Penggunaan asuransi menjadi hal penting yang harus diperhatikan bagi kamu dan keluarga. Karena pada dasarnya, asuransi hadir untuk memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan kamu dan keluarga. Berbagai jenis produk asuransi telah dirancang khusus untuk memberikan perlindungan secara optimal.


Bahkan, saat ini asuransi mengalami perkembangan yang terbilang pesat. Mulai dari banyaknya bermunculan berbagai produk asuransi yang inovatif, hingga banyaknya berbagai pilihan pada perusahaan asuransi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
Karena pada dasarnya kebutuhan seseorang akan peran asuransi berbeda-beda. Untuk itu, sebelum memutuskan memilih perusahaan asuransi dan jenis asuransi yang kamu inginkan, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan kamu dan keluarga.


Apabila berbicara mengenai asuransi, tentunya tidak terlepas dari pembahasan mengenai asuransi syariah. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada beberapa orang yang belum mengetahui informasi seputar asuransi syariah. Pada dasarnya, syariah merupakan sistem keuangan yang menggunakan hukum Islam. Hal ini menyebabkan asuransi syariah dibuat sesuai dengan aturan bagi umat Islam.


Bahkan, saat ini telah banyak bermunculan perbankan syariah, properti syariah, hingga berbagai produk asuransi syariah. Peraturan yang ada pada asuransi syariah, memberikan kemudahan kepada kamu yang masih merasa ragu untuk menggunakan asuransi.
Keuntungan Asuransi Syariah


Pada dasarnya, terdapat beberapa keuntungan bagi kamu yang menggunakan asuransi syariah. Lalu, apa saja keuntungannya? Yuk, simak informasi berikut ini:


1.       Dana Tidak Hangus
Umumnya, pada asuransi konvensional sering terjadi adanya skema dana hangus ketika tidak adanya klaim yang diajukan pada masa pertanggungan. Namun, hal ini tidak akan kamu temui pada asuransi syariah.
Mengapa demikian? Karena pada dasarnya asuransi konvensional berbeda dengan asuransi syariah. Kamu perlu tahu bahwa pada asuransi syariah tidak ada prinsip dana hangus. Ini merupakan salah satu keuntungan yang dihadirkan oleh asuransi syariah kepada kamu dan keluarga.
Pada asuransi syariah, cicilan premi yang dibayarkan kepada perusahaan asuransi dapat kamu tarik kembali, bahkan sebelum jatuh tempo dan tanpa klaim. Oleh karena itu, bagi kamu yang masih ragu untuk menggunakan asuransi, produk asuransi syariah dapat dijadikan sebagai solusinya.
 
Sebagai informasi penting bagi kamu, asuransi syariah menggunakan konsep wadiah atau yang memiliki arti titipan. Dengan begitu, dana yang telah masuk akan dikembalikan dari rekening peserta yang telah dipisahkan dari rekening terbaru.
Hal ini yang membuat tidak sedikit orang memilih untuk menggunakan asuransi syariah. Mengingat asuransi syariah mampu menghadirkan berbagai keuntungan bagi nasabah. Contohnya saja setelah beberapa tahun membayar premi, kamu bisa mendapatkan kembali semua dana secara utuh.


2.       Tidak Adanya Riba
Riba merupakan salah satu hal yang harus harus dihindari. Oleh karena itu, sebelum melakukan hal apapun, kamu harus mempertimbangkan bahwa hal tersebut tidak mengandung riba. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari perbuatan riba adalah dengan memilih produk asuransi syariah.
Mengapa demikian? Karena pada dasarnya perusahaan asuransi syariah telah merancang model bisnis yang sesuai dengan ketentuan syariat Islam. Oleh karena itu, asuransi syariah hadir dengan tidak adanya riba. kamu tidak perlu takut untuk segera menggunakan asuransi syariah, karena dana yang telah masuk akan dikelola sesuai dengan prinsip Islam.
Lalu tidak hanya itu, pada setiap investasi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi syariah juga menggunakan akad yang jelas. Hal ini membuat kamu sebagai peserta akan mendapatkan kebebasan untuk memilih akad apa yang sekiranya akan membuat kamu nyaman. Informasi penting yang harus kamu tau yaitu asuransi syariah memiliki sistem bagi hasil yang transparan, baik mengenai keuntungan maupun risiko.


3.       Bisa Double Claim 
Umumnya, fasilitas double claim hanya bisa didapatkan pada penggunaan asuransi syariah. Namun, hingga kini tidak sedikit dari kamu yang belum mengetahui apa itu double claim. Kamu tidak perlu bingung, karena pada dasarnya double claim dapat diartikan dengan mengajukan klaim ke dua perusahaan asuransi yang berbeda. Lalu, apa sebenarnya tujuan seseorang untuk melakukan double claim? Tentunya untuk mendapatkan pertanggungan yang lebih besar.
Akan tetapi sebelum memutuskan untuk melakukan double claim, sebaiknya kamu mencari tahu apakah perusahaan asuransi syariah yang ingin kamu pilih dapat memberikan fasilitas tersebut. Karena pada dasarnya tidak semua perusahaan asuransi syariah memiliki fasilitas double claim.


4.    Tingginya Pembagian Nisbah
Berbeda dengan asuransi konvensional, asuransi syariah hadir dengan pembagian nisbah yang tinggi. Tentunya setiap orang memilih produk asuransi dengan berbagai alasan khusus yang berbeda-beda.
Misalnya saja ketika kamu memilih untuk menggunakan asuransi pendidikan. Tentu kamu berharap dengan asuransi pendidikan yang kamu pilih dapat menjamin masa depan pendidikan anak kamu.


Oleh karena itu, bagi kamu yang masih bingung untuk memilih asuransi yang tepat untuk kamu dan keluarga, asuransi syariah dapat dijadikan sebagai solusi terbaik. Karena asuransi syariah hadir dengan memberikan keuntungan tinggi namun tetap sesuai dengan peraturan sistem syariah Islam.


Berbagai Jenis Asuransi Syariah yang Dihadirkan oleh Generali
Bagi kamu yang masih bingung untuk memilih perusahaan asuransi yang memiliki produk syariah, Generali dapat kamu jadikan sebagai solusinya. Sebagai perusahaan asuransi jiwa terbesar di Eropa dan sudah dipercaya sebagai penyedia jasa asuransi yang terkemuka, Generali hadir dengan berbagai pilihan produk asuransi yang terbilang lengkap.
Saat ini, asuransi syariah menjadi salah satu jenis asuransi dengan peminat yang terbilang banyak. Generali menghadirkan berbagai jenis asuransi syariah yang penting untuk kamu ketahui. Lalu, apa saja jenis asuransi syariah yang dihadirkan oleh Generali? Yuk, simak informasi berikut ini:


·         iSALAAM
iSALAAM merupakan salah satu jenis Asuransi jiwa yang hadir dengan berbagai manfaat. Selain itu, iSALAAM juga menghadirkan masa pembayaran kontrak kontribusi lebih singkat dan masa perlindungan yang lebih lama.
iSALAAM hadir dengan berbagai keunggulan seperti perlindungan jiwa sampai dengan usia 99 tahun, kontribusi yang ringan serta terjangkau, manfaat pembebasan kontribusi apabila terjadi risiko meninggal dunia pada pemegang polis, fasilitas wakaf manfaat asuransi untuk berkah tiada henti, hingga manfaat berkah 99 di akhir masa asuransi sebesar manfaat meninggal dunia.


·         iPLAN Syariah
Menyalurkan harta menjadi salah satu kegiatan mulia yang bisa kamu lakukan. Mengapa demikian? Karena menyalurkan harta di jalan Allah SWT dinilai sebagai kebaikan yang mampu menghadirkan manfaat yang dirasakan lebih lama oleh banyak orang.
Pada dasarnya terdapat berbagai cara untuk menyalurkan kebaikan, salah satunya yaitu melalui wakaf. Sebagai informasi penting yang perlu diketahui bahwa wakaf merupakan bagian dari sedekah jariyah yaitu dengan menahan harta benda dari urusan jual beli, pewarisan, hibah dan wasiat untuk kebaikan kamu sebagai umat manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Generali hadir dengan iPLAN Syariah yang telah bekerja sama dengan Dompet Dhuafa sebagai lembaga wakaf terpercaya. Jenis asuransi syariah yang satu ini dapat memastikan manfaat wakaf uang yang diserahkan dari manfaat hidup dan meninggal dunia. Nantinya para peserta akan menyisihkan sebagian kontribusi untuk ibadah abadi, yaitu sebagai bentuk perwujudan amanah untuk keluarga dan sesama dengan berkah tiada henti.


Setelah mengetahui berbagai informasi di atas, diharapkan dapat memberikan solusi kepada kamu yang sedang bingung untuk mencari perusahaan yang menyediakan asuransi syariah. Kamu bisa segera memilih Generali sebagai sebagai perusahaan asuransi dengan kualitas yang tidak perlu diragukan.

Bagikan
suka artikel ini :