Bagi setiap fan atau penggemar, menonton konser musik yang diadakan oleh idolanya tentu merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Kapan lagi bukan, bisa melihat idola tercinta menyanyi langsung di hadapan kita, yang sebelumnya hanya bisa disaksikan lewat layar kaca saja. Agar impian untuk nonton konser bisa terwujud, tentu bujetnya harus disediakan terlebih dahulu. 

Bujet untuk nonton konser musik merupakan salah satu tantangan terbesar bagi para penggemar yang ingin menyaksikan konser. Bagaimanapun juga, kamu sudah harus menyiapkan dana menonton jauh-jauh hari, agar tidak malah pinjam sana-sini agar bisa beli tiket nanti. Agar bujet tidak jadi problem nantinya, yuk simak tips mengatur keuangan untuk nonton konser musik berikut ini.

1. Tentukan Jumlah Konser Musik yang Ingin Kamu Tonton 

Mengatur keuangan untuk menonton konser bisa diawali dengan menentukan berapa banyak konser musik yang ingin kamu datangi atau tonton. Semakin banyak konser musik yang ingin kamu tonton, tentu semakin banyak pula bujet yang harus kamu persiapkan. Dengan begini, kamu bisa mengira-ngira berapa sekiranya bujet yang harus kamu persiapkan untuk menonton konser. 

Penentuan jumlah konser yang ingin ditonton ini bisa kamu kalkulasikan per periode waktu. Misalnya saja, dalam periode waktu 1 tahun, kamu ingin menonton 2 atau hingga 3 konser musik. Maka dari itu, di periode 1 tahun sebelumnya, kamu sudah harus mulai sedikit demi sedikit menyisihkan bujet untuk keperluan menonton konser musik tersebut. 

2. Memperkirakan Bujet Berdasarkan Ketenaran Idola 

Semakin terkenal idolamu, maka akan semakin mahal pula tiket konser yang harus kamu beli nantinya. Apalagi jika idolamu berasal dari luar negeri atau merupakan artis internasional, sudah tentu biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli tiket konsernya tidak sedikit. Dari tingkat popularitasnya ini, kamu bisa mulai perkirakan berapa kira-kira bujet untuk beli tiket konsernya. 

Jika sekiranya harga tiket di Indonesia belum dirilis, kamu bisa perkirakan harga tiket berdasarkan harga tiket konser musik idolamu tersebut di negara lain, contohnya saja negara tetangga. Biasanya, harga tiket di negara lain itu pun tidak jauh beda dengan harga jualnya nanti di Indonesia, sehingga kamu bisa terbantu untuk memperkirakan bujetnya. 

3. Cari Tahu Biaya Keseluruhan untuk Menonton Konser 

Bujet menonton konser musik bukan hanya sekadar biaya untuk membeli tiket konsernya saja, melainkan juga biaya-biaya lain yang kamu butuhkan untuk bisa menonton konser tersebut. Kamu juga harus pertimbangkan biaya transportasi ke venue konser, biaya konsumsi agar nonton konser musik tidak sambil kelaparan, hingga biaya penginapan jika kamu dari luar daerah. 

Jika sekiranya tempat domisilimu berada jauh dari lokasi diadakannya konser, tentu kamu juga harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk kebutuhan transportasi dan akomodasi nantinya. Makanya, selalu perhitungkan setiap celah pengeluaran saat kamu menonton konser musik nantinya. 

4. Tentukan Besaran Dana untuk Tabungan Menonton Konser 

Jika sudah tahu berapa bujet yang kira-kira dibutuhkan untuk menonton konser tersebut, saatnya untuk menentukan besaran dana yang harus kamu alokasikan secara rutin. Dalam menentukan besaran dana demi menonton konser musik nanti, kamu bisa tetapkan batas minimal dan batas maksimal dana yang akan ditabung nantinya. 

Dalam menentukan besaran dana tabungan untuk menonton konser musik ini, kamu harus menyesuaikannya dengan bujet kebutuhanmu yang lain, khususnya kebutuhan primer atau kebutuhan sehari-harimu. Jangan sampai over budget untuk keperluan menonton konser musik, sehingga dana untuk keperluan sehari-harimu malah jadi terganggu. 

5. Buat Tabungan Terpisah 

Agar motivasimu dalam menabung untuk bisa nonton konser musik bisa meningkat, kamu bisa buat rekening tabungan terpisah khusus untuk menonton konser. Sekarang ini, sudah banyak juga tersedia aplikasi perbankan digital, yang menyediakan fitur berupa pos-pos pengeluaran, yang bisa kamu manfaatkan untuk menabung untuk kebutuhan menonton konser. 

Dengan adanya tabungan terpisah untuk menonton konser musik ini, maka kamu bisa menghindari terpakainya tabungan khusus tersebut untuk kebutuhan yang lain. Kamu harus tanamkan dalam diri sendiri untuk sama sekali tidak merecoki tabungan khusus menonton konser tersebut, agar tujuan menabungmu bisa tercapai.       

6. Konsisten dalam Menabung 

Konsistensi dalam menabung sangat diperlukan agar kamu bisa mewujudkan mimpi menonton konser musik idola. Jangan hanya semangat di awalnya saja, namun sesudahnya malah tidak terlaksana dengan sebagaimana mestinya. Jika perlu, pasang pengingat di ponselmu atau temple catatan di dinding kamarmu, untuk jadi pengingatmu agar bisa rutin dan konsisten dalam menabung. 

7. Cari Penghasilan Tambahan untuk Menambah Bujet 

Jika kamu ingin bisa menabung lebih banyak lagi untuk mewujudkan mimpi menonton konser musik idola, kamu bisa coba cari pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dengan begini, maka jumlah dana yang bisa kamu tabung akan bertambah, dari yang sebelumnya hanya bergantung pada penghasilan dari pekerjaan utamamu saja. 

Namun, hal penting yang harus diingat adalah jangan sampai pekerjaan sampingan itu membuatmu keteteran dalam menjalankan pekerjaan utama. Apalagi jika kamu sampai jatuh sakit mengerjakannya, hanya demi mendapatkan uang tambahan. Sia-sia saja bukan berjuang mengumpulkan uang untuk menonton konser musik, tapi akhirnya malah batal karena badan tidak fit. 

 

Proteksi Yang Unik Untukmu

Dalam perencanaan finansial, kita bukan hanya perlu memikirkan cara untuk menambah kekayaan yang dimiliki. Tapi kita juga perlu memproteksi apa yang sudah diakumulasi. Risiko bisa datang kapan saja pada siapa saja, dan tidak jarang membutuhkan biaya yang banyak. Kita bisa mempersiapkan proteksi diri dari sekarang untuk menjaga kondisi finansial kita tetap stabil dalam menghadapi segala ketidakpastian.

Asuransi merupakan salah satu produk keuangan yang menawarkan proteksi dan perlindungan kepada nasabah. Generali Indonesia hadir dengan berbagai pilihan produk proteksi sesuai dengan uniknya kebutuhan dan mimpimu.

Tidak ada tujuan atau mimpi yang terlalu remeh untuk direncanakan, nonton konser pun salah satunya. Budgeting atau penganggaran dana adalah cara supaya kita bisa tetap mewujudkan mimpi tanpa mengganggu perencanaan finansial jangka panjang. 

Tracking 7 Tips Mengatur Keuangan untuk Nonton Konser Musik, Siap Ketemu Penyanyi Idola?
Bagikan
suka artikel ini :