Sering kali kita merasa pekerjaan begitu menumpuk dan pada akhirnya sibuk dengan berbagai pekerjaan yang seakan-akan tidak segera selesai. Kalau mengalami hal tersebut, ada kemungkinan kamu belum menerapkan produktivitas kerja yang baik.

Mengenal Kerja Produktif

Seseorang yang terlihat sibuk bukan berarti ia menerapkan kerja produktif. Sebab pada dasarnya, kerja produktif lebih menekankan pada kemampuan seorang individu dalam menghasilkan berbagai tugas dibanding ukuran normalnya.

Seorang karyawan dapat dikatakan produktif jika ia memiliki dua aspek, yakni efektif dan efisien. Efektivitas kerja lebih kepada pencapaian cara kerja yang maksimal melalui kualitas, kuantitas, dan ketepatan waktu. Sementara efisiensi lebih berkaitan antara input yang dikerjakan dan realisasi pekerjaan yang dilakukan.

Selain itu, seseorang yang produktif juga lebih banyak memiliki tindakan yang sifatnya konstruktif dan bertanggung jawab, loyal, dan mampu mengatasi permasalahan dengan baik.

Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Produktif

Ada beberapa hal yang membuat seseorang bisa lebih produktif. Menurut beberapa ahli, berikut faktor-faktor yang dimaksud.

1. Pengetahuan

Dengan pengetahuan yang luas dan keterampilan yang baik, tentunya akan berkontribusi pada pemecahan masalah serta daya cipta dalam melakukan berbagai pekerjaan. Dengan begitu diharapkan karyawan dapat bekerja secara produktif.

2. Kemampuan

Kemampuan dibentuk dari kompetensi yang dimiliki seorang karyawan. Dengan adanya kemampuan yang baik, maka ia dinilai juga lebih berkompeten dalam mengerjakan suatu hal. Adapun pengetahuan dan keterampilan ternyata juga mempengaruhi kemampuan seseorang ini sehingga harus terus diasah.

3. Sikap dan perilaku

Sikap dan perilaku merupakan dua hal yang saling berhubungan. Sikap merupakan suatu kebiasaan dan perilaku yang berpola, dan perilaku berasal dari sikap seseorang di mana jika memiliki sikap yang baik maka ia akan mempunyai perilaku yang baik pula.

Cara Meningkatkan Kinerja Produktif

Meningkatkan kinerja yang produktif bagi setiap karyawan tentu sangat berguna bagi dirinya sendiri maupun perusahaan. Kamu yang produktif tentu akan dapat menyelesaikan setiap pekerjaan dengan optimal sesuai deadline. Bagi perusahaan, tentu saja juga berperan dalam menunjang operasional dan sistem internal.

Untuk itu, bagi para karyawan harus dapat mengetahui bagaimana menjadi seorang yang produktif. Berikut beberapa tips meningkatkan produktivitas kerja yang bisa kamu lakukan.

1. Tentukan skala prioritas

Untuk bisa lebih produktif, kamu harus dapat bekerja secara efisien. Oleh karenanya, kamu perlu menyiapkan skala prioritas mengenai pekerjaan mana saja yang harus segera dikerjakan.

Ada baiknya kamu kerjakan tugas yang tidak kamu senangi terlebih dahulu. Sebab kalau kamu memulai dari tugas yang disenangi, biasanya kamu akan cenderung menunda pekerjaan lain yang kurang disukai. Akan lebih baik jika kamu fokus pada penyelesaian tugas satu per satu.

2. Siapkan daftar to-do-list

Catatan mengenai daftar pekerjaan apa saja yang akan dilakukan juga penting dalam meningkatkan kinerja yang produktif. Dengan begitu, tugas-tugasmu juga akan lebih terorganisir dengan penjadwalan tersebut. Kamu bahkan bisa membuat atau memperbarui catatan to-do-list tersebut setiap malam untuk hari kerja berikutnya.

Pastikan juga untuk selalu konsisten dengan jadwal dan list yang kamu buat. Dengan begitu, di hari kerja berikutnya kamu tidak perlu panik karena pekerjaan dan tugas yang menumpuk.

3. Fokus dan minimalisir interupsi

Penyusunan rencana pekerjaan diharapkan dapat membuatmu juga dapat memperkirakan waktu yang dibutuhkan sekaligus strategi penyelesaian tugas secara cepat. Akan tetapi, terkadang banyak pekerjaan yang memang harus diselesaikan hari itu sehingga membuatmu merasa stres dan terbebani.

Untuk itu, mulai dari sekarang cobalah tetap fokus pada penyelesaian pekerjaan satu kemudian dilanjutkan dengan pekerjaan lain sesuai prioritas. Perkirakan waktu untuk menyelesaikan satu tugas sehingga tidak mengganggu tugas lain yang telah menunggu.

Selain itu, sangat disarankan untuk meminimalisir bahkan menghilangkan gangguan yang dapat memecah konsentrasi. Misalnya saja konsisten tidak mengecek sosial media ketika sedang menyelesaikan berbagai pekerjaan. Dengan begitu, kamu bisa tetap konsentrasi dan produktif.

4. Siapkan lingkungan kerja yang kondusif

Seseorang biasanya juga akan lebih produktif kalau suasana dan lingkungan kerjanya mendukung. Misalnya jika kamu sedang banyak pekerjaan namun teman-teman kerja banyak yang malas atau sering mengajak ngobrol, ada baiknya kamu hindari terlebih dahulu.

Seseorang yang produktif biasanya juga didukung area kerja yang bersih dan rapi. Jadi jika meja kerjamu terlihat berantakan, rapikan dulu sehingga bisa meningkatkan energi positif pada dirimu saat bekerja.

5. Tingkatkan stamina dengan berolahraga

Tahukah kamu kalau salah satu faktor yang mampu meningkatkan kinerja yang produktif adalah stamina yang baik? Oleh karenanya, kamu perlu berolahraga secara teratur untuk memulihkan tenaga dan membuat tubuh terasa lebih berstamina.

Tidak perlu olahraga yang berat. Jalan kaki atau jogging selama 30 menit bisa kamu jalankan. Kamu juga bisa melakukan beberapa gerakan workout selama 15-20 menit sebelum bekerja sehingga pikiran juga lebih fresh dan kamu bisa lebih produktif.

Dari berbagai ulasan di atas, tentunya yang terpenting adalah bagaimana konsistensi kamu sehingga pekerjaan lebih efektif dan efisien yang kemudian dapat meningkatkan produktivitas. Nah, semoga semua informasi di atas bermanfaat, selamat mencoba!

Tracking 5 Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja
Bagikan
suka artikel ini :