Daftar Packing Praktis untuk Travel Sekeluarga

Healthy Lifestyle Sabtu, 2 Januari 2021
Packing Praktis untuk Travel Sekeluarga

Packing untuk liburan sendiri saja sudah ribet, lantas bagaimana kalau harus packing untuk seluruh keluarga sekaligus? Khusus untuk kamu yang akan pergi liburan bersama anak-anak, Generali membuat checklist packing yang praktis untuk digunakan dan bisa dicetak.

Sekaligus baca artikelnya sampai selesai, ya, karena kami juga memberikan saran dan 14 langkah praktis untuk packing - mudah dilakukan, membantu menghemat bagasi dan membawa semua barang yang diperlukan untuk menghindari kelebihan barang (yang bisa dikenai biaya luarbiasa besar oleh maskapai penerbangan), tapi tetap lengkap untuk seluruh keluarga, kamu, pasangan dan anak-anak.

Tahap 1: Minimalisir barang-barang bawaan

1. Buat checklist / daftar barang yang akan dibawa

Yang pertama-tama sekali harus dilakukan adalah membuat daftar barang apa saja yang akan dibawa liburan. Bukan cuma praktis, checklist juga mencegah kita kelupaan membawa barang yang dibutuhkan sekaligus membuat kita jadi berpikir dua kali mengenai barang apa saja yang terpenting. Buat daftar barang bawaan cukup satu kali saja di komputer atau ponsel, setelah itu daftar ini bisa digunakan setiap kali akan pergi traveling.

2. Invest dengan membeli koper yang berkualitas, lebih ringan tapi kokoh

Ada harga, ada rupa. Belilah koper yang berkualitas, yang berukuran lebih kecil, beratnya lebih ringan dan terbuat dari material tahan air yang kokoh dan tahan banting. Biasanya koper seperti ini tidak murah, tapi jangan lupa bahwa kualitasnya yang bagus bisa melindungi barang-barang kita dari bantingan saat keluar-masuk bagasi pesawat.

3. Cuci baju di tempat tujuan

Saat bepergian dengan anak-anak, apalagi yang masih kecil, ada saja kejadian seperti baju ketumpahan air atau makanan, atau anak muntah sehingga perlu pakaian ekstra - supaya tidak perlu membawa terlalu banyak bagasi, persiapkan untuk mencuci baju di tempat tujuan nanti. Apakah itu dengan booking AirBnB yang dilengkapi dengan mesin cuci, atau hotel dengan servis binatu. Bisa juga cari laundry kiloan - atau bahkan mencuci dengan tangan di kamar mandi penginapan - yang penting, tetap simpel saja, bila budget memungkinkan, kita pun bisa membeli baju suvenir kenang-kenangan di tempat wisata yang dituju.

4. Padu-padankan warna dan kegunaan supaya ringkas

Saat memilih pakaian dan perlengkapan yang akan dibawa, tetaplah berpegang pada prinsip warna netral, supaya baju dan aksesoris mudah dipadu-padankan. Bawalah satu stel baju yang cukup formal untuk persiapan acara malam hari, dan perbanyak baju yang ringan serta mudah menyerap keringat untuk siang hari. Sepatu merupakan salah satu elemen yang beratnya paling lumayan saat menyusun bagasi, karena itu cobalah untuk membawa dua pasang saja - satu pasang sepatu casual atau sneakers, dan sepasang lagi sepatu yang cukup formal dan berwarna gelap untuk malam hari. Tambahkan aksesoris ringan dan berwarna-warni untuk aksen di siang hari dan yang berwarna keemasan atau perak supaya kesan glamor didapat untuk acara di malam hari.

5. Hindari membawa makanan terlalu banyak

Nah, ini kebiasaan orang Indonesia, nih! Membawa makanan seperti mi instan, abon dan sambal (bahkan rendang) saat bepergian keluar negeri, memang bisa membantu saat kangen Indonesia. Tapi, cobalah untuk membawa secukupnya saja, jangan terlalu banyak, supaya tidak terlalu memberatkan bagasi dan sekaligus juga tetap memberi kesempatan untuk kita mencoba makanan di destinasi wisata tujuan kita.

6. Minimalisir daftar barang lainnya: penting atau tidak?

Coba pikirkan masak-masak satu per satu barang lainnya yang ingin dibawa: penting atau tidak? Bisa dikurangi atau malah tidak perlu bawa sama sekali? Ini contohnya:

  • Bawa buku elektronik seperti Kindle atau Kobo alih-alih membawa buku novel fisik yang berat dan makan tempat
  • Gunakan bantal khusus untuk traveling yang bisa ditiup bila perlu, dikempeskan bila tak diperlukan
  • Invest dengan membeli barang-barang elektronik ukuran kecil
  • Hindari membawa barang apapun yang tersedia di hotel atau penginapan (seperti pengering rambut atau sabun / shampoo)
  • Bawa barang yang multifungsi saja, misalnya sarung Bali yang sekaligus bisa jadi selimut, outer / baju luaran, alas duduk dan dipakai sebagai gaun.

Tahap 2: Barang-barang bawaan untuk anak kita

7. Buat checklist / daftar barang untuk bagasi kabin

Bila bepergian dengan anak-anak, apalagi yang masih kecil, jangan lupa untuk selalu membawa barang dalam bagasi kabin. Masukkan semua keperluan anak di dalamnya untuk digunakan saat penerbangan, seperti diaper, ASI perah (ASIP) atau susu formula, makanan pelengkap ASI (MPASI), camilan, hiburan untuk anak (buku cerita, buku gambar dan mewarnai, video atau game dalam tablet genggam) dan tentunya satu set baju ganti.

Sekali lagi, hindari membawa barang atau makanan yang bisa dibeli di destinasi tujuan nanti dan tidak diperlukan selama dalam perjalanan. Lalu, sebelum mulai packing, taruh semua barang di atas tempat tidur, tumpuk berdasarkan masing-masing anggota keluarga, dan pastikan sekali lagi apa ada yang masih bisa dikurangi. Melihat semua barang bawaan di satu tempat bisa membantu supaya kita bisa dengan jelas memilih mana saja yang betul-betul perlu.

8. Hiburan dan mainan untuk anak-anak: pilih yang mana?

Mainan bisa memakan cukup banyak tempat di koper. Karena itu, mintalah anak-anak untuk memilih satu atau dua mainan favorit saja - sebaiknya yang berukuran tak terlalu besar - untuk dibawa saat berlibur. Lagipula, jalan-jalan menjelajahi lokasi wisata dengan kegiatan-kegiatan menarik selama liburan juga merupakan pengalaman baru yang bisa membuat perhatian anak teralihkan dan bahkan tidak sempat bermain dengan mainan mereka.

Untuk di perjalanan, bawa satu-dua buku gambar dan mewarnai, satu set alat tulis dan pensil warna, dan unduhlah beberapa video untuk ditonton lewat ponsel atau tablet genggam. Waktu nonton tetap harus dibatasi, tapi setidaknya anak tidak rewel karena ada hiburan saat perjalanan, baik itu dengan pesawat ataupun transportasi lainnya.

9. Tentukan perlengkapan jalan-jalan yang dibutuhkan anak

Kereta dorong untuk bayi dan balita adalah salah satu hal terpenting untuk dibawa saat bepergian. Carilah kereta dorong yang kokoh tapi ringan, dilengkapi dengan kanopi untuk berteduh dari terik matahari serta tutup plastik untuk menangkal hujan, serta muatan bagasi yang cukup besar sehingga semua peralatan bayi dan balita bisa terbawa serta. Punya dua balita atau bayi? Pertimbangkan menggunakan kereta dorong tandem khusus yang bisa menampung dua bayi atau balita sekaligus.

Tahap 3: Jaga kondisi kesehatan

10. Vaksinasi

Pastikan anak sudah lengkap imunisasinya sebelum berangkat liburan, supaya selalu aman di tempat tujuan.

11. Persiapan perlengkapan

Bila destinasi wisata keluarga kali ini ke daerah pantai yang panas seperti Bali atau Lombok, jangan lupa membawa topi lebar, kacamata hitam dan krim tabir surya untuk melindungi kulit kita sekeluarga dari terik matahari. Selain itu, siapkan kotak P3K yang isinya kira-kira seperti ini:

  • Termometer
  • Obat penurun panas dan anti nyeri untuk anak
  • Plester
  • Cairan antiseptik
  • Obat anti alergi
  • Obat penangkal mabuk kendaraan
  • Semua obat-obatan yang diresepkan oleh dokter dan masih harus diminum

12. Bawa serta dokumen-dokumen penting

Kumpulkan semua dokumen penting dalam satu tas, dan siapkan fotokopian semua dokumen tersebut yang disimpan di tempat lain. Bila diperlukan, bawa salinan resep obat dari dokter - supaya tak ada masalah saat diperiksa di bandara.

Tahap 4: Siap berangkat

13. Asuransi

Jangan lupa untuk membeli asuransi perjalanan sebagai tambahan dari asuransi yang sudah dimiliki sebelumnya. Cek iPlan, solusi lengkap dari Generali yang sudah men-cover lengkap semua risiko kecelakaan, termasuk saat di perjalanan!

14. Cara pintar packing

Gulung baju alih-alih dilipat, supaya lebih hemat tempat dan baju tidak kusut dalam koper. Maksimalkan penggunaan ruang kosong - contohnya, kita bisa masukkan kaos kaki ke dalam sepatu supaya penggunaan koper lebih efisien.

Bila kamu sudah membaca sampai di sini: SELAMAT! Kamu sudah siap untuk memulai packing liburan sekeluarga yang praktis dan smart!

Packlist praktis keluarga

Masih kuatir bakal lupa membawa sesuatu? Jangan kuatir, daftar checklist ini bisa kamu unduh dan cetak sendiri di rumah. Daftar ini mencakup benda-benda yang paling penting dibawa. Sisanya kamu bisa tambahkan sendiri, ya. Selamat mencoba!

Daftar Packing Praktis untuk Travel Sekeluarga

 

Mulai dari tujuan wisata yang menarik hingga tips praktis untuk packing, temukan semua informasi terpenting seputar liburan keluarga yang tak terlupakan:

Yang harus dilakukan saat maskapai menghilangkan koper kita

Liburan sekeluarga yang penuh kesan dan ramah bagi anggaran

Tips liburan lancar akhir tahun

Cara klaim asuransi ketika sakit atau kecelakaan saat sedang liburan di luar negeri

Hindari 5 penyakit paling umum ini saat sedang berlibur