Tips rencanakan solo trip sekali seumur hidup yang paling berkesan

Healthy Lifestyle Minggu, 20 Mei 2018
Solo trip berkesan sekali seumur hidup

Berpetualang sendiri di negeri asing, menikmati pemandangan cantik sambil jalan-jalan dan bersantai - sepertinya adalah impian semua milenial masa kini! Bukan hanya konten Instagram kamu yang akan dipenuhi foto menarik, traveling juga bisa memperkaya pengetahuan dan pengalaman. Ikuti beberapa tips penting yang kami kumpulkan supaya perjalananmu nyaman, aman dan lancar selalu!

Pertama-tama, sangatlah penting untuk mengumpulkan info terlebih dulu. Coba cari tahu, kota dan negara apa yang aman dikunjungi bagi traveler yang bepergian sendiri. Misalnya negara-negara maju seperti Jepang, Selandia Baru, Australia, Amerika Serikat, atau negara-negara Eropa seperti Perancis, Italia dan Belanda. Hindari daerah konflik atau yang terlalu terpencil - apalagi bila kamu wanita.

Pikirkan juga apakah kamu lebih suka bertualang dan menjelajah tempat tujuan sendirian, ataukah kamu ingin ikut tur berkelompok yang praktis dan bisa memberikan peluang mendapat teman baru.

Supaya budget tidak membengkak, beli tiket pesawat dan reservasi hotel dari jauh-jauh hari atau saat sedang ada promo, dan bila memungkinkan, selalu gunakan transportasi publik seperti bus dan kereta di negara tujuan. Pertimbangkan untuk menginap di hostel atau kamar AirBnB, sehingga kamu juga bisa memasak dan mencuci pakaian sendiri alih-alih selalu bergantung pada restoran atau londri untuk makan dan cuci baju, karena dua hal ini akan menghabiskan cukup banyak dana, lho.

Tentu saja rasa sepi saat jalan-jalan sendirian itu sangat mungkin terjadi, nah, solusinya, ada banyak cara untuk bertemu kenalan baru yang sama-sama punya hobi traveling. Hostel misalnya, selalu penuh dengan sesama traveler - menginap di hostel merupakan salah satu cara tercepat untuk mendapat teman baru dari berbagai negara. Selain itu, ikut serta di aktivitas lokal atau ikut jejaring sosial khusus backpacker seperti MeetUp, Backpackr dan FlipTheTrip juga salah satu cara untuk berkenalan dengan sesama turis mancanegara dan juga orang-orang setempat.

Nah, seperti pepatah yang mengatakan, "Traveling adalah satu-satunya pengeluaran yang memperkaya seseorang", jalan-jalan sendiri adalah kesempatan yang berharga untuk memanfaatkan kesendirianmu. Selain untuk me-time, kamu juga bisa gunakan waktumu untuk memulai jurnal baru, blog atau vlog baru, ataupun belajar sesuatu yang baru, seperti kursus memasak makanan di negara tujuan ataupun belajar bahasa daerah setempat.

Yang terakhir, ingatlah selalu bahwa, di belahan dunia manapun kamu berada, selalu perhatikan kesehatan dan keamanan. Penting sekali untuk selalu punya rencana cadangan yang bisa meng-cover hal-hal tak terduga, apalagi bila petualangan membawamu ke tempat-tempat eksotis yang menarik tapi juga menyimpan bahaya. Naik gunung, menyelam di lautan, bahkan hanya sekedar berjalan-jalan di kota atau mengunjungi obyek wisata, sakit dan kecelakaan bisa terjadi kapan saja, di mana saja dan pada siapa saja. Karena itu, siapkan selalu perlindungan asuransi, misalnya  iPLAN atau iPRIME dari Generali, yang memberikan keuntungan tambahan yaitu Medical Plan.

Benefit yang bisa kamu dapatkan, selain menjaga dirimu sendiri sehari-hari juga saat sedang tak bepergian, Medical Plan dari dua produk ini dapat memberimu rasa aman saat sedang jalan-jalan ke luar negeri, karena saat kamu sakit dan harus dirawat di negeri orang, seluruh biaya perawatanmu dibayarkan sesuai tagihan RS, jadi kamu tak perlu khawatir! Medical Plan ini bisa dipakai di seluruh dunia. Kamu juga bebas pilih kamar perawatan, tanpa harus ribet urusan klaim karena klaim RS akan dibayarkan sesuai tagihan. Preminya juga sangat terjangkau dan Medical Plan ini meng-cover nasabah hingga usia 90 tahun.

Nah, sekarang kamu sudah siap untuk menjelajah dunia! Jadikan pengalamanmu traveling sendirian kali ini menjadi perjalanan yang aman dan nyaman serta akan jadi salah satu hal paling berkesan yang kamu ingat seumur hidupmu.

 

Asuransi jiwa dapat membantumu untuk menikmati hidup tanpa harus kuatir apa yang akan terjadi pada orang-orang tercinta, bila sewaktu-waktu nasib berkehendak lain. Pilih iPlan, solusi proteksi jiwa lengkap dari Generali dengan manfaat pertanggungan kecelakaan.

 

Ikuti nalurimu untuk bertualang dengan berbagai tips brilian untuk keliling dunia dengan mudah dan praktis:

Tips liburan lancar akhir tahun 

Video: Lagi liburan? Lupakan dulu pekerjaan! Ini alasan pentingnya

Libur Imlek: ini beberapa tujuan liburan yang pas untuk keluarga

Yang harus dilakukan saat maskapai menghilangkan koper kita

Hindari pusing dan mual saat bepergian dengan 8 tips ini