Asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, siapapun tentu mengenal produk keuangan ini. Namun, sebagian orang banyak yang masih belum memahami apa perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan tersebut. Pasalnya asuransi ini memang sama-sama berbicara soal perlindungan diri dari ancaman penyakit, namun sebenarnya ini adalah dua hal yang berbeda. Agar menghindari kesalahan dalam memilih asuransi, ada baiknya jika menyimak terlebih dahulu mengenai apa saja perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan dari beberapa aspek berikut ini.

Pengertian Asuransi Jiwa Dan Kesehatan

Untuk mengetahui perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan, pertama-tama kamu perlu mengetahui pengertiannya terlebih dahulu.

●        Asuransi jiwa: Asuransi jiwa memberikan pertanggungan atas risiko kematian sesuai dengan kesepakatan yang telah diatur dalam polis yang ditandatangani oleh kedua belah pihak, yaitu pihak pemegang polis atau tertanggung dengan perusahaan asuransi atau penanggung risiko. Untuk biaya premi, biasanya akan ditentukan pada usia kamu. Semakin tua maka uang preminya pun akan semakin tinggi dan begitupun sebaliknya.

●        Asuransi kesehatan: Asuransi kesehatan digunakan ketika tertanggung mengalami gangguan kesehatan atau kecelakaan, lalu menanggung biaya pengobatan dan perawatan di rumah sakit sesuai dengan ketentuan pada polis. Sementara besaran preminya nanti, tergantung pada riwayat kesehatan kamu sebagai tertanggung. Jika saat melakukan pengecekan kesehatan secara menyeluruh ditemukan risiko tinggi, maka biaya preminya pun akan semakin besar.

Manfaat Asuransi Jiwa Dan Kesehatan

Terdapat perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan dari segi manfaat yang bisa didapatkan oleh tertanggung yaitu:

●        Asuransi jiwa: manfaat asuransi jiwa yaitu jika kamu memiliki pengaruh secara finansial dan meninggal dunia, maka penerima manfaat asuransi adalah anggota keluarga yang masih hidup atau ahli waris. Asuransi jiwa dapat digunakan jika tertanggung mengalami kecelakaan hingga meninggal atau cacat tetap total. Jumlah pengembalian uang pertanggungan yang diberikan oleh pihak asuransi bisa mencapai 100% hingga 200% atas segala kejadian sakit atau kecelakaan yang menyebabkan terjadinya risiko meninggal dunia.

 

●        Asuransi kesehatan: manfaat yang dapat didapatkan adalah jika terjadi risiko tindakan operasi, rawat inap di rumah sakit, rawat jalan, perbaikan masalah gigi, biaya persalinan hingga obat-obatan dan biaya pemeriksaan laboratorium. Sederhananya, asuransi kesehatan melindungi semua biaya yang dibebankan kepada tertanggung terkait dengan biaya kesehatan.

Tertanggung asuransi kesehatan juga sebenarnya cukup membayar premi yang relatif kecil untuk memperoleh keuntungan yang besar. Pasalnya, seseorang atau perusahaan dapat memindahkan ketidakpastian atas hidup dan harta bendanya yang termasuk risiko ke perusahaan asuransi.

Jadi pada intinya, seseorang yang mau memiliki asuransi jiwa bertujuan melindungi keluarganya dari risiko kehilangan penghasilan. Sedangkan, seseorang yang mau memiliki asuransi kesehatan bertujuan menghindari dirinya sendiri atau keluarga dari beban biaya perawatan yang mahal di rumah sakit.

Jenis Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan juga terletak pada  jenis-jenis yang ditawarkan kepada nasabah. Masing-masing jenis asuransi dirancang dengan mempertimbangkan profil serta kebutuhan setiap masyarakat. Berikut di antaranya:

●          Jenis Asuransi Jiwa

1.         Asuransi jiwa berjangka

Asuransi jenis ini disebut jg term life insurance. Asuransi ini bisa memberikan perlindungan dalam periode waktu yang telah disepakati antara perusahaan asuransi dan tertanggung.

2.         Seumur hidup

Asuransi yang disebut juga dengan whole life insurance ini memiliki sistem untuk memberikan perlindungan kepada tertanggung selama hidup tertanggung hingga umur 99 atau 100 tahun. Sehingga jika polisnya selalu aktif maka pihak tertanggung bisa mendapatkan perlindungan.

3.         Dwiguna

Asuransi ini dapat memberikan perlindungan dan juga tabungan yaitu memberikan cakupan perlindungan atas kematian atau cacat tetap dan untuk bagian tabungannya, asuransi ini berguna untuk mengumpulkan dana yang bisa digunakan di kemudian hari untuk investasi dan pendidikan anak hingga hari tua.

4.         Unit link

Perbedaannya terdapat pada fungsi investasi. Premi yang dibayarkan setiap bulannya, selain untuk melindungi jiwa juga bisa digunakan sebagai modal investasi oleh perusahaan asuransi.

 

●          Jenis Asuransi Kesehatan

1.         Asuransi kesehatan murni

Asuransi kesehatan murni yaitu bentuk asuransi berupa perlindungan terhadap kesehatan yang ada di polis, sehingga saat kamu merasa cocok maka kamu bisa melanjutkan dan perpanjang. Namun jika apabila kamu merasa tidak nyaman maka kamu bisa berhenti dari layanan asuransi ini saat masa berlakunya sudah habis. Jadi total premi yang telah dibayarkan per bulan hanya untuk menjamin kesehatan saja, bukannya sebagai investasi.

2.         Produk dengan investasi

Manfaat asuransi ini tidak hanya untuk menjamin kesehatan saja, namun kamu juga bisa mencairkan sejumlah uang untuk program biaya di hari tua.

Tata Cara Perolehan Manfaat Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Masih ada lagi perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan. Kali ini, perihal tata cara perolehan manfaat atau klaim. Ada beberapa prosedur yang membedakan, antara lain meliputi:

●          Asuransi Jiwa

  1. Mengisi formulir klaim asuransi jiwa

  2. Menyerahkan polis dan addendum polis yang asli

  3. Menyerahkan surat keterangan dokter yang memberikan keterangan baik jika terkena penyakit kritis, cacat tetap total atau penyebab kematian

  4. Menyerahkan surat keterangan meninggal dari pamong praja

  5. Menyerahkan surat keterangan kecelakaan dari polisi jika penyebab kematian akibat kecelakaan

  6. Menyerahkan surat keterangan jenazah dari rumah sakit atau dinas kesehatan jika tertanggung sempat dibawa ke rumah sakit

Setelah semua dokumen di atas sudah diberikan kepada pihak asuransi, maka kamu akan mendapatkan uang penggantian kepada salah satu anggota keluarga yang ditunjuk sebagai ahli waris.

Tapi ada beberapa pengecualian yang bisa menyebabkan uang pertanggungan tidak bisa keluar, seperti jika kematian terjadi karena tertanggung melakukan kejahatan atau karena percobaan bunuh diri. Keterangan mengenai pengecualian dapat dibaca pada polis yang diberikan perusahaan asuransi.

●          Asuransi Kesehatan

1.      Sistem kartu (cashless)

Dengan menggunakan sistem ini, tertanggung tersebut, akan dimasukkan data limit uang pertanggungan yang dimiliki oleh tertanggung selama periode yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan sistem ini, pastinya kamu jauh lebih mudah dan praktis karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang lagi saat melakukan rawat inap di rumah sakit ataupun saat melakukan rawat jalan.

2.      Sistem penggantian (reimbursement)

Sistem ini kebalikannya dari sistem kartu dimana kamu harus membayar biaya rawat inap atau pun biaya rawat jalan terlebih dahulu, setelah itu bukti pembayaran yang didapatkan dari rumah sakit ataupun tempat berobat bisa diserahkan kepada pihak asuransi untuk dicek dan jika data yang diberikan benar-benar valid maka perusahaan asuransi akan melakukan uang penggantian ke rekening yang telah didaftarkan.

Itulah perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan mana yang lebih penting dan bermanfaat untuk kamu saat ini. Namun ada baiknya jika harus memilih berdasarkan dengan kebutuhan, misalnya apakah kamu sudah berkeluarga dan menjadi pihak satu-satunya yang mencari nafkah maka kamu bisa memilih untuk mendaftar asuransi jiwa. Atau kamu ingin memiliki perlindungan dari ketidakpastiannya penyakit yang bisa timbul kapan saja sehingga nantinya kamu tidak khawatir akan merepotkan keluarga dari segi keuangan maka kamu bisa mendaftar asuransi kesehatan.

Atau mungkin kamu ingin memiliki kedua-duanya? Tentunya bisa. Namun sebelum itu, pastikan terlebih dahulu jika anggaran untuk membayar premi asuransi telah tersedia dan tidak akan menyulitkan kamu dalam kehidupan sehari-hari baik saat ini atau pun di masa yang akan datang. Namun meski terdapat perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan, kamu tetap bisa mendapatkan suatu kepastian yaitu rasa tenang dan juga menutup segala risiko kerugian finansial yang ada.

Untuk mengetahui selengkapnya mengenai perbedaan asuransi  asuransi jiwa dan kesehatan, kamu bisa menghubungi Generali, perusahaan penyedia asuransi terbaik dan terpercaya dan siap melindungi kamu dari segala ketidakpastian yang ada dan dapatkan manfaatnya secara maksimal!

 

Bagikan
suka artikel ini :