7 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik di Masa Pandemi

Healthy Protection Rabu, 18 Mei 2022
7 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik di Masa Pandemi COVID-19.png

Proteksi kesehatan kini menjadi salah satu kebutuhan penting yang akan menjamin kenyamanan hidup. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, asuransi kesehatan jelas menjadi kebutuhan yang tak boleh terlewatkan. Agar tak salah pilih, maka perlu dilakukan pertimbangan yang tepat dalam memilih asuransi kesehatan terbaik.

Cara Menentukan Asuransi Kesehatan Terbaik Pada Masa Pandemi COVID-19

1. Pahami Kebutuhan

Tips pertama, pahami dulu seperti apa kebutuhan asuransimu dan keluarga. Setiap orang pasti akan memiliki kebutuhan dan ekspektasi yang berbeda-beda mengenai produk asuransi khususnya asuransi kesehatan. Jadi pahami dulu kebutuhannya sehingga akan lebih mudah untuk menentukan mana produk asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Percuma saja memiliki proteksi kesehatan tetapi tidak dimanfaatkan secara optimal. Agar bisa digunakan secara optimal maka asuransi tersebut harus sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, keluargamu memiliki riwayat penyakit kronis diabetes. Maka pilihlah layanan asuransi yang bisa memberikan layanan kesehatan untuk menangani penyakit kronis.

2. Pilih Perusahaan Kredibel

Jangan mudah percaya dengan penawaran asuransi yang memperlihatkan semua jenis keuntungan. Kamu tetap harus memperhatikan perusahaan asuransi yang terlibat. Pastikan kamu memilih asuransi kesehatan terbaik dari perusahaan yang kredibel. Telusuri dulu seperti apa track record perusahaan asuransi yang memberikan penawaran.

Saat ini ada banyak sekali korban penipuan asuransi yang harus menanggung banyak kerugian tanpa mendapat manfaat. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya ketelitian dalam memilih perusahaan asuransi. Mereka langsung percaya saja pada penawaran asuransi yang memberi banyak keuntungan. Padahal saat ini cukup mudah untuk menelusuri identitas perusahaan asuransi karena mudah dijangkau secara online.

3. Pastikan Jaringan Rumah Sakit Luas

Tips memilih asuransi kesehatan terbaik di masa pandemi COVID-19 berikutnya adalah dengan memperhatikan jaringan rumah sakit yang dimiliki oleh perusahaan asuransi tersebut. Sangat disarankan untuk memilih layanan asuransi kesehatan yang punya jaringan kerja sama dengan banyak rumah sakit. Jaringan yang luas ini akan mempermudah kamu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dimana saja.

Banyak orang merasa kesulitan mendapat layanan kesehatan padahal sudah memiliki asuransi. Hal ini disebabkan oleh asuransi yang mereka pilih tidak punya jaringan rumah sakit yang luas. Klaim asuransi hanya bisa dilakukan untuk lokasi rumah sakit tertentu dan ini akan membatasi dirimu untuk mendapat fasilitas kesehatan terbaik.

4. Pilih Asuransi dengan Fleksibilitas Premi

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan saat memilih layanan asuransi adalah memperhatikan fleksibilitas penentuan preminya. Jika kamu ingin membeli layanan asuransi maka kamu harus memiliki kesanggupan untuk membayar premi secara rutin. Oleh sebab itu masalah premi ini harus dipikirkan dengan cermat agar kamu bisa membayar premi secara rutin demi mendapat kemudahan klaim asuransi.

Pilihlah layanan proteksi kesehatan yang memungkinkan kamu untuk mengubah dan menentukan premi secara fleksibel. Ini akan sangat bermanfaat karena kita tidak pernah tahu kondisi keuangan di masa depan. Jika fasilitas asuransi yang dipilih memiliki fleksibilitas penentuan premi maka kamu bisa menyesuaikan besar premi sesuai dengan rencana keuanganmu di masa depan.

5. Perhatikan Cara Klaim Asuransi

Pastikan kamu memperhatikan cara atau prosedur klaim asuransi terlebih dahulu. Layanan asuransi kesehatan keluarga terbaik pasti tidak akan memberlakukan prosedur klaim yang sulit dan bertele-tele. Pilihlah layanan asuransi yang proses klaim mudah sekaligus cepat. Jangan sampai kamu dan anggota keluargamu terlambat mendapat fasilitas kesehatan karena klaim asuransi yang rumit.

Sebelum menyetujui pembelian asuransi, kamu biasanya akan diminta untuk mempelajari polis terlebih dahulu. Polis ini akan berisi aturan lengkap mengenai layanan asuransi yang akan dibeli. Termasuk di dalamnya prosedur klaim asuransi saat dibutuhkan. Pastikan prosedurnya mudah dan cepat sehingga manfaat dari asuransi ini bisa dirasakan secara optimal.

6. Cek Masa Tunggu Asuransi

Perlu diketahui bahwa pada layanan asuransi biasanya terdapat masa tunggu atau waiting period. Masa tunggu ini berlaku untuk beberapa jenis penyakit tertentu sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan asuransi. Masa tunggu ini bisa bervariasi, mulai dari 6 sampai 12 bulan. Tentu saja terlalu lama masa tunggu akan membuat kamu semakin kesulitan untuk mendapat layanan kesehatan.

Sangat disarankan untuk cek dulu masa tunggu asuransi yang diberlakukan. Aturan masa tunggu ini harus dipertimbangkan agar kamu bisa mendapatkan fasilitas asuransi terbaik yang mudah dan cepat didapatkan. Pilihlah produk asuransi dengan masa tunggu yang singkat. Semakin singkat masa tunggunya maka akan semakin cepat pula kamu menikmati semua manfaat dari sebuah layanan asuransi.

7. Buatlah Perbandingan

Jangan langsung percaya pada satu penawaran produk asuransi. Kamu sebaiknya mencari penawaran lain dan membuat perbandingan dari dua atau lebih penawaran produk asuransi yang kamu dapatkan. Hal ini mungkin membutuhkan waktu namun sangat efektif untuk membantu kamu mendapatkan produk asuransi yang berkualitas. Peluang untuk mendapatkan layanan asuransi yang menguntungkan juga lebih besar.

Apa saja yang perlu dibandingkan? Lihat kembali apa saja fasilitas yang di-cover oleh layanan asuransi tersebut. Pastikan kamu memilih produk yang bisa memberikan manfaat asuransi kesehatan paling optimal. Selain itu bandingkan juga premi dan prosedur klaim yang diberlakukan. Pastikan kamu menggunakan produk asuransi yang fleksibel serta prosedur klaim yang dibutuhkan tidak ribet.

Itulah tadi 7 tips memilih asuransi kesehatan terbaik di masa pandemi COVID-19. Di masa pandemi seperti sekarang, layanan asuransi akan menjadi sebuah kebutuhan pokok yang sangat penting untuk dipenuhi. Dengan adanya layanan asuransi, kamu bisa merasa lebih tenang. Pilihlah layanan asuransi dari Generali Indonesia untuk mendapatkan kenyamanan akses fasilitas kesehatan saat dibutuhkan.