Lupakan minuman manis penuh gula! 9 trik agar anak banyak minum air putih

Healthy Lifestyle Jumat, 2 Februari 2018
Ajari anak untuk minum lebih banyak air putih

Hi moms! Generali kembali berbagi tips parenting yang cukup berguna, seputar bagaimana mengajari anak mengurangi minum minuman-minuman yang terlalu manis dan lebih banyak konsumsi air putih.

Banyak anak tak suka minum air putih. Ya, memang minum air putih bukan sesuatu yang menarik bagi mereka, tapi, sangat penting untuk minum cukup air agar terhindar dari dehidrasi. Selain itu, banyak minum air putih dan menghindari minuman yang manis-manis merupakan salah satu langkah penting untuk tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang disebabkan konsumsi gula berlebih, seperti karies gigi atau bahkan diabetes kelak saat anak beranjak dewasa.

Coba ikuti 9 tips berikut ini yang dapat membantu supaya air putih jadi minuman favorit anak-anak.

1. Letakkan botol minum berisi air putih di sebelah tempat tidur anak. Saat anak bangun pagi, ingatkan mereka untuk minum beberapa teguk air untuk mengawali hari.

2. Ajak anak untuk menghias botol minum mereka dengan stiker, glitter atau apapun yang mereka suka, agar minum air putih terasa menyenangkan.

3. Sediakan sedotan untuk mempermudah balita minum air dari botol. Untuk anak yang lebih besar, sediakan sedotan warna-warni dengan bentuk yang menarik.

4. Hindari godaan dengan tidak menyimpan banyak jenis minuman lain yang manis-manis di kulkas - seperti teh manis dalam kemasan, susu kental manis atau sari buah (kecuali, jus buah tanpa tambahan pemanis) yang berkandungan gula tinggi.

5. Ada orangtua yang punya trik mencampur sirup rasa buah dengan air putih, untuk melatih anak untuk berhenti minum manis sedikit demi sedikit. Pastikan takaran sirup atau pemanisnya semakin lama semakin berkurang untuk membiasakan anak pelan-pelan belajar menyukai minuman yang tawar tanpa gula, termasuk air putih. 

6. Anak-anak biasanya suka minum air dingin, jadi, pastikan kamu selalu punya stok es batu di kulkas.

7. Masukkan seiris stroberi atau peach supaya air putih segar dan ada rasanya. Bonusnya, dengan memasukkan irisan buah ke dalam air putih, anak-anak bisa diperkenalkan dengan buah sejak usia dini. 

8. Karena di Indonesia, kita masih belum dapat meminum air langsung dari keran, membeli teko air dengan filter atau bahkan filter air yang langsung dipasang di keran bisa jadi sangat berguna, sebagai alternatif air minum dalam kemasan atau galon.

9. Yang terakhir dan terpenting adalah memberi contoh kepada anak. Bila kita membiasakan diri lebih banyak minum air putih, anak-anak pun dengan sendirinya akan turut serta.

 

Untuk memberikan tambahan perlindungan kepada anak yang bisa membuat kita sebagai orangtua selalu merasa aman setiap saat, moms bisa mulai berikan proteksi asuransi bagi si buah hati, lewat iPlan - solusi yang paling lengkap dari Generali.

 

Untuk tips merawat anak dan berbagai artikel parenting lainnya, moms bisa ikuti artikel-artikel berikut:

Yuk, ajak anak untuk olahraga lari supaya lebih sehat dan aktif

Tips agar anak tak rewel di perjalanan saat mudik Lebaran

Cara mudah membantu anak sukses ulangan di sekolah

Tabungan Terbaik untuk Anak: Kenali Fitur-fiturnya

Langkah Lindungi Anak Dari Bahaya Saat Bermain Internet