dikembangkan jika kamu ingin mendapat kesempatan tersebut.

Rekomendasi Job di Berbagai Situs Freelancer

Bekerja sebagai freelancer banyak diminati akhir-akhir ini. Meskipun buat sebagian orang melelahkan karena harus membagi waktu dan pekerjaan, namun uang yang didapatkan tentu cukup menguntungkan.

Nah, apabila kamu ingin mencoba beberapa pekerjaan yang sifatnya paruh waktu dan cenderung bebas ini, kamu bisa mempertimbangkan beberapa jenis pekerjaan freelancer yang banyak dibutuhkan sebagai berikut.

1. Content writer

Bisa dibilang, pekerjaan paruh waktu yang satu ini merupakan pekerjaan yang cukup banyak dicari. Terlebih saat ini sudah banyak perusahaan membutuhkan jasa penulis seperti untuk artikel blog, cerpen, dan sebagainya.

Tidak jarang fee yang diterima jauh lebih besar, apalagi tidak jarang kamu bisa mengerjakan pekerjaan ini dari mana saja dan bisa menyesuaikan dengan jadwal harian mu. Kalau kamu senang menulis dan mempunyai kemampuan yang memadai, kamu bisa mencoba pekerjaan paruh waktu yang satu ini.

2. Desainer grafis

Kamu bisa membuat logo, poster, atau berbagai piranti visual 2D lainnya? Kalau iya, kamu bisa menjajal pekerjaan sebagai seorang desainer grafis dari sejumlah klien, baik perorangan maupun perusahaan.

Tarif yang dibanderol bisa disesuaikan dengan kemampuan kamu. Bahkan tidak jarang penghasilan dalam satu karya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

3. Web programmer

Semakin berkembangnya zaman membuat banyak perusahaan ingin selalu mengembangkan websitenya. Tidak mengherankan jika kemudian pekerjaan sebagai programmer atau developer banyak dicari.

Tidak cuma pekerja in-house, para freelancer biasanya juga direkrut agar web yang dihasilkan semakin maksimal. Bayarannya juga tidak main-main, bahkan kalau hasilnya sangat memuaskan, kamu bisa mendapat fee hingga jutaan rupiah.

4. Translator

Tidak sedikit pula seseorang membutuhkan jasa penerjemah baik sebagai translator maupun interpreter. Banyak penerjemah yang bekerja paruh waktu di samping pekerjaan utama baik sebagai guru bahasa asing, tour guide, dan sebagainya.

Kalau kamu punya kemampuan bahasa asing yang lebih sekaligus kemampuan berkomunikasi yang baik, tentu pekerjaan freelancer ini sangat cocok.

5. Fotografer dan videografer

Pekerjaan lain yang juga banyak merekrut tenaga freelancer adalah di bidang fotografi maupun videografi. Terlebih saat ini sedang booming kreator konten yang selalu ingin tampil maksimal di berbagai media sosial.

Tidak hanya untuk para influencer, acara-acara pernikahan, perusahaan, hingga acara lain sering kali membutuhkan fotografer atau videografer freelancer di samping mereka yang sudah in-house.

Skill yang Perlu Dimiliki Para Freelancer

Bicara mengenai kemampuan apa yang sebaiknya dimiliki oleh para pencari kerja paruh waktu alias freelancer, tentu perlu disesuaikan kembali dengan bidang pekerjaan apa yang akan digeluti.

Misalnya kalau kamu ingin bekerja sebagai freelancer di bidang content writer, tentunya kemampuan menulis dan komunikasi penting untuk diasah. Atau kamu ingin menjadi freelancer di bidang desain visual, tentunya taste of art menjadi hal yang sangat penting.

Begitu pula jika ingin menjadi model freelance, selain dari segi fisik, kemampuan bergaya di depan kamera menjadi poin penting yang harus terus dimiliki. Oleh karenanya, apapun bidang yang ingin kamu geluti, asah terus skill yang mendukung pekerjaan tersebut.

Tips Untung Sebagai Freelancer

Pekerjaan sebagai freelancer memang cukup diminati karena berbagai alasan. Mulai dari fleksibel di mana kita bisa bekerja kapan saja dan dari mana saja, pekerjaan yang sesuai keinginan, dan sebagainya. Apabila kamu tertarik terjun ke dunia freelancer, berikut beberapa tips untung freelance hal yang bisa dilakukan jika ingin mendapat lebih banyak penghasilan.

1. Perkuat skill

Sebagai pekerja paruh waktu tentunya kamu wajib mengembangkan berbagai kemampuan teknis yang baik. Tentunya, ada baiknya juga mengikuti perkembangan zaman sehingga kemampuan semakin terasah.

Misalnya jika kamu tertarik bekerja sebagai freelancer fotografi, maka teknik-teknik fotografi perlu dipelajari lebih detail. Selain itu, gunakan berbagai ide dan gaya yang menarik sehingga klien juga akan lebih puas dengan hasil yang kamu tawarkan.

2. Buat portofolio yang menarik

Menampilkan hasil pekerjaan yang pernah dibuat bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan klien. Misalnya jika kamu ingin mendaftar sebagai penulis lepas, bisa memuat hasil-hasil tulisan di website atau blog.

Bisa juga memuat hasil karya pada media sosial, terlebih untuk portofolio seperti desain grafis atau fotografi. Dengan begitu, klien akan lebih mudah mengetahui apakah kamu merupakan orang yang tepat untuk mengerjakan proyeknya.

3. Tentukan tarif yang sesuai

Buat para pekerja freelance, menentukan tarif adalah hal yang dilematis. Jika harga yang dipatok terlalu tinggi, bisa-bisa akan susah mendapatkan klien, namun jika terlalu rendah, tentu tidak akan mendapat untung banyak.

Oleh karenanya, kamu bisa memasang tarif sesuai proyek yang dijalankan, standar tarif yang sering ditawarkan, hingga teknis pembayaran yang akan dilakukan apakah per project atau per jam.