Berjalannya waktu rasanya semakin hari semakin cepat. Tidak terasa tiba-tiba kita memasuki pergantian tahun. Hal ini menjadi tanda bahwa kamu juga semakin tua setiap harinya dan semakin dekat juga untuk memasuki usia pensiun.

Setelah bertahun-tahun kamu bekerja keras dan melakukan hal-hal produktif, semua ini akan usai pada masanya. Kamu akan dihadapkan pada kenyataan bahwa ketika kamu memasuki masa pensiun, kamu tidak lagi menerima penghasilan bulanan seperti yang kamu dapatkan dulu.

Memasuki masa pensiun membutuhkan kesiapan mental yang harus kamu persiapkan dari jauh-jauh hari. Selain kamu yang tiba-tiba tidak mendapat penghasilan, kamu juga akan dikagetkan dengan kegiatan yang lebih longgar. Jika dulu kamu sibuk dan produktif, ketika pensiun kamu akan bebas dari aktivitas dan rutinitas kamu sebelumnya.

Selain mempersiapkan diri secara mental, hal yang sangat penting untuk kamu siapkan adalah kondisi finansial kamu. Dengan tidak memiliki penghasilan lagi, menyiapkan dana pensiun akan bermanfaat untuk kamu dimasa depan.

Nah pada artikel kali ini, kami akan memberikan alasan mengapa penting untuk menyiapkan asuransi dana pensiun sedini mungkin. Simak ya!

1. Masalah kesehatan yang rentan menyerang pada usia tua

Tidak ada orang di dunia ini yang ingin menjalani masa  tua dengan kondisi sakit-sakitan. Tentu saja setiap orang menginginkan untuk hidup di masa tua dengan kondisi yang sehat sehingga dapat hidup tenang dan dapat menjalani masa tuanya dengan keluarga dan cucu tersayang. Namun, seperti yang kita tau, semakin tua usia manusia, maka semakin rentan juga ia terkena penyakit karena kondisi kesehatan sudah pasti akan menurun.

Jika kamu tetap sehat dan bugar di masa tua, itu hal yang sangat patut kamu syukuri. Tetapi, sebagai bentuk antisipasi, tidak ada salahnya untuk kamu menyiapkan tabungan masa tua sejak dini. Tabungan masa tua ini dapat kamu gunakan jika seandainya kamu terserang penyakit dan membutuhkan perawatan medis. Biaya rumah sakit yang kerap meningkat juga menjadi alasan betapa pentingnya memiliki tabungan hari tua.

2. Tabungan dapat membuat kamu mandiri dan tidak merepotkan anak

Tidak ada orang tua yang ingin menyusahkan anaknya. Dan memiliki tabungan hari tua dapat membantu kamu menghindari hal tersebut. Memasuki masa pensiun, kesehatan kamu tentu akan menurun dan hal ini menyebabkan kamu tidak bisa lagi bekerja.

Dengan tidak bekerja, kamu pun tidak akan menerima penghasilan tetap. Maka dari itu, memiliki tabungan pensiun menjadi hal yang cukup penting sebagai bekal kamu memasuki masa tua. Kamu tidak perlu harus merepotkan anak kamu yang sudah memiliki tanggungannya sendiri.

Hal seperti ini cukup penting dihindari demi tidak terjadinya sandwich generation. Sandwich generation adalah sebutan yang diberikan kepada seseorang yang harus memenuhi kebutuhan ekonomi banyak pihak dalam waktu bersamaan. Mencakup dari diri sendiri, keluarga intinya dan juga orang tuanya.

3. Tabungan hari tua dapat menjadi bentuk investasi

Tabungan diketahui memiliki bunga yang relatif lebih kecil dibandingkan produk simpanan lainnya. Kekurangan ini menyebabkan pertambahan saldo tabungan kamu menjadi sangat lambat dan juga kecil. Namun, satu hal yang pasti dari tabungan adalah keamanannya karena tabungan disimpan di bank dan mendapatkan jaminan dari pemerintah melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan mengacu pada undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Hal ini berarti kamu dapat menabung dengan rutin dan tentunya aman tanpa harus merasa khawatir dana yang telah kamu tabung itu dapat hilang atau lenyap secara tiba-tiba. Selain itu, jika kamu merupakan orang yang tidak minat melakukan investasi, memiliki tabungan merupakan hal yang cocok untuk kamu.

4. Menabung dalam bentuk asuransi dan rasakan banyak manfaatnya

Salah satu cara mengantisipasi terjadinya hal-hal tidak terduga di masa tua adalah dengan memiliki polis asuransi. Belilah produk asuransi kesehatan yang dapat menanggung biaya medis yang kamu perlukan ketika terkena penyakit. Dengan asuransi kesehatan, kamu tidak perlu khawatir untuk mengambil uang dari tabungan yang telah kamu siapkan.

Selain asuransi kesehatan, produk asuransi lainnya yang dapat kamu beli tentunya asuransi pensiun. Salah satu manfaat memiliki asuransi tua yang paling menarik adalah kamu akan mendapatkan uang pertanggungan ketika memasuki masa pensiun hingga kamu meninggal dunia.

Uang pertanggungan ini dapat kamu terima setiap bulan, tergantung dengan kesepakatan antara kamu dan perusahaan asuransi. Premi yang harus kamu bayarkan umumnya akan menentukan nominal tanggungan yang akan kamu terima. Maka dari itu, jika kamu memiliki asuransi pensiun sedini mungkin, maka tanggungan yang akan kamu dapatkan nanti semakin besar pula.

Itulah beberapa alasan pentingnya memiliki tabungan yang dapat kamu gunakan pada masa pensiun kamu. Tabungan ini dapat kamu gunakan sebagai jaring pengaman dan dapat kamu manfaatkan untuk mewujudkan mimpi-mimpi kamu di masa muda. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Bagikan
suka artikel ini :