Seberapa Pentingnya Investasi Bagi Generasi Milenial?

Healthy Wealth Rabu, 12 Mei 2021
Seberapa Pentingnya Investasi Bagi Generasi Milenial

Di era globalisasi ini, investasi bukan lagi hal yang asing pada kuping kita. Singkatnya, investasi merupakan kegiatan tanam modal kepada suatu perusahaan atau suatu aset dengan tujuan menerima manfaatnya di kemudian hari.

Melakukan investasi pada dasarnya sama dengan menabung. Kamu akan mendapatkan manfaatnya setelah beberapa waktu tertentu. Untuk kamu kaum milenial, sudah saatnya kamu melek investasi. Sebaiknya kamu tinggalkan gaya hidup boros dan konsumtif, lalu mulailah investasi sejak dini untuk memupuk bekal masa depan kamu.

 

5 Alasan Investasi Penting Untuk Generasi Milenial

Pada artikel ini, kami akan memberikan tips bagi milenial untuk melek investasi sejak dini serta pentingnya investasi bagi generasi milenial. Simak, ya!

1. Meningkatkan Nilai Aset dan Kekayaan Pribadi

Bagi setiap orang yang melakukan investasi, sudah dapat dipastikan bahwa ini akan meningkatkan nilai aset dan juga nilai kekayaan kamu. Yang dimaksud dengan aset di sini tidak selalu dalam bentuk properti, karena uang yang kamu simpan sebagai dana investasi juga terhitung sebagai aset.

Aset yang telah kamu sisihkan sebagai investasi tentunya akan terus berkembang dan menjadi semakin banyak. Dan dengan berkembangnya aset kamu, maka akan berkembangnya juga kekayaan kamu. Investasi merupakan kegiatan yang cocok untuk dilakukan sedini mungkin. Jadi, bagi kamu para kaum milenial, mulailah untuk melakukan investasi untuk sedikit demi sedikit meningkatkan kekayaan kamu.

2. Meraih Kebebasan Finansial

Masih umumnya pandangan bahwa masa muda harus dihabiskan untuk main-main dan hidup hanya satu kali membuat generasi milenial lebih memilih untuk bersenang-senang dibandingkan untuk serius mempersiapkan tabungan finansial untuk masa mendatang. Dengan hidup yang masih mengutamakan foya-foya ini, tidak jarang bahwa milenial selalu menghambur-hamburkan uangnya untuk kesenangan semata. Dan dapat dikatakan masih sedikit pula milenial melek investasi di Indonesia.

Padahal, masa muda ini merupakan waktu yang tepat bagi kamu untuk memulai berinvestasi. Karena pada masa ini, kamu akan berada pada puncak produktif dalam hidup kamu. Dan semakin dini kamu memulai investasi, maka akan semakin besar pula hasilnya.

Salah satu tujuan dari investasi sejak dini yaitu untuk mencapai kebebasan finansial. Kebebasan finansial merupakan kondisi dimana kamu tidak perlu lagi bekerja keras untuk mendapatkan uang karena kamu sudah memiliki harta yang cukup untuk menghidupi kamu. Bahkan dengan investasi, kamu akan menerima pendapatan pasif secara berkala tanpa harus bekerja lagi.

3. Mempersiapkan Diri Untuk Masa Depan yang Cemerlang

Memiliki masa depan yang cemerlang tentu saja menjadi impian semua orang. Untuk itu, kamu bisa mencapainya dengan melakukan investasi sejak dini. Investasi yang kamu siapkan dari sekarang ini akan membantu kamu untuk hidup nyaman di kemudian hari.

Dalam usia produktif ini, kamu dapat dengan giat mengumpulkan uang dan kemudian menginvestasikannya. Investasi ini dapat menjadi salah satu diversifikasi penghasilan atau sumber pendapatan lain selain pendapatan utama kamu. Penghasilan tambahan ini bisa kamu alokasikan khusus untuk dana masa depan kamu. Jika kamu serius dalam melakukan investasi dari sekarang, dapat dipastikan kamu akan hidup tenang dan nyaman secara finansial di masa mendatang.

Dengan uang yang berkecukupan ini, kamu pun akan dapat mewujudkan semua hal yang selama ini kamu impikan. Kamu bisa memutuskan untuk pensiun dini, membeli tempat tinggal dan kendaraan sendiri, atau kamu pun dapat mewujudkan mimpimu untuk travelling keliling dunia.

4. Latihan Disiplin Dalam Mengelola Kondisi Finansial

Membiasakan diri untuk memulai melakukan investasi sedini mungkin tentunya akan membantu kamu dalam mengelola kondisi keuangan kamu. Kamu akan membatasi pengeluaran kamu setiap bulannya, dan mengalokasikan sebagiannya untuk investasi. Dengan memiliki tanggung jawab investasi ini, kamu akan merasa dituntut untuk selalu konsisten dan lebih cermat dalam mengatur uang kamu demi mencapai manfaat yang menguntungkan.

Kamu akan belajar bagaimana cara mengelola uang yang efektif dan efisien. Kemudian, kamu pun tanpa sadar akan belajar untuk lebih hati-hati dalam menentukan pengeluaran mana yang lebih penting, dan mana yang tidak terlalu diperlukan.

5. Membantu Negara Terhindar Dari Inflasi

Inflasi merupakan kondisi meningkatnya harga barang dan jasa secara umum dan terus-menerus dalam jangka waktu tertentu. Sebenarnya, inflasi dapat dikatakan hal yang lumrah untuk terjadi di setiap Negara. Indonesia sendiri dianggap sebagai salah satu Negara yang tingkat inflasinya cukup tinggi. Inflasi ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap kondisi perekonomian Negara, terutama dalam hal jual beli.

Inflasi ini akan melemahkan daya beli masyarakat Negara tersebut. Kaum milenial merupakan generasi penerus bangsa yang akan membangun Indonesia pada waktunya. Dengan melakukan investasi sejak dini, kamu akan membantu Negara menekan persentase inflasi.

 

Nah, investasi ini merupakan salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk melindungi aset kekayaan kamu agar nilainya tidak tergerus oleh inflasi. Jadi, mulailah belajar investasi saham untuk meningkatkan keamanan serta kemakmuran kondisi finansial kamu.

Sebagai kaum milenial, perlu ditekankan bahwa investasi ini kamu lakukan untuk diri kamu sendiri, dan bukan untuk orang lain. Jadi, jangan lakukan investasi hanya karena kamu ingin mengikuti tren. Dalam berinvestasi, kamu harus selalu fokus dan cermat sehingga terhindar dari kerugian dan hasil investasi ini akan berbuah manis dikemudian hari.