Warisan adalah harta peninggalan yang dibagikan kepada ahli waris yang berhak. Harta atau aset yang dibagikan tidak harus tanah tetapi bisa juga jenis - jenis warisan yang lain. Berikut ini beberapa instrumen yang bisa kamu persiapkan sebagai warisan.

1. Tanah dan properti

Kamu bisa menyiapkan asuransi dengan aset riil seperti properti. Banyak orang yang mempersiapkan properti seperti tanah atau rumah untuk dibagi-bagi kepada ahli waris. Properti ini tentu memiliki nilai yang selalu naik dan bisa memberikan lebih banyak manfaat di masa mendatang.

Siapkan perencanaan pembagian warisan tanah dengan adil untuk mencegah konflik keluarga. Pertimbangkan setiap hukum yang ada, baik itu hukum negara (perdata), hukum adat, maupun hukum Islam (agama).

Hal yang perlu diperhatikan apabila kamu memutuskan untuk memilih tanah dan properti sebagai warisan adalah alokasi biaya yang perlu disiapkan untuk biaya perawatan. Misalnya saja pada properti rumah atau bangunan, harus ada alokasi dana untuk biaya operasional listrik, air, keamanan, dan lain sebagainya.

2. Bisnis

Selain warisan berupa properti, kamu juga bisa menyiapkannya dalam bentuk bisnis. Warisan ini pastinya akan berguna bagi kehidupan ahli waris nantinya. Apalagi dengan bisnis yang berjalan lancar dan memberikan pemasukan yang menguntungkan.

Bisnis juga menjadi pilihan cerdas untuk dijadikan warisan bagi orang-orang tersayang. Kamu bahkan bisa memberikannya di awal sehingga mereka bisa mulai belajar mengelola sebelum bisnis tersebut benar-benar diberikan ke ahli waris. 

3. Tabungan

Simpanan di bank juga paling umum dipersiapkan orang-orang sebagai warisan. Bisa berupa tabungan biasa maupun deposito yang dapat diberikan kepada ahli waris. Aset ini tentu memiliki likuiditas yang tinggi dan mudah untuk diberikan atau dialihkan ke ahli waris yang ditunjuk.

Tabungan bisa diambil kapan saja dan deposito hanya bisa dicairkan apabila sudah jatuh tempo. Kamu bisa memilih instrumen mana yang paling sesuai untuk dijadikan warisan bagi keluarga tersayang.

Nilai tabungan yang pasti juga memudahkan untuk kamu membaginya secara adil. Kamu bisa mempersiapkannya sejak masih muda dan sehat.

4. Emas

Pilihan yang paling mudah untuk mempersiapkan warisan adalah dalam bentuk emas perhiasan atau emas batangan. Nilai emas termasuk stabil dan mudah untuk dibagikan secara adil kepada seluruh ahli waris.

Dengan pilihan emas ini, kamu bisa menjaga nilai warisan di masa mendatang agar tidak turun. Manfaat yang akan dirasakan oleh ahli waris pun lebih maksimal.

Emas banyak disukai karena menjadi salah satu instrumen yang dapat memberikan keuntungan jangka panjang. Hal yang perlu diperhatikan jika kamu memilih instrumen ini adalah harga jual emas dan harga beli emas memiliki selisih. Selain itu, sebaiknya kamu juga bisa menjaga dan menyimpan emas dengan baik.

5. Saham

Kamu dapat memilih aset untuk warisan sesuai dengan kebiasaan dan kenyamanan. Salah satu pilihannya adalah saham yang dapat memberikan manfaat di masa depan.

Pastikan pembagian dan pendistribusian warisan dilakukan dengan perhitungan matang untuk mencegah terjadinya sengketa keluarga. Kamu bisa menghitung jumlah ideal untuk saham yang akan dibagikan untuk masing-masing ahli waris.

6. Asuransi jiwa online

Kamu juga bisa menyiapkan warisan berupa uang pertanggungan dari asuransi jiwa. Kamu bisa mencicil untuk membayar premi yang tentu tidak semahal kamu membeli tanah atau properti lainnya.

Manfaat yang diberikan juga lebih besar dari premi yang kamu bayar. Asuransi jiwa online dapat menjadi salah satu cara pintar untuk Anda mempersiapkan warisan bagi orang-orang tersayang.

 

Kelebihan dan Manfaat Asuransi Jiwa sebagai Warisan

Asuransi jiwa dapat menjadi pilihan instrumen warisan yang bagus untuk kamu berikan kepada keluarga. Instrumen warisan ini menawarkan sejumlah kelebihan dan manfaat, antara lain:

1. Bisa nyicil premi

Kamu mungkin akan merasa lebih tenang jika sudah menyiapkan warisan untuk keluarga. Namun, menyiapkan warisan seperti tanah dan properti membutuhkan biaya besar. Dengan asuransi jiwa, kamu bisa mencicil premi di awal yang tentu nilainya tidak semahal kamu membeli rumah atau tanah.

2. Memberikan perlindungan finansial pada ahli waris

Asuransi akan memberikan pertanggungan kepada ahli waris apabila peserta asuransi meninggal dunia. Umumnya, jumlah pertanggungan yang diberikan bisa lebih besar dari premi yang sudah dibayarkan.

Uang pertanggungan ini tentunya dapat memberikan perlindungan finansial bagi ahli waris yang ditinggalkan. Bisa untuk menutup biaya hidup, pendidikan, atau biaya lainnya di masa mendatang.

3. Menutup biaya kematian

Selain memberikan perlindungan finansial untuk ahli waris, manfaat asuransi jiwa juga untuk biaya kematian. Uang pertanggungan yang diberikan bisa digunakan untuk proses pemakaman sehingga tidak perlu mengurangi dana lainnya.

4. Bebas pajak

Kelebihan lainnya adalah uang pertanggungan yang diberikan kepada penerima manfaat tidak dikenai pajak. Apabila peserta asuransi jiwa meninggal dunia, uang pertanggungan yang diberikan kepada ahli waris adalah bebas pajak.

Jumlah atau nominal pertanggungan tergantung dari premi asuransi yang dibayarkan. Bagi penerima manfaat tidak perlu melaporkannya dalam pajak tahunan. solusi dari asuransi jiwa sebagai salah satu warisan untuk keluarga yang tidak dikenai pajak.

Nah, itulah jenis - jenis warisan yang bisa dipersiapkan sejak muda untuk keluarga tersayang. Kamu bisa memilih instrumen yang paling disukai dan sesuai kondisi keuangan.

Tracking Warisan Terbaik Pilih Asuransi Jiwa Atau Jenis Warisan Lainnya?
Bagikan
suka artikel ini :