Hari Ibu Sedunia: 6 tren baru olahraga supaya Moms jadi fit

Healthy Lifestyle Sabtu, 7 Mei 2022
6 Trend baru olahraga untuk kembali fit

Berbagai tren olahraga muncul seiring bertambah kreatifnya para pelaku industri, saat pandemi dan lockdown di berbagai negara. Bagaimana dengan kita-kita di Indonesia, terutama kita yang merupakan ibu, baik ibu rumah tangga ataupun ibu bekerja, apa saja tren olahraga serta gaya hidup sehat yang bisa membuat kita semakin fit sebagai individu agar bisa jalani tugas mulia menjadi ibu dengan lebih baik?

Bulan Mei, Hari Ibu Sedunia, let's get fit, Moms!

Hari Ibu Sedunia jatuh pada bulan Mei, tepatnya setiap hari Minggu kedua di bulan kelima tersebut. Tradisi ini awalnya memang populer di Amerika Serikat, karena Hari Ibu di Indonesia sendiri jatuh pada tanggal 22 Desember setiap tahunnya. Tapi, beberapa tahun terakhir ini, Indonesia ikut merayakan pula Hari Ibu / "Mother's Day" di bulan Mei, sehingga perayaan Hari Ibu bertambah menjadi dua kali setiap tahunnya.

Nah, menjadi seorang ibu, berarti punya sejuta kesibukan. Baik sebagai stay at home moms atau working moms, seorang ibu dituntut untuk selalu aktif berperan penting dalam pengasuhan anak. Ini tentunya akan lebih mudah dilakukan bila kita ada dalam kondisi kesehatan yang prima, betul kan, Moms?

Berikut ini beberapa tren olahraga baru yang bisa membuat Moms semakin sehat, dalam kondisi fit dan bisa terus beraktivitas menjalankan peran sebagai seorang ibu.

Moms masih banyak berdiam di rumah dan tetap ingin fit? Banyak alternatifnya

Bosan dengan rutinitas fitness yang itu-itu saja, atau sedang malas keluar rumah karena pembatasan sosial? Saat ini, berbagai aktivitas olahraga baru sedang menjadi trend di seluruh dunia, apalagi dengan adanya pandemi yang mengharuskan kita berdiam di rumah.

Meski Moms sedang WFH, isoman ataupun sedang lebih banyak berdiam diri di rumah saja, kemajuan teknologi membuat siapapun dapat dengan mudah berlatih olahraga di manapun. Termasuk kita-kita ini, Moms!

Nah, saat ini ada beberapa di antara jenis olahraga yang tren dan mudah dilakukan secara mandiri, yang mungkin bisa jadi alternatif untuk Moms semua saat ingin jaga kondisi tetap prima saat sedang WFH.

1. Floating Yoga

Floating Yoga memanfaatkan tali dan kain yang diikat pada tubuh sang yogi, dengan gerakan-gerakan cantik bak akrobat dan terlihat super sulit dipraktekkan - tapi, jangan kuatir, cobalah gabung dan ikuti kelas di beberapa studio yoga di kotamu, dalam beberapa kali latihan saja rata-rata peserta sudah mulai dapat melakukan gerakan-gerakan ini. Beragam jenis benefit bagi kesehatan bisa kamu dapatkan, dengan bonus tubuh yang semakin fit dan lentur!

Selain memperkuat otot, gerakan-gerakan Floating Yoga yang sangat beragam juga sangat dianjurkan untuk mengobati sakit punggung, sekaligus memperbaiki keseimbangan postur, memperlancar aliran darah, membantu relaksasi dan mengurangi stres. Keluar dari kelas ini, kamu pun akan merasa lebih rileks dan enerjik.

Saat PPKM sudah turun level seperti saat ini, beberapa studio Floating Yoga di berbagai kota besar Indonesia pun kembali buka, meski dengan memperhatikan protokol kesehatan yang cukup ketat.

2. Barre & Cardio Fusion

Jangan takut duluan mendengar judulnya (yang memang terkesan kompleks) - latihan ini menggabungkan gerakan balet dengan konsentrasi pada bar dan kegiatan kardio berirama cepat untuk menghasilkan sesi olahraga yang maksimal, gunanya untuk mengencangkan badan, melenturkan otot-otot dan membuat kamu jadi fit. Olahraga ini pas buat para penggemar pilates dan hot yoga. Bila kamu tak punya banyak waktu, ada banyak contoh gerakan latihan ini yang bisa kamu coba dari rumah via internet.

3. HIIT (High-Intensity Interval Training)

Ritme supercepat yang membakar lemak dan kalori secara optimal, latihan kardio ini menggabungkan jenis latihan intensitas tinggi yang diselingi dengan latihan intensitas sedang atau rendah. Berbagai gerakannya sangat mudah dilakukan, misalnya menggabungkan lari cepat dengan loncat tali atau bahkan naik turun tangga, sehingga latihan HIIT bisa dilakukan darimana saja dan 20 menit latihan pun sudah cukup intens. Dua aplikasi yang bisa kamu coba untuk latihan HIIT adalah Sworkit dan Seven.

4. Boxing

Sekarang ini, olahraga tinju tidak hanya untuk laki-laki, lho! Olahraga yang sering dikaitkan dengan sosok laki-laki bertubuh baja seperti Muhammad Ali atau Mike Tyson ini sedang marak di Indonesia. Kombinasi kardio sekaligus pelepas stres ini bisa dilakukan dimana saja. Kalau kamu masih belum punya partner, latihan dari rumah dengan bantuan petunjuk online dan video YouTube juga sangat mudah dilakukan.

5. TRX

TRX adalah singkatan dari Total Body Resistance Exercise, yang awalnya dikhususkan bagi angkatan laut Amerika Serikat, yang kemudian populer di seluruh dunia. TRX berfokus menggerakkan semua otot tubuh serta efektif membakar kalori tubuh dalam jumlah besar meskipun dilakukan secara singkat. TRX optimal melatih otot-otot perut, bahu dan menstabilkan kekuatan tulang punggung. Kamu bisa temukan panduan gerakan latihan TRX bagi pemula di sini.

6. Freeletics

Freeletics adalah latihan menggunakan tubuhmu, tanpa alat apapun. Memanfaatkan berat tubuh sebagai beban, latihan-latihannya cukup menguras stamina, tapi juga membuat tubuh jadi fit kembali. Freeletics umum dilakukan di luar ruangan, misalnya di taman atau di pekarangan rumah. Freeletics menggabungkan HIIT dengan berbagai latihan laih seperti push up, sit up, planking dan burpees. Latihan ini membutuhkan waktu sekitar 15 sampai 60 menit saja, tapi efeknya sangat bagus untuk menurunkan berat badan, membuatmu jadi rileks dan melancarkan peredaran darah sehingga kualitas tidur juga jadi semakin baik. Kamu pemula? Jangan takut, gabung saja dengan komunitas Freeletics Jakarta, atau mulai lakukan dari rumah sendiri pun tidak apa.

 

Selamat mencoba trend olahraga baru, ayo yang rajin supaya semakin fit dan hits, Moms semua!

 

Untuk menambahkan proteksi ekstra yang akan menjaga kamu dan keluarga tercinta setiap saat, klik di tautan ini untuk temukan produk asuransi kesehatan dari Generali yang paling cocok dengan kebutuhanmu.

 

Jangan lewatkan semua artikel menarik yang dapat membantumu selalu dalam kondisi fit dan tetap sehat saat perjalanan berikutnya menanti!

Yuk, olahraga sendiri di rumah tanpa harus ke gym!

Berbadan plus size & tetap sehat: olahraga kuncinya

Yuk, coba beberapa olahraga keren dan anti-mainstream ini supaya selalu fit dan sehat!

Tips aman bersepeda untuk semua level

Awas keseleo! Cara pemanasan sebelum olahraga