Asuransi kesehatan keluarga sangatlah penting. Saat kamu masih single saja, penting sekali untuk mempunyai perlindungan kesehatan, apalagi bila sudah menikah dan sudah punya anak atau merencanakan program kehamilan. Karena itulah, saat akan memulai polis asuransi ini, ada berbagai macam hal yang perlu diperhatikan.

Masuk tahun ketiga pandemi Coronavirus COVID-19 berlangsung, perlindungan kesehatan makin penting bagi semua orang

Bila di masa-masa sebelum pandemi, kebanyakan orang Indonesia cenderung meremehkan kegunaan asuransi kesehatan, saat ini semakin banyak warga +62 makin sadar bahwa punya perlindungan kesehatan yang memadai itu sangatlah penting.

Bukan hanya seputar risiko COVID-19 saja, tapi juga berbagai penyakit lain yang marak terjadi dewasa ini, jadikan masyarakat Indonesia semakin waspada akan kepentingan punya asuransi di tengah pandemi.

Selama pandemi, pencetus penyakit di antaranya oleh karena faktor stres. Faktanya, memang saat pandemi, banyak dari kita alami kesepian sampai gaya hidup yang kian sedentari alias mager disebabkan berbagai pembatasan sosial dari pemerintah.

Berbagai faktor ini pun kemudian sebabkan penyakit lain mulai dari diabetes, sakit jantung, berbagai gangguan hormon, masalah kardiovaskuler, bermacam kanker, sampai beragam jenis penyakit auto imun.

Bagaimana memastikan bahwa asuransi kesehatan yang dimiliki sudah cukup?

Bicara soal keluarga, artinya bicara tentang orang-orang tersayang yang penting bagi kita. Untuk selalu pastikan mereka terlindungi dalam keadaan yang bagaimanapun juga, kita harus pastikan bahwa asuransi kesehatan yang kita miliki sudah cukup untuk meng-cover seluruh anggota keluarga dengan baik di masa depan.

Bagaimana cara memilih polis asuransi yang tepat untuk keluarga? Sesuai kebutuhan dan preminya pun terjangkau?

Mudah saja. Dengan menanyakan pertanyaan yang penting kepada agen asuransi sebelum mulai membeli polis tersebut.

Cermati ketentuan polis sebelum memulai kontrak

Di bawah ini beberapa hal penting yang harus diketahui sebelum memulai kontrak polis asuransi:

1. Apakah polis ini merupakan polis pribadi / individu atau polis yang mencakup seluruh keluarga?

Ada dua jenis asuransi berdasarkan penerima manfaatnya:

  • Polis asuransi pribadi / individu, yang seperti namanya, jelas hanya memberikan pertanggungan untuk SATU orang saja – yaitu orang yang namanya tertera di buku polis sebagai pemilik dan tertanggung;
  • Polis asuransi keluarga, yang sesuai namanya pula, memberikan pertanggungan untuk sekeluarga, yaitu, selain orang yang namanya tertera di buku polis sebagai pemilik dan tertanggung, juga orang-orang yang merupakan keluarga langsung / dependen dari orang tersebut – biasanya dibuktikan dengan buku nikah untuk pasangan, serta kartu keluarga untuk yang sudah punya anak.

 

2. Apa saja jenis penyakit dan kondisi kesehatan yang ditanggung oleh polis tersebut?

Setiap polis punya syarat dan ketentuannya masing-masing. Demikian pula dengan jenis-jenis penyakit serta kondisi kesehatan yang menjadi tanggungan polis tersebut.

Sebagai gambaran, umumnya, polis kesehatan yang ideal adalah yang memberikan manfaat pertanggungan mulai dari biaya sebelum dan sesudah rawat inap. Termasuk biaya UGD, tes laboratorium, biaya transportasi dengan ambulans, obat yang diresepkan, biaya-biaya operasi, kunjungan / visite dokter spesialis, berbagai biaya scan / X-Ray, perawatan di kamar inap, maupun biaya-biaya lain yang mungkin timbul sehubungan pengobatan.

 

3. Apa saja kondisi kesehatan yang tidak dimasukkan ke dalam pertanggungan polis tersebut?

Semua polis asuransi kesehatan umumnya juga memiliki daftar kondisi kesehatan yang tidak dimasukkan ke dalam pertanggungan polis tersebut, seperti misalnya cedera atau kecelakaan yang diakibatkan oleh penggunaan obat-obat terlarang atau overdosis alkohol, atau terluka karena perbuatan sendiri (seperti percobaan bunuh diri).

Lebih lanjutnya, polis pada umumnya punya periode / masa tunggu tertentu yang harus dilalui terlebih dulu sebelum dapat memberikan pertanggungan akan beberapa penyakit tertentu.

 

4. Berapa besaran premi bulanan (atau tahunan) yang harus dibayarkan?

Premi bulanan adalah jumlah dana yang harus disetorkan setiap bulannya – atau setiap tahunnya – untuk terus menjaga agar polis tetap aktif dan pertanggungan efektif dapat digunakan kapan saja dibutuhkan.

 

5. Apa yang menentukan besarnya premi bulanan (atau tahunan) yang harus disetor?

Premi bulanan (atau tahunan) yang harus disetor, besarnya sangat tergantung profil si tertanggung sendiri.

Faktor penentu besaran premi antara lain: usia, riwayat kesehatan, keturunan penyakit berat dari orangtua / keluarga dekat, kondisi kesehatan saat ini serta hal-hal seperti berat badan, perokok atau tidak, peminum alkohol atau tidak.

Semakin muda usia tertanggung saat memulai polis, dan semakin baik historis kesehatan yang dimiliki, semakin rendah pula premi yang harus dibayarkan dan semakin besar pula manfaatnya.

Inilah alasan mengapa, memulai asuransi kesehatan sebaiknya dilakukan saat masih di usia semuda mungkin sebelum terkena penyakit apapun.

 

6. Berapa besarkah jumlah pertanggungan atau dana coverage yang dibayarkan asuransi atau dapat diklaim oleh tertanggung?

Besarnya jumlah pertanggungan atau dana manfaat yang akan dibayarkan asuransi atau dapat diklaim saat pemegang polis jatuh sakit dan dirawat, sangat tergantung oleh rencana asuransi dan porsi / persentase manfaat asuransi tersebut di dalam ketentuan kontrak polisnya.

Ada asuransi yang seratus persen memberi manfaat kesehatan, ada juga yang memberi gabungan manfaat kesehatan, asuransi jiwa dan investasi.

Untuk menentukan manfaat apa saja yang paling cocok untuk kamu dan keluarga, sebaiknya berkonsultasilah dengan agen Generali yang langsung menanganimu sebagai nasabah.

 

7. Saat dirawat, apakah saya harus tetap mengeluarkan dana dulu dari tabungan saya sendiri?

Ini juga sangat tergantung pada perencanaan polismu.

Ada asuransi yang mengharuskan pasien membayar dulu semua biaya pengobatan, untuk kemudian mengajukan klaim reimburs / penggantian dana, ada juga asuransi yang bersifat cashless, artinya, kamu tak perlu mengeluarkan dana pengobatan dari kantongmu sendiri – cukup memberikan data asuransi, lalu semua biaya akan ditanggung oleh pihak asuransi.

 

8. Apakah saya bisa memilih dan menentukan sendiri rumah sakit dan dokter spesialis yang saya inginkan saat berobat?

Hal ini pun tergantung pada perencanaan polismu. Berbagai polis Generali Indonesia saat ini memungkinkan kamu sebagai nasabah pemegang polis, untuk dapat bebas memilih dan menentukan sendiri rumah sakit serta dokter yang kamu inginkan saat menjalani pengobatan.

Biasanya, daftar rumah sakit rekanan asuransi yang paling ter-update akan diberikan oleh agen secara berkala kepada para nasabahnya.

 

9. Bagaimana caranya mengajukan klaim?

Proses mengajukan klaim di Generali sangat mudah!

Generali Indonesia punya aplikasi yang bernama Gen iClick – layanan digital nasabah Generali ini merupakan aplikasi digital yang memudahkan nasabah untuk menjangkau segala layanan Generali lebih dekat, lebih mudah dan lebih cepat. Nasabah dapat memperoleh informasi data polis serta mengakses layanan lengkap, termasuk di dalamnya, untuk mengajukan klaim secara online dan tracking status klaim.

 

10. Apakah polis asuransi saya dapat dimodifikasi sesuai keperluan bila sewaktu-waktu situasi keluarga berubah di masa depan?

Tentu saja! Bicarakan hal ini dengan agen Generali ya, untuk selalu mendapatkan solusi perlindungan yang paling tepat dan paling sesuai dengan profilmu serta keluarga.

 

Let's BeSMART and protect yourself

Tahun 2022 sudah di depan mata. Tahun ketiga kita hidup dalam masa pandemi, yuk, jadi orang pintar yang paham akan pentingnya memberikan perlindungan masa depan, lewat asuransi kepada kamu dan keluarga tercinta.

Sekarang, berinvestasi bisa dengan cara yang lebih SMART – bersama Generali Indonesia. Di awal tahun 2022, Generali Indonesia meluncurkan BeSMART, produk keren dengan terobosan terbaru, yaitu unit link dengan premi kembali 100%. Sebagai unit link, BeSMART besutan Generali bisa ditambah dengan benefit atau manfaat ekstra, seperti pertanggungan kesehatan atau penyakit kritis. So, ini saatnya untuk melindungi diri sendiri dan keluarga, let's BeSMART from now!

Masih bingung? Kamu bisa berkonsultasi dengan Agen Generali yang terdekat di kotamu, lewat tautan berikut ini.

Bagikan
suka artikel ini :