Penting! Persiapkan Asuransi Dana Pensiunmu Mulai dari Sekarang

Healthy Wealth Jumat, 5 Juni 2020
Penting! Persiapkan Asuransi Dana Pensiunmu Mulai dari Sekarang.jpg

Hampir semua orang, tentunya ingin memiliki masa tua yang sejahtera. Namun, hingga saat ini kesadaran masyarakat untuk menyiapkan dana pensiun bagi dirinya sendiri, terbilang masih rendah. Karena masih banyak yang menganggap remeh atau merasa bahwa hal tersebut bukanlah sebagai prioritas yang harus dipersiapkan sejak dini.

Sebagian orang pun merasa bahwa menyiapkan dana pensiun merupakan sesuatu yang cukup memberatkan karena kamu harus rela menyisihkan sebagian uangmu untuk dijadikan tabungan di hari tua. Hal ini membuat kebanyakan orang menjadi cukup pusing untuk memikirkan nasibnya di hari tua.

Tentunya kita tau bahwa bekerja menjadi karyawan tidak bisa dilakukan selama seumur hidup karena terdapat batas waktu kerja yang sudah ditentukan oleh perusahaan masing-masing. Oleh karena itu, bekerja atau menjadi karyawan bukan menjadi jaminan bahwa hari tuamu akan berjalan dengan menyenangkan.

Namun tidak perlu takut, karena saat ini sudah banyak tawaran dari perusahaan asuransi, agar hari tuamu menjadi tidak menakutkan. Bahkan akan memberikan jaminan kesejahteraan terhadap hari tua kamu.

Di Mana Kamu Bisa Dapatkan Asuransi Dana Pensiun yang Bagus?

Pada dasarnya, tujuan dari menyiapkan dana pensiun adalah agar kamu bisa menikmati gaya hidup yang sama walaupun kamu sudah tidak lagi bekerja. Solusi dana pensiun untuk masa depan kamu yang lebih cerah ditawarkan oleh DPLK Generali Indonesia yang merupakan salah satu unit bisnis dari PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia, yang tentunya akan memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi kamu yang sedang bingung untuk mempersiapkan asuransi dana pensiun.

Dengan mempercayai hari tuamu kepada DPLK Generali Indonesia, kamu akan mendapatkan berbagai alternatif pilihan bagi nasabah untuk pengelolaan dana pensiun demi mewujudkan hari tua yang lebih sejahtera.

Tidak perlu ragu, takut, ataupun bingung, karena DPLK Generali Indonesia merupakan Lembaga Keuangan Non Bank yang bertugas untuk menjamin kesinambungan penghasilan para pesertannya, sehingga akan menciptakan perasaan aman dan nyaman untuk kamu yang akan segera menjalani masa pensiun.

Agar semakin mengurangi rasa ragu kamu, informasi berikut ini penting untuk kamu ketahui. Apakah itu? Perlu kamu ketahui bahwa DPLK Generali Indonesia telah berhasil menorehkan prestasi di 3 tahun pertamanya ketika beroperasional, yaitu dengan menjadi salah satu yang tertinggi pada pertumbungan AUM di tahun 2018.

Nah, setelah mengetahui informasi ini tentunya kamu sudah tidak perlu ragu lagi untuk mempersiapkan masa pensiun kamu melalui DPLK Generali Indonesia.

Tidak kalah penting dengan informasi sebelumnya, kamu juga harus tau bahwa DPLK Generali memiliki beberapa program bagi kamu yang ingin merencanakan dana pensiunmu, yaitu iPension – Program Pensiun Iuran Pasti (Voluntary) dan iSeverance – Program Pensiun untuk Kompensasi Pesangon (PPUKP). Nah, agar kamu tidak bingung dalam memahaminya, yuk kita bahas satu-persatu.

Program Asuransi Dana Pensiun iPension

Untuk program pertama yang bernama iPension adalah program DPLK Generali Indonesia yang terbilang sangat fleisbel, karena dapat diikuti oleh karyawan perusahaan dengan iuran yang sifatnya sukarela. Tentunya dengan sifat sukarela ini, tidak akan memberatkan kamu.

Karena nominalnya dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan kamu masing-masing. Selain itu, iPension akan ditempatkan pada reksadana unit link, dan juga dapat dikelola secara individu lho atau yang biasa disebut dengan individual account.

Syarat Pengajuan Dana Pensiun di Program iPension

Seteleh mengetahui informasi umum mengenai program iPension, selanjutnya kamu harus mengetahui informasi lengkap mengenai alur operasional yang harus dipenuhi agar kamu bisa segera memproses dana pensiun kamu, yaitu :

1.       Memiliki usia minimal 18 tahun atau sudah menikah.

2.       Usia pensiun normal sekurang-kurangnya harus 40 tahun.

3.       Jenis valuta yang digunakan adalah rupiah.

4.       Nilai setoran minimal Rp. 50.000,- atau dapat berupa prosentasi dari gaji perbulan kamu.

5.       Bagi kamu yang merupakan peserta group atau perusahaan, iuran dapat bersumber dari Perusahaan atau Karyawan.

6.       Sebagai nasabah, kamu bisa melakukan Top Up langsung dengan mengisi formulir Top Up.

7.       Penarikan dana dalam setahun dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu sebagai nasabah dan tidak dibatasi.

8.       Sistem iuran bagi peserta group atau perusahaan, iuran akan dibayarkan oleh PIC Perusahaan ke rekening Generali Indonesia dari perusahaan.

9.       Bagi kamu yang merupakan bagian dari group atau perusahaan, paket investasi ditentukan oleh perusahaan.

10.   Peserta dapat melakukan perubahan pada investasi, maksimum 6 (enak) kali setahun.

Nah setelah membaca alur operasional, tentunya kamu juga harus mengetahui beberapa hal penting selanjutnya. Apakah itu?

Manfaat Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Ya, untuk dapat memberikan informasi yang jelas dan lengkap, kamu pun harus mengetahui berbagai manfaat yang akan didapatkan apabila kamu merencanakan dana pensiun melalui Program Pensiun Iuran Pasti, di antaranya yaitu :

1.       Secara tidak langsung, program dana pensiun akan menanamkan ilmu disiplin pada keseharian kamu. Karena tanpa kamu sadari, menabung adalah sesuatu yang harus dipaksakan. Karena tidak sedikit orang yang anggap remeh dengan kebiasaan menabung. Selain itu, mengikuti program menabung untuk masa pensiun merupakan pilihan tepat, mengapa? Karena dengan menabung sejak dini, masa pensiun kamu akan terjamin dengan sangat baik.

2.       Mengikuti program menabung untuk masa pensiun tentunya sudah tidak perlu takut apabila sewaktu-waktu kamu ingin mengambil uang tersebut sebelum waktunya. Karena pada program ini, kamu dapat melakukan penarikan iuran sebelum memasuki usia pensiun. Kebutuhan yang tidak jarang datang secara mendadak, pastinya akan menuntut kamu untuk menggunakan uang simpanan kamu.

3.       Banyak orang yang takut untuk memulai menabung karena ia masih merasa tidak sanggup untuk menyisihkan uangnya. Atau bisa jadi karena ia takut nominal iuran yang harus disetor sangatlah besar. Eits, tunggu dulu. Tidak semua program menabung mematok minimal nominal khususnya dengan jumlah yang besar lho. Dengan mengikuti program iPension, kamu sudah tidak perlu takut lagi karena besaran iuran ditentukan oleh peserta dan tidak ada batasannya lho.

Program Asuransi Dana Pensiun iSeverance

Selanjutnya, program kedua yang bernama iSeverance – Program Pensiun untuk Kompensasi Pesangon (PPUPK) merupakan program yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan Pemberi Kerja atas program pensiun yang dikhususkan untuk pembayaran kompensasi pesangin, yang tentunya sudah sesuai dengan Undang Undang Tenaga Kerja No. 13 Tahun 2003.

Melalui iSeverance, kamu sebagai karyawan akan mendapatkan kepastian kesinambungan penghasilan pada saat sudah pensiun atau sudah tidak bekerja. Dana ini akan ditempatkan pada reksadana dalam bentuk unit link dan dikelola secara kelompok (pooling fund).

Alur Operasional dari Program iSeverance

Nah, setelah mengetahui penjelasan umum mengenai program kedua yang  bernama iSeverance, sudah pasti langkah selanjutnya adalah kamu harus mengetahui informasi mengenai alur operasional iuran iSeverance, di antaranya yaitu:

1.       Iuran 100% berasal dari perusahaan dan tentunya bukan bersumber dari uang pribadi.

2.       Dana bersifat pool fund, dan rekening DPLK tentunya menggunakan atas nama perusahaan.

3.       Dana PPUKP dapat digunakan untuk membeyar semua kewajiban perusahaan sesuai Undang Undang Tenaga Kerja No. 13/2003 atau Peraturan Perusahaan yang berlaku.

Bagi kamu yang telah membaca informasi secara lengkap yang dijelaskan pada artikel ini, diharapkan akan memberikan pemahaman mengenai pentingnya menyiapkan dana pensiun sejak dini. Ingin tetap memiliki pemasukan ketika sudah tidak bekerja? Yuk, mari menjadi bagian dari DPLK Generali Indonesia untuk hari tua yang lebih sejahtera.