Manajemen finansial memang sangat penting untuk kamu terapkan sejak dini. Di tahun 2023 ini, kamu sebaiknya mulai memasang target dan menyusun strategi manajemen finansial yang efektif. Mari cari tahu apa saja tips mengatur keuangan yang bisa kamu terapkan sehingga semua target dapat tercapai sesuai ekspektasimu!

1. Pasang Target Finansialmu

Pertama-tama, kamu harus memasang target finansial terlebih dahulu. Ini sangat penting dan menjadi sebuah kunci agar kamu bisa mencapai apa yang kamu inginkan terutama dari segi finansial. Banyak orang meremehkan hal ini dan menganggap bahwa apa yang harus dilakukan hanyalah mengumpulkan uang sebanyak mungkin. 

Perlu diketahui bahwa saat kamu memasang target finansial, maka kamu memiliki acuan. Acuan inilah yang nantinya akan memberikan arahan kepadamu untuk mengatur uang. Kamu juga jadi punya motivasi sehingga akan berusaha sebaik mungkin dalam menggunakan uangmu sehingga target tersebut tercapai. 

Target finansial ini juga bisa jadi acuan saat kamu ingin menabung dan berinvestasi. Jadi kamu tahu apa yang ingin dicapai dari hasil investasi atau menabung tadi. Kamu juga bisa menentukan target nominal yang harus dicapai dan kapan target tersebut harus dipenuhi. 

2. Mulai Biasakan Pakai Anggaran Keuangan

Cobalah untuk mulai membiasakan diri membuat anggaran keuangan. Ini juga sering dianggap sepele padahal cukup penting untuk dilakukan. Anggaran keuangan akan menjadi panduan bagimu untuk menggunakan semua uang yang sudah kamu dapatkan. Jadi penghasilanmu bisa dialokasikan dengan baik ke hal-hal yang memang kamu butuhkan. 

Anggaran keuangan ini bisa menjadi sebuah kontrol sehingga kamu tidak akan menjadi boros dan memakai uang sesuai kebutuhan. Susunlah anggaran keuangan sesuai prioritas kebutuhanmu. Jadi tempatkan hal-hal yang penting dan wajib seperti cicilan misalnya di bagian paling atas. Setelah itu kamu bisa susun prioritas lain sehingga semuanya akan terpenuhi dengan baik. 

3. Perbanyak Potensi Pemasukan

Tentu sangat disarankan bagimu untuk meningkatkan potensi pemasukan. Semakin besar uang yang kamu terima maka akan semakin banyak juga target finansial yang bisa kamu capai. Hal ini juga akan membantu kamu bisa merdeka secara finansial dan tidak perlu selalu hidup dalam keterbatasan. 

Di zaman digital seperti sekarang ini, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah pemasukan. Kamu bisa memanfaatkan media digital seperti media sosial untuk menghasilkan cuan. Contoh paling mudahnya adalah dengan membuat konten. Kamu juga bisa menjalankan pekerjaan freelance sambil bekerja kantoran sebagai pegawai tetap.

Selagi muda, cobalah untuk memanfaatkan semua peluang yang ada di depan mata. Cari tahu apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang. Lihat apa saja peluang yang kamu miliki dan terus tingkatkan keterampilanmu sehingga peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan terbuka lebih lebar lagi.  

4. Buat Formula Keuangan

Sangat disarankan untuk membuat formula keuangan. Formula keuangan ini adalah rumus yang akan kamu pakai saat menggunakan uangmu. Tentu saja setiap orang bisa memiliki formula keuangan yang berbeda-beda. Lagi-lagi harus dilihat lagi berdasarkan kebutuhan dan kemampuan masing-masing. 

Misalnya, kamu membuat rumus 40:30:20:10. Formula ini memiliki arti, 40% uang akan digunakan untuk membayar cicilan dan tagihan, 30% untuk  memenuhi kebutuhan sehari-hari, 20% untuk keperluan hiburan, dan 10% untuk menabung. Tidak perlu meniru sama persis, kamu bisa membuat formula sendiri sesuai dengan kondisimu. 

5. Lakukan Evaluasi Bulanan

Tips mengatur keuangan berikutnya adalah lakukan evaluasi bulanan secara rutin. Ini juga sering diabaikan karena banyak yang menganggap kalau finansial pribadi tidak perlu dievaluasi. Padahal langkah evaluasi ini sangatlah penting karena akan membantu kamu untuk mengontrol pengeluaran secara efektif. 

Saat melakukan evaluasi bulanan, kamu jadi tahu apakah pemakaian uang sudah efektif atau belum. Apakah ada pengeluaran yang tidak perlu atau semuanya sudah berjalan sesuai rencanamu? Jika memang penggunaan dana masih belum efektif maka kamu bisa melakukan perbaikan agar ke depannya jadi lebih baik lagi. 

6. Alokasikan Dana untuk Investasi

Perencanaan keuangan yang baik akan membantu kamu mencapai target finansial dengan mudah. Selain mengelola pengeluaran secara efektif, kamu juga perlu membuat alokasi dana untuk investasi. Ini menjadi salah satu cara yang dinilai sangat efektif agar kamu bisa mencapai target finansial tertentu. Apalagi di zaman digital seperti sekarang, investasi semakin mudah untuk dilakukan. 

Ada banyak pilihan instrumen investasi yang bisa kamu pilih. Selain itu investasi juga tidak hanya menjaga nilai aset tapi juga membuatnya berkembang atau bertambah semakin besar. Apalagi jika kamu bisa mengelola investasi tersebut dengan baik, maka nilai keuntungan yang akan kamu dapatkan bisa semakin besar lagi. 

7. Miliki Asuransi

Jangan lupa, miliki asuransi agar kamu bisa lebih siap untuk menghadapi masa depan yang sulit diprediksi. Asuransi akan membantu memberikan jaminan perlindungan yang membuat kamu jadi lebih tenang. Apalagi kita manusia biasa tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di waktu yang akan datang. Bisa saja kamu tiba-tiba jatuh sakit atau mengalami hal-hal yang tidak diinginkan dan harus mengeluarkan banyak biaya. 

Jika kamu sudah punya asuransi, maka kamu akan memiliki lapisan perlindungan baik terhadap diri maupun kondisi finansial. Asalkan kamu memilih asuransi yang tepat untuk mendukungmu mencapai target dalam hidup sesuai harapan.

Terapkan beberapa tips mengatur keuangan tadi agar kamu bisa mencapai target finansial di tahun 2023 ini. 

Tracking 7 Tips Mengatur Keuangan dengan Bijak di Tahun 2023
Bagikan
suka artikel ini :