Rekomendasi Kota-Kota dengan Biaya Travelling Rendah Namun Tetap Berkualitas

Healthy Lifestyle Senin, 11 Juli 2022
Rekomendasi Kota-Kota dengan Biaya Travelling Rendah Namun Tetap Berkualitas.jpg

Kebanyakan orang mungkin akan setuju bahwa hari libur adalah hal yang menyenangkan. Pertama, saat hari libur tiba, banyak orang yang memutuskan untuk pergi dari rumah untuk mengisi hari liburnya, baik itu keluar kota atau sekedar pergi ke mall. 

Pasalnya, traveling sendiri ini merupakan hal yang seru. Ketika traveling, kamu akan memperkenalkan diri kamu dalam budaya baru, makan makanan yang enak, bertemu orang baru, dan sebagainya. 

Selain itu, pergi berlibur juga memberikan manfaat bagi kesehatan diri. Ketika liburan, tubuh, pikiran, dan jiwa kamu akan mendapatkan waktu rehat yang diperlukan.

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang manfaat liburan bagi kesehatan. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi destinasi kota wisata yang terkenal dengan biaya yang murah. Simak selengkapnya!

Manfaat Berlibur Bagi Kesehatan

  1. Dapat menurunkan tekanan darah

Suatu penelitian mengatakan bahwa orang yang pergi berlibur berhasil menurunkan tekanan darah mereka dengan rata-rata 6 persen. Oleh karena itu, bagi penderita darah tinggi, sangat disarankan untuk menyisihkan waktunya untuk relax dan pergi berlibur. 

Manfaat dari liburan ini bisa kamu terima dengan sekedar melakukan staycation atau melakukan trip akhir minggu. Jadikan liburan sebagai kebiasaan dan kamu dapat menurunkan tekanan darah kamu seiring berjalannya waktu.

  1. Membantu mengurangi rasa stress

Tahukah kamu? Rutin pergi berlibur dapat mengurangi kemungkinan kamu merasakan stress, depresi, cemas, dan sebagainya. Manfaat bagi sisi psikologi ini juga akan mendorong kamu dalam memiliki kualitas hidup dan juga performa kerja yang jauh lebih baik. 

Menyisihkan waktu untuk diri sendiri, baik itu untuk berlibur atau sekedar jalan sore, membaca buku, dan sebagainya akan memungkinkan kamu untuk mengalihkan diri dari rasa stress. 

  1. Meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik

Orang yang melakukan vakansi diketahui dapat meningkatkan kualitas tidurnya hingga 17 persen. Hal ini berdasarkan pada riset yang dilakukan oleh Kuoni Travel and Nuffield Health. 

Peningkatan kualitas tidur ini terjadi utamanya karena ketika kita berhenti sejenak dari pekerjaan untuk pergi liburan, kamu akan merasa lebih santai dan tidak stress. 

Dengan pikiran yang lebih ringan, hal ini akan membantu kamu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Dan seperti yang kita ketahui, tidur yang berkualitas merupakan hal yang cukup krusial. Kualitas tidur memberikan dampak yang sangat signifikan bagi fungsi tubuh keesokan harinya.

Rekomendasi Tempat Liburan Yang Berkualitas dan Budget Friendly

Setelah mengetahui manfaat liburan bagi kesehatan, kami akan memberikan beberapa rekomendasi kota yang bisa kamu kunjungi untuk berlibur. 

  1. Bandung

Jika kamu tinggal di Ibu Kota, Bandung merupakan opsi pertama yang bisa kamu pilih. Selain dekat dengan Jakarta, Bandung juga dikenal dengan biaya akomodasi yang cukup terjangkau. 

Kamu dapat menemukan penginapan dengan harga sekitar 200.000 hingga 500.000 per malamnya. Selain itu, kota kembang ini juga menawarkan wisata jalan kaki, tepatnya di alun-alun kota Bandung. Di sini, tersedia banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, mulai dari museum, kuliner, dan lainnya.

  1. Yogyakarta

Jika kamu tertarik dengan destinasi wisata yang sedikit lebih jauh dari Bandung, Yogyakarta adalah jawabannya. Selain biaya hidup yang terbilang murah, Yogyakarta juga menawarkan banyak sekali destinasi wisata. Yogyakarta dikenal dengan kota yang memiliki banyak wisata sejarah. 

Kamu bisa mendatangi tempat-tempat bersejarah seperti Taman Sari, Keraton Yogyakarta, Alun-alun Kidul, dan sebagainya. Selain itu, juga terdapat banyak pilihan museum yang bisa kamu kunjungi. Untuk mendapatkan sensasi baru yang tidak dapat kamu temukan di kota, kamu juga bisa pergi ke daerah pantai. 

Pantai Yogyakarta yang cukup terkenal yaitu pantai Indrayanti, Parangtritis, dan Wediombo. Jangan lupa untuk melakukan wisata kuliner! Kamu bisa mencoba makanan khas Yogyakarta seperti gudeg atau makanan angkringan.

  1. Pulau Tidung

Pulau Seribu menjadi rekomendasi destinasi wisata selanjutnya. Jika kamu sudah mumet dan lelah dengan kehidupan hiruk pikuk kota, kamu bisa melakukan short getaway ke Pulau Seribu. 

Hanya butuh waktu sekitar 90 menit dari Pantai Marina Ancol untuk mencapai ke Pulau Seribu. Salah satu pulau yang cukup menarik yang bisa kamu kunjungi yaitu Pulau Tidung. Pulau Tidung merupakan salah satu pulau di Pulau Seribu yang menawarkan berbagai aktivitas wisata. 

Di pulau ini, tersedia fasilitas diving, snorkeling, dan juga permainan air seperti banana boat dan sebagainya. Salah satu hal yang membuat Pulau Tidung terkenal adalah Jembatan Cinta. Jembatan ini awalnya dibangun untuk menghubungkan Pulau Tidung Kecil dan Besar. 

Tetapi, banyak cerita dari mulut ke mulut yang mengatakan jembatan ini merupakan jembatan “ajaib”. Cerita ini mengatakan bahwa pasangan yang sedang bertengkar bisa berbaikan dan menjadi akur kembali ketika mengunjungi Jembatan Cinta. Menarik, bukan?

Itulah manfaat dari liburan bagi kesehatan dan juga rekomendasi kota yang bisa kamu kunjungi. Jadikan liburan sebagai rutinitas kamu. Sisihkan pendapatan bulanan kamu untuk budget berlibur. Kamu bisa menyimpan uang kamu di suatu tempat seperti celengan yang bisa kamu buka ketika kamu ingin pergi berlibur di masa mendatang.