Produktivitas karyawan bergantung pada kesehatan dan lingkungan dirinya. Memang betul jika kedua hal ini bukanlah faktor utama. Namun, tatkala satu dari keduanya terganggu, kinerja karyawan juga akan tersendat.

 

Secara umum, perusahaan-perusahaan swasta sudah berkontribusi dalam hal perlindungan kesehatan karyawannya, akan tetapi, hanya sedikit yang sudah membantu menopang aspek lingkungannya. Misalnya soal dana pensiun. Padahal, mendorong dan menyediakan medium untuk dana pensiun karyawan itu bisa memberikan dampak positif bagi perusahaan. Ketiga di antaranya adalah:

  1. Perusahaan berkewajiban untuk membayarkan pesangon pascakerja

Sesuai dengan UU 13/2003 tentang ketenagakerjaan, bahwa cepat ataupun lambat, perusahaan atau pihak pemberi kerja pasti akan sampai pada kewajiban membayarkan imbalan pascakerja, baik karena alasan pensiun, atau pemutusan hubungan kerja.Jika dananya tak dipersiapkan dengan baik terlebih dahulu, maka akan bisa menjadi masalah karena nilainya akan semakin besar setiap tahunnya. Mengandalkan iuran JHT dan JP pun menjadi tak cukup lagi.

  1. Menjadi nilai tambah perusahaan dan meningkatkan loyalitas karyawan

Bukan rahasia lagi jika persentase karyawan berkualitas sangatlah kecil. Untuk itulah, memikat dan berhasil mempertahankan satu pekerja seperti ini adalah pekerjaan yang cukup sulit bagi perusahaan. Nah, menyediakan medium dana pensiun bagi karyawan merupakan salah satu cara yang dapat perusahaan lakukan demi terus memiliki karyawan berkualitas.

Coba bayangkan, jika sebuah perusahaan mengalami turnover yang besar lantaran karyawan keluar masuk. Bahkan saat karyawan itu terlihat stres ketika ia akan berangkat kerja pun bisa menjadi indikasi bahwa perusahaan tempat ia bekerja kurang nyaman. Memang bisa banyak penyebabnya, tapi persentase terbesar karyawan stres di kantor adalah karena masalah keuangan pribadi mereka.

Bisa jadi juga salah satu masalah keuangan pribadi yang sedang membuat para karyawan gundah adalah tidak adanya jaminan pensiun bagi diri mereka. Menurut Vermillion Financial Advisors, Inc. pun, menyediakan medium dana pensiun karyawan berarti dapat mengurangi biaya pergantian karyawan atau turnover cost.

  1. Menghindari masalah arus kas perusahaan

Bayangkan jika secara mendadak perusahaan harus memberikan pesangon pada karyawan yang harus berhenti bekerja mendadak. Jika dananya tidak dipersiapkan sejak dini, bisa-bisa perusahaan harus mengambil dana dari kas kantor.Jika cash flow terganggu, maka pastinya efek terburuk bisa terjadi, bukan? Salah satu cara paling baik adalah memisahkan dana yang dialokasikan sebagai dana pascakerja, termasuk di dalamnya adalah dana pensiun, dan harus sudah dipersiapkan sejak dini.Itulah dia 3 alasan sekaligus benefit bagi perusahaan yang menyediakan medium dana pensiun bagi setiap karyawannya.

Bila Anda sedang mencari program DPLK untuk karyawan perusahaan Anda, DPLK Generali Indonesia bisa jadi solusi untuk Anda. Berpengalaman dalam melayani klien korporasi di seluruh Indonesia, DPLK Generali terus mengutamakan proses yang memberikan kemudahan serta menyediakan fitur-fitur inovatif yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Untuk memastikan kepuasan Anda dan karyawan Anda, kami menghadirkan layanan bernilai tambah yang didukung oleh fasilitas yang memberikan berbagai kenyamanan, antara lain biaya kompetitif dan fleksibel, key account management untuk melayani kebutuhan perusahaan Anda, serta platform berbasis multi-digital untuk mengakses informasi rekening dengan mudah.

Dengan bergabung dengan DPLK Generali, karyawan Anda juga dapat menikmati berbagai fitur aplikasi Gen iClick® antara lain melakukan konsultasi medis virtual dengan gratis kapan saja, penarikan dana secara online dari akun DPLK Generali, pengajuan dan pemantauan klaim online, serta pengecekan rekening dan kinerja investasi secara online. Semua ini dapat diakses dengan mudah hanya dari ponsel!

Silakan kunjungi website resmi Generali Indonesia untuk informasi lebih lanjut tentang DPLK Generali Indonesia.

 

Baca article lainnya tentang pengelolaan keuangan karyawan:

Cara Tepat Bagi Karyawan Kelola Pendapatan Untuk Dana Masa Depan Lebih Optimal

Kembangkan Dana Masa Depan Lebih Optimal Di Masa New Normal

 

Bagikan
suka artikel ini :