8 Tips Meningkatkan Imunitas Tanpa Mengonsumsi Multivitamin

Healthy Lifestyle Senin, 20 September 2021
8 Tips Meningkatkan Imunitas Tanpa Mengonsumsi Multivitamin.png

Menjaga sistem imunitas atau daya tahan tubuh merupakan hal yang perlu untuk kita lakukan karena berperan vital bagi kesehatan. Imunitas tubuh pun perlu dijaga dengan baik agar kita tidak terlalu mudah sakit, khususnya di masa pandemi COVID-19 ini. Semakin meningkatnya kasus baru masyarakat yang terkena COVID-19 seharusnya semakin membuka mata kita agar mengetahui pentingnya menjaga sistem imunitas dan mulai untuk meningkatkannya.

Jika kita memiliki daya tahan yang kuat maka hal itu akan membantu kondisi tubuh kita tetap sehat dan terjaga. Walaupun memiliki imun yang kuat tidak seutuhnya menjamin kita tidak terkena COVID-19, namun lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?

Tips Meningkatkan Imunitas Tanpa Multivitamin

Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh, salah satunya adalah dengan mengonsumsi multivitamin. Namun, bagaimana cara lain untuk meningkatkan imunitas tubuh? Selain multivitamin, berikut cara meningkatkan imunitas tubuh.

1. Istirahat Cukup

Apakah kamu seseorang yang suka begadang atau tidur dini hari? Berapa lama waktu yang kamu berikan pada tubuhmu untuk istirahat? Kapan terakhir kali kamu menikmati tidur yang berkualitas?

Kurangnya waktu yang kamu luangkan untuk istirahat dapat menurunkan imunitas tubuh. Penting untuk memenuhi kebutuhan tidur yang sesuai dengan usia kamu. Seseorang yang kurang tidur cenderung lebih mudah terkena flu atau infeksi lainnya. Pada umumnya, para remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam dan orang dewasa membutuhkan waktu tidur 8-9 jam.

2. Biasakan Olahraga

Tidak hanya meningkatkan stamina, berolahraga juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Olahraga yang paling sederhana dan tidak memerlukan biaya adalah membiasakan diri untuk berjalan kaki, setidaknya 30 menit dalam satu hari. Jika saat ini kamu maupun lingkungan kamu memiliki keterbatasan untuk berjalan kaki, kamu bisa mulai olahraga tersebut di dalam rumah kamu. Dengan rajin olahraga, secara tidak langsung kamu dapat membunuh bakteri yang masuk ke dalam tubuh juga meningkatkan respons antibodi.

3. Berjemur

Jika kamu tidak memiliki waktu untuk olahraga, setidaknya luangkan lah sedikit waktu yang kamu punya untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi sambil menghirup udara segar. Sinar matahari pagi mengandung UV (ultraviolet) yang jika menyentuh permukaan kulit akan berubah menjadi vitamin D. Vitamin D sendiri bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme kalsium, serta mentransmisi kerja otot dan syarat.

4. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Seiring bertambahnya usia, respons kekebalan tubuh umumnya menurun karena kualitas sel imunitas yang juga menurun. Artinya, kamu membutuhkan asupan makanan yang seimbang dan bergizi tinggi karena berperan penting untuk menjaga imunitas tubuh. Kamu dapat membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan bernutrisi yang bisa kamu dapat melalui gandum utuh, buah, sayuran, dan protein tanpa lemak.

Kamu sering makan junk food atau makanan yang mengandung gula, garam, dan lemak yang tinggi? Sekali-sekali sih boleh, tapi hindari untuk mengonsumsi makanan tersebut secara berlebih karena selain mempengaruhi imunitas, hal itu juga dapat mempengaruhi berat badan kamu.

5. Mengonsumsi Air Mineral yang Cukup

Berapa gelas air mineral yang kamu minum dalam satu hari? Atau, berapa liter air yang kamu konsumsi setiap harinya? Tahukah kamu bahwa jumlah air mineral yang perlu kamu konsumsi setiap harinya adalah 30ml x berat badan kamu?

Sebagai contoh, jika berat badan kamu 70kg, maka jumlah air mineral yang perlu kamu konsumsi adalah 2,1 liter. Jika kamu ibu hamil atau menyusui, disarankan untuk menambah 300ml lagi setiap harinya.

Apakah kamu sudah minum air mineral dengan kadar yang cukup? Jika sudah, maka pertahankan. Jika belum maka kamu perlu membiasakan diri kamu untuk minum lebih banyak lagi.

6. Mengelola Stres Agar Lebih Mindful

Pandemi menjadi sumber stres yang dirasakan oleh kebanyakan masyarakat saat ini. Karyawan dirumahkan, sebagian orang terkena potongan pendapatan, sebagian orang terpaksa diberhentikan. Satu hal yang harus selalu kamu syukuri adalah kamu bisa membaca artikel ini, karena itu membuktikan bahwa kamu masih diberi kesempatan untuk hidup hingga saat ini.

Jika kamu terlalu membebani diri kamu dengan stres, kamu dapat menurunkan imunitas dan secara tidak langsung mendekatkan diri terhadap penyakit. Kamu bisa mencoba untuk meditasi, mencari alternatif aktivitas, atau meluangkan waktu untuk menjalani hobi yang tidak sempat kamu jalani kala kamu memiliki berbagai aktivitas.

Percayalah bahwa kamu tidak sendirian. Kamu bukan orang yang memikul beban paling berat. Kamu hanya perlu beristirahat sejenak dan menata ulang hal-hal yang perlu kamu lakukan untuk mengambil keputusan dan langkah kecil yang terencana untuk memulai hidup kamu lebih baik lagi.

7. Bersosialisasi

Seperti yang kami bilang sebelumnya, kamu tidak sendirian. Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan imunitas tanpa mengonsumsi multivitamin adalah dengan bersosialisasi. Bersosialisasi tidak mengharuskan kamu untuk bertatap muka secara langsung. Karena adanya keterbatasan saat ini, kamu dapat memulai bersosialisasi dengan menghubungi orang-orang terdekatmu sekedar untuk berkeluh kesah atau bercerita seputar masa-masa menyenangkan yang terjadi masa lalu.

Kenapa perlu bersosialisasi? Karena yang perlu kamu jaga bukan hanya imunitas dan daya tahan tubuh kamu secara langsung saja, tapi juga kewarasan kamu yang berpengaruh terhadap imunitas itu sendiri.

8. Biasakan Mencuci Tangan

Membiasakan diri untuk mencuci tangan membantu kamu untuk menjaga kesehatan juga imunitas karena dapat menghindarkan kamu dari terinfeksi virus juga bakteri yang secara tidak langsung masuk ke dalam tubuh kamu, khususnya ketika COVID-19 ini berlangsung. Maka biasakan untuk mencuci tangan saat keluar masuk rumah, bersentuhan fisik dengan orang lain, makan, menggunakan toilet, maupun sesudah batuk atau membuang ingus.

Demikian penjelasan seputar tips meningkatkan imunitas tanpa mengonsumsi multivitamin. Banyak caranya bukan? Artikel ini tidak hanya bermanfaat bagi kamu, tapi jika kamu terapkan dengan baik maka juga bermanfaat bagi orang-orang di sekitar kamu.

Stay safe, stay healthy, stay sane!