Pandemi Coronavirus COVID-19 telah mengubah cara pandang dan kebiasaan berinteraksi masyarakat, termasuk seputar masalah kesehatan. Sekarang, kita mengenal yang namanya “Smart Health”. Apa yang disebut dengan istilah “Smart Health” dan apa manfaatnya untuk kita? Yuk, simak artikel Generali berikut ini.

Apa itu “Smart Health”?

Zaman sekarang, berbagai peralatan canggih sering diberi istilah dengan kata “Smart” di depannya. “Smartphone”, “Smart Home”, “Smart Watch”, “Smart Car” dan berbagai istilah lainnya untuk menyebut peralatan yang berteknologi canggih di dunia kita saat ini.

“Smart Health” adalah istilah yang digunakan untuk menyebut layanan kesehatan terpadu yang ditunjang kemajuan teknologi digital.

Ketika dunia dilanda wabah COVID-19 dan pembatasan sosial berlangsung di mana-mana, kebutuhan akan adanya teknologi penunjang sistem layanan kesehatan masyarakat pun semakin meningkat. Teknologi yang memungkinkan tenaga kesehatan tetap melayani pasien meski adanya berbagai kendala adalah apa yang kita sebut sebagai “Smart Health”.

Seperti apa bentuk “Smart Health”?

“Smart Health” bisa berupa aplikasi di ponsel, bisa juga berupa jam tangan pintar yang mampu memonitor detak jantung serta tanda-tanda penunjuk kesehatan lainnya.

Bentuk aplikasi “Smart Health” yang terbanyak ditemui di Indonesia adalah Telemedicine. Salah satu contoh Telemedicine adalah fitur Doctor Leo di aplikasi besutan Generali Indonesia sendiri yaitu iClick yang bisa diunduh pengguna ponsel iPhone maupun Android.

  

Apa saja keuntungan menggunakan aplikasi “Smart Health”?

  • Konsultasi dengan dokter bisa dilakukan di mana saja
    Dengan adanya fitur Telemedicine, pasien dapat dengan mudah berkonsultasi kepada dokter, dari mana saja dan kapan saja.
  • Mendapatkan resep obat dan menebusnya dengan mudah
    Salah satu fitur Doctor Leo di Generali iClick memiliki fungsi untuk menebus resep obat dengan mudah, yang bisa diklaim nasabah secara mandiri.
  • Personalisasi Data Kesehatan
    Semua data pasien akan tersimpan di aplikasi. Karena itu, tenaga kesehatan dapat dengan mudah memberikan diagnosa serta pengobatan yang paling sesuai profil pribadi, riwayat kesehatan serta keluhan pasien.
  • Mudah diakses dan klaim ke asuransi lebih mudah
    Salah satu keunggulan fitur Doctor Leo di Generali iClick adalah kemudahan klaim apapun bagi nasabah. Mulai dari menebus obat, hingga rujukan bila pasien memang harus diopname, semua mudah dilakukan lewat ponsel saja.
  • Mengurangi beban antrian rumah sakit
    Saat kasus COVID-19 naik, banyak pasien dengan gejala ringan maupun OTG / Orang Tanpa Gejala yang terbantu dengan adanya Telemedicine – ketimbang sulit mencari rumah sakit dengan antrian di sana-sini, pasien isoman tetap di rumah tapi merasa terpantau terus selama 24 jam oleh dokter.
  • Terjangkau ke pelosok selama ada sinyal internet di ponsel
    Telemedicine terjangkau ke pelosok daerah yang terjauh sekalipun dari kota, selama masih ada sinyal internet tertangkap di ponsel pengguna.

 

Bagaimana Smart Health dapat bermanfaat untuk seluruh keluarga?

Apa saja manfaat Smarth Health untuk seluruh keluarga?

 

Ayah dan Ibu

Mendapat hasil tes lab via aplikasi

Untuk COVID-19, tes swab PCR, antigen, maupun untuk berbagai penyakit lainnya, petugas kesehatan datang ke rumah mengambil sampel. Kemudian, hasil akan diberikan via aplikasi.

Cek kualitas tidur

Dengan bantuan Smart Watch yang digunakan saat tidur, kualitas tidur setiap hari dapat dimonitor, demikian pula dengan lama waktu tidur.

Pantau detak jantung

Saat olahraga, naik-turunnya kecepatan detak jantung dapat dipantau dengan Smart Watch juga, sehingga bila ada abnormalitas apapun dapat langsung terdeteksi.

 

Anak-anak dan remaja

Konsultasi dengan dokter anak

Anak-anak termasuk rentan terkena COVID-19. Saat pandemi, orangtua dianjurkan untuk tidak membawa anak-anak periksa ke klinik maupun rumah sakit – kecuali bila betul-betul urgent. Telemedicine memungkinkan adanya konsultasi dengan dokter spesialis anak bila ada keluhan, tanpa harus ke RS.

Memantau perkembangan tinggi dan berat badan anak

Semakin banyak anak Indonesia terkena obesitas. Kini, ada timbangan dan pengukur tinggi  badan canggih yang dapat terkoneksi langsung dengan ponsel pintar, membuat orangtua mudah memantau perkembangan tubuh anak.

Cek jadwal vaksin

Dengan bantuan teknologi Smart Health, vaksin dan imunisasi anak dapat terjaga dengan baik, lewat reminder yang sudah terjadwal dan terkoneksi lewat ponsel pintar milik orangtua.

 

Kakek dan Nenek

Pantau gula darah

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita orang Indonesia. Kini, ada beberapa opsi mesin pengecek kadar gula darah / glukometer yang dapat terhubung dengan aplikasi di ponsel pintar, agar gula darah harian mudah dipantau naik-turunnya.

Pantau tekanan darah

Sama halnya dengan pemantauan gula darah, tekanan darah juga dapat dipantau lewat alat cek tensimeter canggih yang terkoneksi dengan aplikasi di ponsel pintar. Bila tekanan darah terlalu tinggi, aplikasi akan mengirimkan notifikasi kepada tenaga kesehatan yang merawat.

CCTV dan Alarm Emergency

CCTV dan Alarm Emergency dapat dipasang di kamar orang lanjut usia, untuk dapat mengawasi pasien senior. Bila sang manula perlu bantuan, ia tinggal menekan bel dan perawat akan datang.

generali-smart-health-indonesia.gif

 

Doctor Leo: Aplikasi Telemedicine besutan Generali Indonesia

Generali Indonesia sendiri punya fitur di dalam aplikasi ponsel Gen iClick khusus nasabahnya, yaitu fitur Doctor Leo. Fitur ekstra ini memungkinkan nasabah pemegang polis asuransi Generali Indonesia untuk dapat berkonsultasi secara gratis dengan Doctor Leo, via video call, voice call, atau live chat.

Doctor Leo didukung dengan teknologi "Symptoms Checker" dan "Artificial Intelligence" yang mampu mendeteksi lebih dari 600 jenis penyakit, fitur Doctor Leo dapat diakses melalui aplikasi Gen iClick (tersedia di iOS dan Playstore).

Selain berkonsultasi, kini, dalam rangkaian inovasi baru di tahun 2021, nasabah yang telah selesai melakukan konsultasi virtual di Doctor Leo dapat langsung menebus obat resep. Nah, obat resep ini pun akan langsung dikirimkan ke rumah nasabah, bebas ongkos kirim (untuk seluruh penebusan obat resep di tahun pertama). Dan yang paling menyenangkan: nasabah juga bisa langsung ajukan klaim secara online untuk biaya perawatan serta obat, lho!

Layanan ini termasuk benefit ekstra yang Generali persembahkan untuk nasabah kami yang memiliki fitur Asuransi Tambahan Generali Medical Solution (GMS) dalam polisnya.

Kamu bisa download di sini untuk mengakses layanan kesehatan virtual Doctor Leo.

Bagikan
suka artikel ini :