Kamu yang sudah berkeluarga pastinya sangat menyayangi dan ingin setiap anggota keluarga bisa sehat selalu serta terlindungi dari berbagai macam ancaman yang ada seperti sakit atau kecelakaan yang bisa datang secara tiba-tiba. Namun bukan berarti kamu tidak bisa melakukan apa-apa untuk keluarga kecil kamu, karena sebenarnya ada yang bisa membuat kamu dan keluarga tercinta bisa lebih tenang dalam menjalani kehidupan sehari-hari, salah satunya yaitu dengan memiliki asuransi kesehatan keluarga.

Mengenal Asuransi Keluarga

Asuransi kesehatan keluarga merupakan produk asuransi yang dirancang untuk melindungi seluruh keluarga dengan satu polis. Jika kamu memiliki satu sampai tiga anak, maka asuransi kesehatan keluarga merupakan pilihan yang tepat dan juga praktis. Hal tersebut dikarenakan kamu hanya perlu meluangkan waktu satu kali saja saat mengurus polis untuk satu keluarga.

Pada umumnya, asuransi kesehatan keluarga dapat memberikan perlindungan kesehatan untuk lima anggota keluarga, yaitu ayah, ibu dan tiga orang anak. Namun tidak hanya untuk anak, asuransi kesehatan keluarga juga memungkinkan kamu untuk memberikan perlindungan pada orang tua.

Manfaat dari memiliki asuransi kesehatan keluarga

●          Tabungan keluarga aman

Saat salah satu anggota keluarga ada yang jatuh sakit, dengan adanya asuransi kesehatan keluarga, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya dari sedikit tabungan keluarga yang ada atau bahkan tidak sama sekali. Sehingga tabungan keluarga yang kamu miliki nantinya dapat digunakan untuk hal-hal berguna lainnya seperti biaya pendidikan anak.

 

●          Bisa menyesuaikan manfaat sesuai dengan kebutuhan

Manfaat dari asuransi kesehatan keluarga lainnya yaitu manfaat yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Misalnya saja kamu menambah manfaat seiring dengan bertambahnya jumlah anak. Ketika kamu baru berkeluarga dengan satu anak, maka kamu bisa mengambil asuransi kesehatan murni dengan premi Rp500 ribu per bulannya. Lalu dua tahun kemudian kamu anak memiliki dua anak, kamu bisa meningkatkan jumlah tertanggung menjadi Rp700 ribu per bulan.

 

●          Lebih terjangkau

Tentunya berbeda dengan asuransi kesehatan pribadi, asuransi kesehatan keluarga melindungi lebih dari satu tertanggung. Artinya ini lebih memungkinkan kamu memperoleh manfaat kesehatan optimal dengan premi yang lebih terjangkau dibandingkan polis asuransi kesehatan pribadi. Karena, perusahaan asuransi pada umumnya akan memberikan diskon untuk polis yang memiliki jumlah lebih dari satu tertanggung.

 

●          Pemeriksaan kesehatan secara konsisten

Manfaat lain dari menjadi peserta asuransi kesehatan keluarga adalah dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara konsisten dan tidak menguras kantong untuk masalah kesehatan umum, termasuk untuk rawat inap di rumah sakit, rawat jalan, imunisasi, skrining kanker, perawatan gigi seperti tambal gigi, membersihkan karang gigi, cabut gigi serta biaya obat-obatan. Asuransi kesehatan keluarga dapat menjamin proteksi perlindungan diri kamu dan keluarga dari berbagai risiko kesehatan.

 

●          Memungkinkan menabung atau investasi sekaligus

Salah satu manfaat lainnya yang jarang disadari adalah memungkinkan kamu untuk menabung atau melakukan investasi. Hal tersebut karena beberapa perusahaan asuransi menyediakan layanan investasi atau tabungan dengan jaminan kamu bisa mendapatkan pengembalian investasi yang ada pada akhir kontrak. Pada beberapa perusahaan asuransi untuk investasi, biasanya memiliki masa pertanggungan yang fleksibel. Misalnya kamu bisa memilih jangka waktu 5 tahun, 10 tahun atau 20 tahun. Dengan begitu, kamu memiliki komitmen untuk membayar premi sekaligus berinvestasi.

 

●          Membuat pikiran tenang

Pikiran yang tenang adalah salah satu kunci hidup bahagia bersama keluarga, mengapa demikian? Pasalnya dengan memiliki asuransi kesehatan keluarga, kamu bisa fokus memiliki masa depan bersama suami dan anak tercinta dan tidak ketakutan jika terjadi masalah kesehatan di antara mereka.

 

Itulah berbagai manfaat jika kamu memiliki asuransi kesehatan keluarga. Tentunya untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, kamu juga harus jeli dalam memilih asuransi kesehatan keluarga. Karena banyak sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi kesehatan keluarga namun berbeda dalam manfaatnya. Untuk itu ada baiknya jika kamu mempelajari tips dalam memilih asuransi kesehatan keluarga sebagai berikut.

Tips dalam memilih asuransi kesehatan keluarga

●          Tentukan premi sesuai kemampuan

Sebelum membeli premi asuransi, ada baiknya jika kamu cek kembali kondisi keuangan, pisahkan biaya premi dengan biaya yang sifatnya wajib dikeluarkan per bulannya seperti pembelian pangan, listrik, air, biaya sewa atau cicilan rumah dan tagihan-tagihan lainnya. Jangan sampai nantinya kamu malah menyulitkan diri sendiri dan juga keluarga.

Premi asuransi kesehatan keluarga cukup beragam, ada yang ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Jumlah premi yang dibayar akan menentukan besarnya manfaat yang akan didapat. Semakin besar premi, tentu pertanggungan akan makin luas. Namun meski begitu, kamu berhak menentukan mana besarann premi yang sesuai kemampuan sehingga tak membebanimu kelak.

 

●          Pilih jenis perawatan yang kamu dan keluarga butuhkan

Setiap produk asuransi kesehatan keluarga, biasanya memiliki jenis perawatan mulai dari rawat inap, rawat jalan, kesehatan gigi, kesehatan mata dan lain-lain. Tentunya kamu dan keluarga ingin mendapatkan perawatan kesehatan yang lengkap, namun perlu kamu ketahui jika premi asuransi kesehatan keluarga dengan perawatan lengkap pasti jauh lebih mahal.

Kamu juga bisa memilih kelas rawat inap yang ingin digunakan. Pastinya semakin bagus kelasnya seperti VIP atau VVIP akan semakin mahal juga biaya preminya. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih jenis perawatan yang kamu dan keluarga butuhkan saja agar tidak terlalu boros namun tetap mendapatkan manfaat yang optimal.

 

●          Pilih jenis asuransi kesehatan keluarga yang mudah digunakan

Pilihlah asuransi kesehatan keluarga dengan cara klaim cashless atau tanpa mengeluarkan uang. Nantinya jika kamu ingin membayar biaya kesehatan maka kamu hanya perlu menggunakan kartu asuransi yang sudah disediakan saja. Hal ini membuat kamu menjadi lebih praktis dibandingkan dengan sistem reimbursement, karena kamu harus mengeluarkan biaya terlebih dahulu jika melakukan rawat jalan atau rawat inap di rumah sakit.

 

●          Cek rumah sakit rekanan perusahaan asuransi

Setiap perusahaan asuransi memiliki jumlah rekanan rumah sakit yang berbeda-beda. Sebelum membeli, pastikan kamu mencari tahu terlebih dahulu apakah perusahaan asuransi tersebut memiliki rekanan dengan rumah sakit yang memiliki lokasi dekat rumah dengan kamu supaya dapat memudahkan kamu ketika perlu menggunakan fasilitas kesehatan dengan cepat. Lebih baik lagi jika perusahaan asuransi yang kamu pilih memiliki banyak rekanan, supaya ketika kamu dan keluarga sedang berlibur atau pun ada perjalanan bisnis di luar kota, kamu tetap bisa menggunakan asuransi kesehatan keluarga tersebut.

Bagaimana? Dari penjelasan di atas sudah jelas bukan jika ada baiknya jika setiap keluarga memiliki jaminan masa depan yang pasti seperti asuransi kesehatan keluarga. Alasannya tentu karena kamu tidak lagi perlu memikirkan biaya kesehatan yang terus melonjak dari tahun ke tahunnya, terlebih lagi disaat pandemi Covid-19 seperti ini yang bisa menyerang kepada siapa saja tanpa mengenal status, gender atau pun usia. Tunggu apalagi? Cek asuransi kesehatan keluarga terbaik sekarang juga!

 

Bagikan
suka artikel ini :