Apakah kamu punya rencana untuk pergi liburan dalam waktu dekat ini? Jika iya, maka kamu harus melakukan perencanaan keuangan dengan matang. Persiapan anggaran ini memang penting sekali karena liburan itu butuh biaya yang cukup banyak. Apalagi jika kamu ingin menikmati liburan sepuasnya tanpa batasan. Yuk, cari tahu apa saja tips perencanaan yang perlu dilakukan!

1. Buat Rencana Liburan

Pertama-tama, kamu harus membuat rencana liburan terlebih dahulu. Tanpa ada rencana liburan maka akan sulit untuk mempersiapkan anggaran atau dana. Jika sudah ada rencana liburan maka kamu bisa lebih mudah menyediakan dananya. Misalnya, kamu tahu kemana akan pergi apakah mau liburan di dalam negeri atau ke luar negeri. 

Tentu saja biaya yang dibutuhkan untuk liburan berbeda-beda tergantung destinasinya. Selain itu, kamu juga perlu menentukan berapa lama akan pergi berlibur. Durasi liburan akan berpengaruh pada besar kecilnya bujet atau anggaran. Semakin lama kamu pergi berlibur maka akan semakin besar juga dana yang perlu dipersiapkan. Jangan lupa, pertimbangkan juga berapa banyak orang yang akan diajak liburan. 

Rencana liburan ini akan menjadi acuan untuk memperhitungkan dana yang harus dipersiapkan. Jadi buatlah rencana secara rinci supaya kamu tahu kebutuhan anggaran seakurat mungkin. Termasuk kebutuhan transportasi, hotel, dan hal-hal lainnya yang mendukung aktivitas liburan. 

2. Tentukan Batasan Bujet

Selanjutnya silakan tentukan batasan bujet terlebih dahulu. Perencanaan keuangan untuk liburan ini sebenarnya sangat fleksibel. Bisa jadi bujet yang harus dikeluarkan sangat besar jika tidak ada batasan. Jadi lebih baik kamu membuat batas terlebih dahulu, berapa kira-kira total biaya yang akan dialokasikan untuk pergi liburan. 

Besarnya batasan bujet liburan ini bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan finansial. Semua orang bisa mewujudkan impian traveling asalkan dana yang dikeluarkan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Jadi kamu perlu melihat kemampuan finansialmu terlebih dahulu. Kemudian buatlah batasan sesuai dengan kemampuan tersebut, jangan sampai terlampau jauh dari kemampuan. 

3. Buat Target Menabung

Sangat disarankan untuk membuat rencana liburan jauh-jauh hari sebelum hari H. Ini akan membantu kamu untuk mempersiapkan biaya dengan baik. Jika kamu sudah membuat rencana liburan dan menentukan batasan bujet, maka kamu bisa langsung membuat target menabung. Ini dilakukan supaya kamu tidak perlu mengambil dana tabungan utama untuk pergi berlibur. 

Jika kamu sudah punya perencanaan liburan yang matang, maka menabung ini akan semakin mudah untuk dilakukan. Kamu punya motivasi kuat untuk menabung sehingga tidak akan terasa berat. Apalagi jika kamu masih punya cukup banyak waktu untuk menyisihkan dana tabungan agar bisa pergi liburan ke destinasi yang kamu inginkan. 

Menabung ini mungkin terlihat mudah untuk dilakukan. Namun bagi sebagian orang ternyata tidak semudah itu. Supaya lebih mudah, kamu bisa menggunakan strategi menabung. Misalnya dengan membuat akun rekening tabungan terpisah khusus untuk traveling. Aktifkan fitur autodebet sehingga uang bisa langsung ditarik ke akun tabungan tersebut. 

4. Alokasikan Anggaran Tidak Terduga

Tips berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan bujet liburan adalah alokasikan anggaran yang tidak terduga. Saat membuat rencana liburan tadi, kamu bisa menyusun anggaran bujet sesuai rencana tersebut. Namun dalam praktiknya nanti bisa jadi ada hal-hal di luar rencana yang mengharuskan kamu untuk mengeluarkan lebih banyak uang. 

Dalam kondisi seperti ini, kamu tidak akan panik jika sudah menyediakan alokasi dana khusus untuk hal-hal yang memang tidak terduga. Apalagi jika kamu akan pergi dengan banyak orang, teman-teman atau keluarga misalnya. Sudah pasti ada berbagai kejadian yang mungkin membuat kamu harus keluar uang lagi. Supaya tidak mengurangi anggaran liburan maka kamu perlu menyediakan dana cadangan. 

Ingat ya, dana cadangan ini hanya digunakan jika memang dalam kondisi mendesak. Artinya dana ini tidak seharusnya kamu pakai untuk keperluan traveling. Jika nantinya tidak ada hal-hal yang mendesak dan membutuhkan uang maka dana tersebut bisa masuk ke tabunganmu. Jadi kamu tetap mengikuti rencana anggaran yang sudah dibuat sebelumnya tadi. 

5. Pesan Tiket dan Booking Hotel Dulu

Sangat direkomendasikan untuk mulai mencicil kebutuhan traveling. Meskipun waktu keberangkatan mungkin masih lama, kamu sangat disarankan untuk tetap pesan tiket dan booking hotel terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mengurangi beban pengeluaran saat mendekati hari H keberangkatan. 

Ada beberapa contoh kebutuhan traveling yang bisa dicicil yaitu tiket pesawat dan hotel. Jika kamu tidak liburan naik pesawat maka tinggal disesuaikan saja dengan jenis transportasi yang akan kamu pakai. Intinya, selama masih bisa dicicil dan dipesan awal maka langsung pesan saja. Apalagi jika kamu dapat kesempatan promo, langsung sikat tanpa pikir panjang.

Bagi kamu yang waktu keberangkatan liburannya masih lama, rajin-rajinlah mencari promo. Kalau kamu punya waktu untuk mencicil kebutuhan liburan lakukan saja apalagi ditambah ada promo. Ini akan mengurangi beban pengeluaran selama kamu pergi liburan. 

6. Pastikan Ada Sisa Tabungan

Jangan lupa, meskipun kamu pergi berlibur tapi kamu tetap harus memikirkan kehidupan setelah berlibur nanti. Ini berhubungan erat dengan bujet yang akan kamu keluarkan saat liburan. Pastikan bahwa kamu tidak memakai semua uangmu untuk bersenang-senang di saat berlibur. Harus ada sisa tabungan yang bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan pribadi. 

Salah satu tips agar kamu bisa tetap memiliki sisa tabungan setelah berlibur adalah terapkan prinsip 40% dana cadangan. Jadi, kamu bisa pergi berlibur setelah kamu punya dana cadangan 40% dari total uang yang kamu miliki. 

Perencanaan keuangan sebelum pergi liburan ini memang sangat penting untuk dilakukan. Tujuannya agar kamu bisa menikmati liburan sepuasnya dan lebih leluasa. Selain itu ini juga dilakukan supaya kamu tidak kehabisan dana tabungan setelah liburan usai.

Tracking 6 Tips Perencanaan Keuangan yang Akurat untuk Persiapan Liburan
Bagikan
suka artikel ini :