Apa itu Asuransi dan Jenis-jenis Asuransi yang Ada di Indonesia

Healthy Wealth Sabtu, 3 Juli 2021
Apa itu Asuransi dan Jenis-jenis Asuransi yang Ada di Indonesia.png

Jika mendengar kata “asuransi”, hal apa yang terpikirkan olehmu? Apakah kamu sudah mengetahui mengenai apa itu asuransi? Asuransi sendiri merupakan istilah yang sudah tidak asing dan sering kita dengar. Namun, apa itu asuransi? Mari simak ulasan berikut.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi merupakan perjanjian yang terjadi antara perusahaan asuransi dan pemegang polis. Perjanjian ini menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan untuk mengganti atau mengurangi kerugian. Artinya, dengan mengasuransikan sesuatu, kamu melakukan pembagian kerugian kepada perusahaan asuransi.

Dalam asuransi sendiri, terdapat beberapa istilah yang sering digunakan seperti polis dan premi. Polis asuransi adalah kontrak tertulis yang menjadi dokumen legal antara perusahaan asuransi dan pemegang polis.

Sedangkan, premi asuransi adalah tagihan yang harus dibayarkan oleh pemegang polis kepada pihak perusahaan asuransi sebagai imbalan jasa atas pembagian kerugian sesuai dengan perjanjian yang ada di dalam polis.

Asuransi memiliki berbagai macam manfaat tergantung dari produk asuransi yang kamu peroleh. Asuransi dapat membantu untuk menghindari kamu dari kerugian besar yang diakibatkan oleh peristiwa yang tidak terduga.

Memiliki asuransi juga dapat memberikan rasa tenang dan aman yang terkait dengan resiko yang mungkin menimbulkan kerugian yang dapat terjadi. Membayar premi asuransi secara teratur juga membantu kamu untuk menerapkan cara pengelolaan uang yang baik.

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis-jenis asuransi, misalnya:

1. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa termasuk ke dalam salah satu jenis asuransi yang umum dan banyak ditawarkan. Apakah kamu sudah mengetahui apa itu asuransi jiwa? Asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang memberikan tanggungan perlindungan untuk jiwa seseorang.

Produk asuransi jiwa menawarkan manfaat yang akan diberikan bila terjadi suatu kejadian yang menyebabkan kematian dari pemilik polis asuransi. Selain itu, asuransi jiwa juga menawarkan manfaat yang akan diberikan ketika pemegang polis sudah tidak dapat mencari nafkah lagi atau pemilik polis sudah terlalu tua.

Generali menawarkan asuransi jiwa yang dapat kamu peroleh melalui produk CEMERLANG. Dengan membayar premi yang terjangkau, kamu akan memiliki perlindungan yang berupa asuransi jiwa dan kecelakaan.

2. Asuransi Kesehatan

Kesehatan merupakan salah satu hal yang penting. Sedangkan, kita sendiri tidak dapat memprediksi kapan terjadinya penyakit. Penyakit dapat muncul kapan saja bahkan disaat kita belum memiliki persiapan. Oleh karena itu, apa itu asuransi kesehatan dan apakah manfaatnya?

Asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang memberikan tanggungan untuk masalah kesehatan yang disebabkan oleh kecelakaan maupun penyakit. Manfaat memiliki asuransi yang akan kamu dapatkan dapat berbeda-beda tergantung dari jenis produk yang kamu pilih.

Generali memiliki produk asuransi kesehatan, contohnya adalah Global Medical-PLAN. Produk ini menawarkan manfaat agar kamu mendapatkan penggantian biaya meliputi biaya rawat inap dan rawat jalan ketika kamu mengalami sakit atau kecelakaan.

3.   Asuransi Pendidikan 

Apa itu asuransi pendidikan? Asuransi pendidikan yaitu jenis asuransi yang menawarkan manfaat berupa tanggungan biaya pendidikan. Seiring dengan berjalannya waktu, terjadi peningkatan dari biaya pendidikan yang harus dibayarkan. Oleh karena itu, asuransi pendidikan dapat memberikan manfaat untuk mempersiapkan biaya pendidikan untuk anak di masa depan.

Salah satu produk asuransi pendidikan yang dimiliki oleh generali adalah iPLAN. Produk ini menawarkan solusi keuangan yang inovatif untuk pendidikan anak. Dengan membayar premi secara teratur, kamu dapat membantu anak untuk meraih cita-citanya.

4. Asuransi Syariah

Pernahkah kamu mendengar istilah asuransi syariah? Tahukah kamu apa itu asuransi syariah? Asuransi syariah merupakan produk asuransi yang menawarkan berbagai produk syariah yang berlandaskan syariat Islam.

Generali menawarkan berbagai macam produk asuransi syariah, salah satunya adalah iPLAN Syariah. Produk ini bekerjasama dengan Dompet Dhuafa sebagai lembaga wakaf yang sudah terpercaya. iPLAN Syariah akan memastikan manfaat berupa wakaf uang akan diserahkan dari wakaf manfaat asuransi dan investasi.

Pemegang polis dapat menyisihkan sebagian dari kontribusinya untuk ibadah pribadi. Hal ini dapat disalurkan kapanpun setiap saat atau secara kumulatif per lima tahun secara otomatis ke rekening lembaga wakaf apabila pemegang polis mengambil Wakaf Manfaat Investasi.

Setelah membaca ulasan berikut, apakah kamu sudah mendapatkan informasi tambahan mengenai asuransi? Apakah kamu tertarik untuk memiliki asuransi? Pilihlah produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Kamu akan mendapatkan manfaat dari produk asuransi apabila kamu memilih produk yang sesuai dengan kebutuhanmu.