Bulan Ramadan sudah kembali datang menjelang. Selain mempersiapkan diri untuk sahur dan berbuka puasa di bulan yang suci ini, masyarakat Indonesia yang beragama Islam sebagian besar juga mulai bersiap untuk melakukan mudik lebaran 2023. Bagaimanapun juga, rasanya tidak lengkap merayakan hari raya, jika tidak pulang kampung dan merayakannya dengan keluarga besar. 

Mudik lebaran memang bisa dibilang sebagai fenomena unik yang terjadi setiap tahunnya di Indonesia. Sekitar seminggu sebelum hari lebaran, biasanya arus mudik sudah mulai mengalami peningkatan. Nah, bagi kamu yang mudik tahun ini ke kampung halaman, pastikan kesehatanmu terjaga selama di perjalanan dengan menjalankan deretan tips berikut ini. 

Baca Juga : Tips agar anak tak rewel di perjalanan saat mudik Lebaran

  1. Istirahat yang Cukup sebelum Berangkat 

Sebelum kamu berangkat mudik ke kampung halaman, pastikan kamu sudah beristirahat dengan cukup. Tubuh yang mendapatkan istirahat yang cukup, khususnya waktu tidur yang optimal, akan membuatmu merasa segar saat bangun, sehingga siap untuk melalui perjalanan mudik ke kampung halaman yang mungkin akan menyita waktu yang cukup lama.    

Mengingat mudik biasanya dilakukan saat masih menjalankan ibadah puasa, baiknya kamu menghindari jam-jam rawan mengantuk, seperti sehabis sahur, untuk memulai keberangkatan ke kampung halaman, apalagi jika kamu mudik dengan membawa kendaraan sendiri. Baiknya tidur yang cukup terlebih dahulu, lalu baru berangkat mudik.  

  1. Konsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi Seimbang 

Saat akan pulang ke kampung halaman untuk lebaran nanti, pastikan kamu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Makanan yang sehat dan kaya gizi akan menjadi sumber energi bagi tubuhmu, sehingga saat di perjalanan nanti kamu akan terhindar dari rasa lemas dan lelah. 

Jika misalnya kamu berangkat mudik di pagi atau siang hari saat Ramadan, pastikan asupan makanan yang kamu konsumsi saat sahur. Jangan ogah-ogahan untuk makan sahur, karena nanti akan membuat tubuhmu merasa lemas sepanjang hari. Jangan sampai perjalanan mudikmu ke kampung halaman terasa tidak nyaman, karena tubuh yang kurang berenergi.  

  1. Pastikan Tubuh Terhidrasi dengan Baik 

Yuk jalani fenomena unik mudik lebaran dengan memastikan ketercukupan cairan tubuh selama di perjalanan. Jika kamu pergi mudik sebelum hari lebaran, pastikan kebutuhan cairan tubuh sudah terpenuhi saat waktu sahur dan berbuka. Kebutuhan cairan tubuh saat puasa tetap sama kok dengan hari biasa, yakni tidak kurang dari 2 liter per harinya. 

Jika misalnya kamu pulang ke kampung halaman pasca lebaran, pastikan untuk menyediakan botol air minum yang bisa kamu minum nantinya dengan mudah selama di perjalanan mudik. Jangan tahan rasa haus dengan alasan bisa meningkatkan frekuensi buang air kecil, karena efeknya akan membuatmu merasa lemas saat di perjalanan. 

  1. Istirahat di Rest Area Jika Merasa Lelah 

Saat mudik nanti, pastikan untuk singgah sebentar di rest area ataupun di tempat lainnya yang memungkinkan dirimu untuk beristirahat karena merasa lelah dan mengantuk. Jangan paksakan diri untuk tetap mengemudi di tengah rasa lelah dan kantuk, karena hal tersebut tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan, melainkan juga bisa memicu kecelakaan. 

Jika misalnya perjalanan ke kampung halamanmu butuh waktu yang tidak sebentar, kamu bisa gantian dengan anggota keluarga lainnya untuk mengemudi. Jangan hanya karena ingin cepat sampai di tujuan, kamu pun tidak mengindahkan rasa lelah dan kantuk, yang nantinya bisa berakibat fatal bagi dirimu sendiri dan rombongan mudik lainnya.  

  1. Hindari Makan Sembarangan di Perjalanan 

Rasa lapar di perjalanan memang kerap menghampiri para pemudik. Namun, jangan sampai rasa lapar tersebut membuatmu mengonsumsi sembarangan makanan yang dijual di sepanjang jalan menuju kampung halaman. Pasalnya, kamu tentu tidak tahu apakah makanan tersebut memang layak untuk dikonsumsi atau diolah dengan cara yang tepat dan bersih. 

Jika misalnya waktu yang dibutuhkan untuk pergi ke kampung halamanmu hanya sehari saja dengan jalur darat, kamu bisa siapkan bekal untuk dimakan nantinya di perjalanan. Namun, jika perjalanan menuju kampung halaman lebih dari sehari, kamu bisa berhenti di tempat makan yang memang sudah terjamin kebersihan dan pengolahannya.  

  1. Siapkan Obat dan Vitamin untuk Dikonsumsi di Perjalanan 

Agar mudik lebaran 2023 nanti berjalan dengan lancar, pastikan kamu menyiapkan obat-obatan dan vitamin yang sekiranya dibutuhkan nanti di perjalanan. Selain obat pribadi yang secara rutin kamu konsumsi, sediakan juga obat-obatan untuk masalah kesehatan yang kerap dialami di perjalanan mudik, seperti pusing, sakit kepala, mual, muntah, dan lainnya. 

Selain obat-obatan, jangan lupa juga untuk membawa serta vitamin yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh selama di perjalanan. Kondisi tubuh yang fit dan bugar saat di perjalanan menuju kampung halaman, akan membuatmu bisa merasa nyaman dan menikmati sensasi mudik lebaran, serta tetap segar nantinya sesampainya di kampung halaman. 

Optimalkan Proteksi Diri Saat Mudik dengan Asuransi 

Selain melakukan deretan tips di atas saat pulang ke kampung halaman nanti, jangan lupa juga untuk mengoptimalkan proteksi diri dengan asuransi, seperti asuransi kesehatan. Sekiranya nanti saat mudik ataupun sesampainya di kampung halaman kamu jatuh sakit, asuransi kesehatan yang dimiliki bisa menjamin biaya pengobatan dan memastikan kamu mendapatkan perawatan terbaik. 

Persiapkan diri dari sekarang untuk melangsungkan mudik lebaran 2023. Pastikan kesehatan sudah mulai kamu jaga dari sekarang, dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi saat sahur dan berbuka puasa. Agar proteksi diri selama mudik nanti makin optimal, jangan lupa juga untuk melengkapi diri dan keluarga tercinta dengan asuransi, seperti asuransi kesehatan

Baca Juga : Tips packing ringan untuk menghemat biaya bagasi saat mudik Lebaran

Sumber

  • UPK Kemkes. Tips Sehat Saat Mudik pada Kondisi Pandemi. Diakses pada tanggal 25 Maret 2023 melalui https://upk.kemkes.go.id/new/tips-sehat-saat-mudik-pada-kondisi-pandemi
  • Tim Alodokter. (2022, Januari 08). 6 Tips Menjalani Mudik Sehat dan Aman. Alodokter. Diakses pada tanggal 25 Maret 2023 melalui https://www.alodokter.com/tidak-perlu-buru-buru-utamakan-mudik-aman-dan-sehat
  • Fadli, Rizal. (2022, April 21). Jelang Mudik Lebaran, Ini Cara Menjaga Kondisi Tubuh selama Perjalanan. Halodoc. Diakses pada tanggal 25 Maret 2023 melalui https://www.halodoc.com/artikel/jelang-mudik-lebaran-ini-cara-menjaga-kondisi-tubuh-selama-perjalanan

 

Bagikan
suka artikel ini :