Diabetes atau lebih dikenal oleh masyarakat luas sebagai penyakit gula, merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin. Jika dibiarkan tanpa pengobatan, diabetes bisa memicu terjadinya komplikasi dan mengancam nyawa penderitanya. Simak ulasan lebih lengkap mengenai gejala diabetes hingga penanganannya di bawah ini.

Apa Itu Penyakit Diabetes?

Diabetes merupakan kondisi tubuh yang terjadi saat kadar gula darah atau glukosa terlalu tinggi. Tingginya kadar gula darah ini disebabkan karena organ pankreas tidak bisa memproduksi hormon insulin yang cukup, sama sekali tidak bisa memproduksinya, ataupun karena tubuh tidak bisa merespons efek insulin dengan sebagaimana mestinya.

Hormon insulin ini padahal dibutuhkan untuk memindahkan gula dari dalam darah ke sel-sel tubuh, untuk kemudian disimpan dan digunakan sebagai energi tubuh. Saat kadar gula darah tinggi akibat diabetes, maka akan bisa merusak jaringan saraf tubuh, mata, ginjal, dan organ penting tubuh lainnya.

Baca Juga: Mengenal Bahaya GERD

Tipe Penyakit Diabetes

1.   Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 merupakan tipe penyakit diabetes yang dipercaya sebagai salah satu kondisi autoimun. Tipe diabetes satu ini ditandai dengan kondisi sistem imun tubuh yang tanpa sadar menyerang dan menghancurkan sel-sel beta di dalam pankreas, lalu menimbulkan kerusakan permanen. Padahal, sel-sel beta tersebut dibutuhkan untuk memproduksi insulin.

Diabetes tipe 1 biasanya mulai terdiagnosa di masa kanak-kanak, remaja, dan dewasa muda. Saat seseorang divonis menderita diabetes tipe 1, maka dirinya harus menerima injeksi insulin setiap hari agar bisa bertahan hidup. Tanpa pemberian insulin, maka akan semakin mengurangi kualitas hidup penderitanya.

Sampai sekarang ini, masih belum diketahui dengan pasti apa yang menyebabkan tindakan sistem imun tubuh tersebut. Namun, faktor genetik dan lingkungan dianggap sebagai pemicu dari tindakan sistem imun tubuh yang tidak normal tersebut. Sampai sekarang juga belum ditemukan cara untuk mencegah diabetes tipe 1 ini.

2.   Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan kondisi di mana tubuh tidak bisa menggunakan insulin dengan sebagaimana mestinya. Ketika insulin tidak dipergunakan dengan normal, maka akan memicu pankreas untuk memproduksi lebih banyak insulin hingga akhirnya kesulitan untuk memproduksinya. Alhasil, produksi insulin berkurang, sehingga memicu naiknya gula darah.

Sama halnya dengan diabetes tipe 1, penyebab pasti diabetes tipe 2 juga belum diketahui. Namun, genetik, gaya hidup yang buruk, serta berat badan berlebihan atau obesitas, dianggap sebagai beberapa faktor risiko diabetes tipe 2 tersebut. Diabetes tipe 2 ini sendiri lebih sering ditemukan kasusnya pada orang dewasa. 

3.   Diabetes Gestasional

Tipe diabetes selanjutnya adalah diabetes gestasional atau gestational diabetes. Diabetes gestasional merupakan penyakit diabetes yang dialami oleh ibu hamil, di mana dirinya sebelumnya tidak pernah menderita diabetes. Saat ibu hamil menderita diabetes gestasional, maka janin yang dikandungnya pun juga berisiko tinggi mengalami masalah kesehatan.

Munculnya diabetes gestasional disebabkan karena diproduksinya hormon yang menghambat insulin pada saat seorang wanita sedang mengandung. Biasanya, diabetes gestasional ini akan sembuh dengan sendirinya saat bayi yang dikandung sudah lahir. Pun begitu, penyakit diabetes gestasional yang diderita saat hamil akan meningkatkan risiko diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Gejala Umum Penyakit Diabetes

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit diabetes bergantung pada seberapa tinggi gula darah penderitanya. Perbedaan tipe diabetes yang diderita juga bakal memengaruhi gejala yang muncul dan dirasakan oleh penderitanya. Namun, secara umum penyakit diabetes akan menimbulkan beberapa gejala sebagai berikut.

  1. Merasa lebih haus dibanding biasanya
  2. Frekuensi buang air kecil yang meningkat, khususnya di malam hari
  3. Kehilangan berat badan tanpa disadari
  4. Terdapat kandungan keton di dalam urin
  5. Merasa lelah dan lemah
  6. Suasana hati yang berubah-ubah (mood swings)
  7. Penglihatan yang mengabur
  8. Penyembuhan luka yang lambat
  9. Rentan mengalami infeksi, seperti di infeksi di gusi dan kulit

Faktor Risiko Diabetes 

Meskipun belum diketahui dengan pasti apa penyebab penyakit diabetes, namun ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengidap penyakit diabetes. Adapun faktor yang meningkatkan risiko diabetes seperti genetik untuk diabetes tipe 1, 2, dan diabetes gestasional dan obesitas untuk diabetes tipe 2 dan diabetes gestasional.

Pengelolaan dan Pengobatan Diabetes    

Saat kamu menyadari kalau tubuh menunjukkan gejala diabetes, maka sangat direkomendasikan untuk segera memeriksakannya ke rumah sakit. Pengobatan dan pengelolaan diabetes akan bisa meningkatkan kualitas hidup penderitanya, serta mencegah munculnya komplikasi akibat penyakit diabetes yang diderita. Simak berikut ini cara mengelola dan mengobati diabetes.

  1. Memonitor kadar gula darah dengan rutin.
  2. Mengonsumsi obat diabetes oral yang berguna untuk mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes yang tubuhnya masih bisa memproduksi insulin.
  3. Injeksi hormon insulin sintetis wajib bagi penderita diabetes tipe 1 dan untuk sebagian penderita diabetes tipe 2.
  4. Menjalankan pola makan yang sehat.
  5. Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik secara rutin karena bisa meningkatkan sensitivitas tubuh akan insulin.

Pencegahan Diabetes

Yuk cegah penyakit diabetes, sebelum penyakit kronis ini datang menyerang. Khusus untuk penyakit diabetes tipe 1, hingga saat ini belum diketahui cara pencegahannya. Namun, kamu bisa melakukan pencegahan untuk diabetes tipe 2 dan diabetes gestasional. Selain meminimalisir asupan gula, simak cara efektif lainnya untuk mencegah penyakit diabetes di bawah ini.

  1. Menjalankan pola hidup sehat.
  2. Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik, setidaknya 30 menit sehari.
  3. Menjaga berat badan tetap ideal.
  4. Mengelola stres.
  5. Tidur yang cukup selama 7 hingga 9 jam per hari.
  6. Berhenti merokok.

Itulah tadi ulasan mengenai penyakit diabetes, mulai dari gejala, tipe, faktor risiko, hingga pengobatan diabetes. Penyakit diabetes merupakan penyakit kronis yang untuk tipe 1 dan 2-nya belum bisa disembuhkan hingga sekarang. Namun, penyakit diabetes bisa diberi penanganan dan pengobatan agar kondisi penderitanya tak makin memburuk dan menghindari terjadinya komplikasi.

Berikan proteksi terbaik bagi Anda dan keluarga untuk melindungi dari diabetes dan penyakit kronis lainnya dengan asuransi penyakit kritis dari Generali Indonesia.

Tracking Sudah Tahu Fakta-Fakta Segala Tentang Diabetes Ini?
Bagikan
suka artikel ini :