Makanan-makanan yang secara ilmiah terbukti bikin happy

Healthy Lifestyle Senin, 23 Juli 2018
Makanan yang bikin happy dan mood bagus

Apakah kamu pernah memperhatikan bahwa setelah mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu, tiba-tiba mood kamu jadi bagus bahkan setelah capek bekerja seharian? Riset memang membuktikan ada beberapa jenis makanan yang bisa bikin kamu happy sekaligus lebih kenyang! Nah, makanan apa saja, sih, yang bisa membuat kita kembali tersenyum? Baca selengkapnya.

Sarapan pagi secara ilmiah terbukti dapat memberikan efek positif secara fisik dan psikologis sepanjang hari, maka, mulailah harimu dengan sarapan pagi yang sehat untuk hari yang lebih produktif. Makanan seperti yogurt, susu dan keju yang kaya kalsium, telur, pisang, nanas, paprika dan sayur-sayuran berdaun hijau, banyak mengandung vitamin dan antioksidan untuk membuat mood-mu jadi lebih bagus. Resep bergizi yang bisa kamu coba: smoothie pisang, nanas dan bayam dengan yogurt, atau omelet isi keju dan paprika yang sehat dan lezat.

Saat makan siang, mengonsumsi hidangan yang terlalu asin atau terlalu manis, atau digoreng dengan lemak jenuh, bukan hanya membuat kamu ngantuk tapi juga merasa lesu tak bersemangat sehabis makan! Jatuhkan pilihan pada masakan yang dibakar atau direbus alih-alih digoreng, seperti misalnya sayur asem atau soto ayam. Juga bisa jadi alternatif: ayam panggang tradisional dengan bumbu kunyit. Kunyit terbukti memiliki kekuatan menangkal radang dan meningkatkan serotonin. Serotonin sendiri adalah senyawa kimia otak yang dapat membantu memperbaiki suasana hati dan mengurangi kesedihan dan depresi.

Akhiri harimu yang sudah diawali dengan makanan sehat dan bikin happy, dengan makan malam kaya omega-3. Ikan laut seperti salmon atau tuna, atau ikan air tawar seperti ikan mas atau bandeng yang dibakar dengan minyak zaitun, adalah pilihan sehat dengan kadar tinggi vitamin B12 untuk memperbaiki sel-sel otak, juga nutrisi pendukung tiroid, yang fungsinya mengatur mood dari dalam tubuh.Tambahkan sedikit kecap manis dan bawang putih untuk ekstra serotonin saat membakar ikan dan ganti karbohidrat dengan sumber omega-3 nabati seperti tumis kangkung atau sayur bayam, supaya kamu terus happy sepanjang malam. 

 

Mulai dari saran mengenai cara makan sampai dengan resep camilan sehat, semua yang kamu butuhkan untuk memulai gaya hidup sehat ada disini:

Tips makan lebih sehat di kantor (tanpa harus hindari acara makan-makan!) 

Cegah kanker dan perbaiki mood dengan vitamin D

Tips untuk memulai hari dengan lebih enerjik

Tips jitu melawan flu dan batuk saat cuaca tak menentu