Butuh berobat ke rumah sakit saat sedang di luar negeri? Ini tips praktisnya

Healthy Protection Sabtu, 12 Oktober 2019
Tips berobat ke rumah sakit di luar negeri

Kebutuhan berobat ke rumah sakit bisa datang kapan saja - termasuk saat sedang berada di luar negeri. Nah, apa saja sih yang harus dicermati saat harus dirawat atau berobat ke rumah sakit di luar negeri? Kami punya tipsnya disini.

Persiapan sebelum ke rumah sakit

Mendadak sakit atau terkena musibah kecelakaan? Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari pertolongan medis. Gunakan internet di ponsel untuk mencari tahu letak rumah sakit atau klinik medis terdekat. Kamu juga bisa hubungi kedutaan besar Indonesia di negara tersebut atau pusat informasi turis untuk minta bantuan bila diperlukan.

Setelah menemukan rumah sakit terdekat, siapkan baju ganti, peralatan mandi sederhana (sisir, pasta dan sikat gigi), charger HP atau power bank tentunya, supaya baterai ponsel tetap penuh dan komunikasi tak terputus. Bila memungkinkan, minta untuk ditemani teman seperjalanan dan jangan lupa kabari keluarga di Indonesia bahwa kamu perlu penanganan medis di rumah sakit. 

Tetap tenang

Wajar saja untuk merasa kuatir saat harus berobat ke rumah sakit, apalagi di negara asing! Selalu bersikap tenang dan positif. Tarik nafas panjang selama dalam perjalanan dan pejamkan mata selama beberapa detik untuk mengurangi rasa panik dan stres yang mungkin timbul. Saat tiba di rumah sakit, fokus saja pada kesembuhanmu, paling tidak kamu bisa dirawat di rumah sakit tersebut atau direpatriasi untuk dirawat di Indonesia bila perlu.

Komunikasi adalah kunci

Bila memungkinkan, mintalah bantuan penerjemah, atau minta untuk bicara dengan tenaga medis profesional yang berbicara bahasa yang juga dimengerti olehmu. Bila tidak ada, manfaatkan aplikasi penerjemah di ponselmu. Komunikasi sangat penting, supaya kamu bisa dapatkan perawatan yang kamu butuhkan tanpa ada salah paham masalah bahasa. Tetap tenang dan jelaskan masalah yang dialami sedetil mungkin, beritahukan dimana kamu merasa sakit dan seperti apa rasa sakitnya.

Selalu siap siaga untuk segala kemungkinan

Karena siap siaga hadapi segala kemungkinan itu penting, punya asuransi yang bisa diandalkan jelas merupakan jaring pengamanan terbaik yang harus disiapkan sebelum berangkat ke luar negeri. Sebab, perawatan medis di negara asing bisa menelan biaya cukup besar.

Segera hubungi agen asuransimu setelah sampai ke rumah sakit. Simpan baik-baik nomor HP agen yang bisa dihubungi via Whatsapp, dan simpan semua bon atau kuitansi perawatan medis supaya nantinya mudah untuk mengajukan klaim.

Untuk kamu yang nggak mau ribet, Generali punya solusi produk asuransi yang juga memungkinkan kamu berobat di luar negeri: Global Medical Plan, yang menjangkau rumah sakit di seluruh dunia, memberikan pertanggungan berupa penggantian biaya rawat inap dan jalan disebabkan sakit dan kecelakaan - sehingga kamu selalu merasa aman, di belahan dunia manapun kamu sedang berada.

Ssst, selain Global Medical Plan, sebentar lagi Generali juga akan meluncurkan benefit tambahan yaitu ExcellentCare+, yang membuat manfaat pertanggungan semakin banyak, termasuk saat berobat di luar negeri.

Gimana, sekarang sudah mengerti kan, tips praktis berobat ke rumah sakit saat sedang di luar negeri?

 

Asuransi jiwa dapat membantumu untuk menikmati hidup tanpa harus kuatir apa yang akan terjadi pada orang-orang tercinta, bila sewaktu-waktu nasib berkehendak lain. Pilih iPlan, solusi proteksi jiwa lengkap dari Generali dengan manfaat pertanggungan kecelakaan.

 

Sedang merencanakan petualangan luar biasa, atau pengalaman kuliah di luar negeri? Baca tips brilian kami untuk setiap rencana bepergian ke luar negeri: 

Hindari pusing dan mual saat bepergian dengan 8 tips ini

Yang harus dilakukan saat maskapai menghilangkan koper kita

Cara klaim asuransi ketika sakit atau kecelakaan saat sedang liburan di luar negeri

Tips liburan lancar akhir tahun

Destinasi terkeren yang wajib masuk bucket list liburanmu!