Jadi Agen Asuransi? Cara Tepat Mendapatkan Penghasilan Tambahan!

Healthy Protection Senin, 11 Juli 2022
Jadi Agen Asuransi? Cara Tepat Mendapatkan Penghasilan Tambahan!.jpg

Produk asuransi semakin banyak ditawarkan di Indonesia. Kamu juga bisa loh berkarir di industri asuransi untuk penghasilan yang menjanjikan. Apabila Kamu tertarik untuk mendapatkan penghasilan tambahan, menjadi agen asuransi mungkin bisa menjadi pilihan yang menarik.

Kinerja agen yang baik sangat dibutuhkan oleh perusahaan asuransi untuk mendapatkan keuntungan dan nasabah yang lebih banyak. Lalu, apa didapatkan oleh seorang agen yang bekerja pada perusahaan asuransi? Berikut ulasannya.

Agen asuransi 

Agen dalam industri asuransi merupakan salah satu profesi yang bertugas untuk memasarkan jasa atau produk asuransi dengan atas nama perusahaan asuransi tertentu. Profesi ini bekerja sendiri atau mandiri maupun bekerja pada perusahaan asuransi.

Seorang agen menjadi perantara pengguna asuransi dengan perusahaan penyedia asuransi. Profesi ini juga membuatkan kesepakatan antara nasabah dan perusahaan asuransi. Agen yang ingin bekerja secara profesional biasanya hanya bekerja untuk satu perusahaan saja.

Tugas agen asuransi

Karir sebagai agen di perusahaan asuransi tentu memiliki tanggung jawab dan tugas yang harus dijalankan. Agen tidak hanya bekerja memasarkan jasa asuransi tetapi juga harus menjaga kredibilitas nama perusahaan asuransi. Berikut beberapa tugas seorang agen yang bekerja di perusahaan asuransi.

  • Tugas dari perusahaan

Seorang agen mengembang tanggung jawab atas perusahaan asuransi tempatnya bekerja. Jika Kamu bekerja di posisi agen, maka perlu tahu target pencapaian yang harus dipenuhi. Target penjualan ini menjadi tugas utama seorang agen yang harus diselesaikan.

  • Tugas dan tanggung jawab terhadap nasabah

Agen akan menawarkan produk asuransi langsung kepada calon nasabah. Memberikan konsultasi dan membantu nasabah untuk mendaftar asuransi sesuai keinginan. Setelah terdaftar, agen tidak boleh lepas begitu saja tetapi sebaiknya tetap menjaga komunikasi dengan nasabah dan bisa menjadi sosok yang solutif.

  • Tugas dan tanggung jawab pada diri sendiri

Berkarir di industri asuransi, menuntut agen untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Pengembangan secara formal biasanya dilakukan dalam bentuk pelatihan. Jadi Kamu akan dilatih bagaimana cara meningkatkan skill untuk memasarkan produk asuransi dan juga softskill untuk pengembangan diri.

  • Tugas dan tanggung jawab pada masyarakat

Seorang agen memiliki tanggung jawab pada masyarakat untuk menyampaikan informasi yang benar dan valid terkait produk asuransi yang ditawarkan. Informasi yang disampaikan harus sesuai dengan aturan perusahaan asuransi tanpa rekayasa untuk keuntungan pribadi.

Kualifikasi yang dibutuhkan

Menjadi agen dari perusahaan asuransi membutuhkan skill atau kemampuan tertentu. Berikut beberapa kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan asuransi untuk posisi agen.

  • Penguasaan layanan asuransi

Tugas Kamu nantinya adalah menawarkan produk dan layanan asuransi. Jadi secara otomatis Kamu juga harus bisa menguasai produk asuransi dari perusahaan. Apabila ada calon nasabah yang bertanya atau berkonsultasi, Kamu bisa memberikan jawaban dan solusi yang dibutuhkan.

  • Kemampuan komunikasi yang baik

Kualifikasi yang sangat dibutuhkan pada banyak perusahaan asuransi adalah kemampuan berkomunikasi yang baik. Kamu harus bisa menyampaikan informasi dengan jelas dan membuat calon nasabah tertarik dengan produk yang Kamu tawarkan.

  • Kegigihan

Memasarkan suatu produk memerlukan kegigihan yang besar, tidak terkecuali untuk produk asuransi. Kamu harus siap untuk bekerja keras mencari nasabah untuk mencapai target yang sudah disepakati. Semakin gigih seorang agen, akan semakin besar peluangnya untuk mendapatkan nasabah baru.

  • Kecerdasan emosional

Selain kemampuan komunikasi, perusahaan asuransi biasanya akan mencari agen yang memiliki kecerdasan emosional yang baik. Seseorang dengan kecerdasan emosional akan lebih mudah untuk akrab dengan calon nasabah. Mereka bisa membuat calon nasabah layaknya keluarga bukan hanya agen dan konsumen.

Syarat menjadi agen

Pekerjaan agen mungkin tergolong fleksibel, namun tuntutan profesi di industri asuransi ini tidak main-main. Ada aturannya untuk bisa bekerja sebagai agen. Pada umumnya, perusahaan asuransi mengatur syarat menjadi agen dengan beberapa ketentuan seperti berikut.

  • Mendaftar

Setiap perusahaan asuransi tentunya menyediakan posisi agen untuk semua masyarakat yang tertarik dengan cara mendaftarkan diri. Biasanya untuk setiap agen akan difokuskan untuk satu produk asuransi saja seperti asuransi kesehatan, asuransi barang mewah, asuransi hari tua, dan lainnya.

  • Memilih satu perusahaan asuransi

Sesuai ketentuan, Kamu hanya boleh bekerja pada satu perusahaan asuransi. Kamu bisa memilih perusahaan yang kredibel dan menawarkan benefit sesuai target. Jika tertarik dengan suatu perusahaan, Kamu bisa mengundurkan diri dari perusahaan asuransi sebelumnya untuk mendaftar di perusahaan yang baru.

  • Memiliki sertifikat

Pekerjaan agen yang menawarkan produk asuransi tidak sembarangan. Kamu harus memiliki sertifikat terlebih dahulu untuk bisa menjadi agen. Sertifikat ini biasanya diperoleh dari pelatihan-pelatihan yang sudah diikuti.

Penghasilan agen

Jika Kamu tertarik untuk menjadi agen, bisa mendaftar di Generali Indonesia. Keuntungan menjadi agen di perusahaan asuransi ini adalah Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu juga berperan aktif untuk membantu keluarga dan masyarakat untuk memiliki jaminan masa depan yang lebih baik.

Penghasilan seorang agen pada umumnya sesuai dengan besaran komisi yang sudah disepakati dengan perusahaan asuransi. Semakin besar penjualan yang dilakukan, semakin besar komisi yang akan didapatkan.

Itulah beberapa informasi yang perlu Kamu ketahui untuk menjadi agen asuransi. Profesi ini bisa menjadi pilihan untuk Kamu yang membutuhkan penghasilan tambahan. Pekerjaan lebih fleksibel dan Kamu akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan.

Tertarik dengan profesi ini, silahkan kunjungi https://www.generali.co.id/id/hubungi-kami untuk peluang karir di industri asuransi. Semua informasi mengenai produk asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan peluang karir dapat dicek pada situs tersebut.