Situasi dan kondisi dunia yang – meski masih belum seratus persen pulih – semakin membaik seiring naiknya tingkat vaksinasi, membuat kantor-kantor kini kembali memberlakukan kebijakan bekerja secara hibrid, menggabungkan WFH (“Work From Home”) dan WFO (“Work From Office”). Karena business must go on, berbagai perjalanan bisnis pun mulai kembali diadakan.

Biz trip: bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan

Perjalanan bisnis, dalam istilah bahasa Inggrisnya business trip atau sering disingkat sebagai biz trip, ternyata bisa membawa pengaruh buruk bagi kesehatan, lho.

Kenapa? Ya, karena selain perjalanan bisnis ternyata berpotensi menimbulkan stres (ini kan bukan jalan-jalan pribadi tapi untuk urusan kerja), juga kurangnya jam tidur, makan junk food, tak sempat olahraga karena banyaknya waktu yang dihabiskan dalam perjalanan, sampai padatnya meeting – ternyata membuat para pelaku perjalanan bisnis kerap jadi tak fit.

Bagaimana cara untuk tetap fit dan sehat selama dalam perjalanan bisnis?

Cara untuk tetap fit dan sehat selama sedang bepergian untuk keperluan pekerjaan, ternyata tidak susah, lho.

Ikuti 10 tips di bawah ini untuk jaga kondisi saat biz trip:

1. Pilihlah hotel yang punya fasilitas gym / fitness center

Tak mudah untuk tetap rajin olahraga dan menepati komitmen hidup sehat saat sedang bepergian untuk kepentingan kantor.

Tapi, dengan memilih hotel yang dilengkapi dengan fasilitas gym / fitness center, akan lebih mudah bagimu untuk mengadakan waktu berolahraga.

Kamu tak perlu memilih hotel termahal berbintang lima bila harganya tak sesuai budget, yang penting hotel tersebut punya fasilitas minimal ruangan olahraga dengan treadmill dan sedikit barbell.

2. Gunakan aplikasi pintar untuk olahraga di kamar

Tak berhasil temukan hotel dengan budget terjangkau yang punya gym? Tak masalah!

Sekarang ini, banyak aplikasi pintar untuk berolahraga di kamar sendiri. Aplikasi seperti FitOn, Gymondo, hingga Centr Fit yang dimiliki oleh aktor pemeran Thor di Marvel Cinematic Universe, Chris Hemsworth – siap membantu siapapun untuk mulai berolahraga dari kamar sendiri.

Aplikasi ini bersifat in-app purchases, artinya, ada sebagian latihan yang dapat diakses secara gratis tanpa berbayar, tapi ada juga program latihan khusus yang memerlukan pengguna untuk membayar biaya langganan per bulan untuk dapat mengakses sirkuit latihan tersebut.

3. Beli alat olahraga ringan yang mudah digunakan kapan saja

Ada banyak alat olahraga ringan yang bisa masuk di koper dan mudah digunakan kapan saja.

Contohnya, resistance band yang mudah didapat di toko-toko online. Ada berbagai macam merek dan tingkat resistensi, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Pilih yang sesuai kebutuhan serta budget kamu.

Matras yoga ringan maupun tali skipping juga merupakan opsi alat olahraga yang mudah dibawa-bawa dalam koper saat perjalanan bisnis.

4. Bawa sepasang sepatu olahraga favoritmu

Selain sepatu-sepatu formal untuk meeting bisnis, bawa juga sepasang sepatu olahraga favoritmu. Sneakers untuk jogging / lari, ataupun sepatu kets standar yang bisa digunakan berjalan jauh atau olahraga ringan.

Jangan lupa membawa kaus kaki khusus untuk olahraga juga, ya, agar kakimu pun selalu nyaman bebas lecet.

5. Makan “real food” alias makanan minim proses pengolahan

Apa sih definisi dari “real food”? “Real food” adalah makanan yang minim proses pengolahan, sehingga nutrisi di dalamnya tetap “utuh”. Seperti nasi merah, oat, sayur dan buah-buahan, sampai lauk seperti daging, ayam, ikan dan telur, serta kacang-kacangan.

Selain punya serat tinggi dan kandungan vitamin serta mineral bagus untuk mencukupi kebutuhan gizi, makanan dalam kategori ini juga tidak terlalu berpotensi membuat berat badan melonjak – asalkan dikonsumsi dalam batas wajar.

Hindari makan makanan-makanan yang terlalu mengandung banyak gula dan kafein – seperti donat, snack ringan semacam keripik kentang kemasan, fast food seperti burger, pizza dan ayam goreng tepung, maupun jus buah, minuman bersoda dan kopi penuh krim serta gula.

6. Batasi ngemil – atau siap sedia dengan cemilan sehat

Batasi ngemil! Bila sering merasa lapar di antara waktu makan, maka siap sedialah dengan cemilan-cemilan sehat.

Yang termasuk kategori cemilan sehat: aneka buah-buahan, kacang mede atau almond, maupun produk turunan susu yang difermentasi seperti yoghurt dan kefir.

Mau cemilan yang agak berat dan lebih mengenyangkan? Telur rebus, keripik tempe atau keripik sayur (keripik kale dan bayam misalnya) yang dioven, atau smoothie buah pisang dicampur selai kacang bisa jadi pilihan.

7. Perbanyak minum air putih – jangan sampai dehidrasi!

Air putih punya banyak benefit kesehatan. Mulai dari menjaga konsentrasi, membuat sistem pencernaan selalu lancar, mencegah timbulnya batu ginjal, hingga menstabilkan berat badan dan tekanan darah.

Kandungan air dalam tubuh manusia adalah sekitar 60 hingga 70 persen dari berat tubuh. Air sangat penting bagi organ-organ dalam tubuh untuk bekerja dengan baik. Inilah sebabnya sangat penting untuk mencukupi asupan air putih setiap harinya.

Bekali diri dengan sebotol besar air putih saat sedang bepergian, supaya hidrasi tubuh terus terjaga dengan baik.

8. Tidur yang nyenyak dalam waktu yang cukup

Perbaiki kualitas tidurmu. Tubuh perlu istirahat dengan waktu yang cukup.

Karena itu, tentukan jam tidur maksimal dan usahakan menepatinya. Saat akan tidur, suhu ruangan harus cukup sejuk, dengan pencahayaan setemaram mungkin – atau gelap total sekalian – dan tenang tanpa suara atau bunyi yang bisa ganggu proses lelapnya tidur.

Matikan ponsel dan komputer, dan nyalakan alarm untuk esok pagi supaya tidak telat bangun.

9. Patuhi protokol kesehatan yang berlaku

Bahaya terinfeksi virus COVID-19 masih mengintai. Karena itu, meski sedang dalam perjalanan bisnis, selalu patuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Pakai masker yang memadai – N-95 bila memungkinkan, atau dua hingga tiga lapis masker bedah. Ganti masker dengan yang bersih setiap beberapa jam sekali. Cuci tangan dengan hand sanitizer atau sabun cuci tangan secara berkala, dan tetap jaga jarak saat dalam transportasi umum.

10. Tingkatkan imunitas tubuh dengan multivitamin

Tambahkan multivitamin ke dalam asupan harianmu, untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan lebih maksimal.

Suplemen vitamin C, D, kalsium dan magnesium akan membantu tubuhmu mengoptimalkan benteng pertahanan terhadap gempuran serangan Coronavirus COVID-19.

Kesehatan itu NOMOR SATU, karena itu, selalu utamakan kesehatanmu!

Yang terpenting, saat business trip, jangan terlalu dibawa stres, ya. Utamakan kesehatanmu, sebab kesehatan itu NOMOR SATU. Bila rasanya lelah sekali setelah pulang dari biz trip, jangan sungkan untuk meminta waktu istirahat satu hari kepada si bos, supaya bisa beristirahat. Ibarat ponsel, tubuh kita pun perlu di-recharge ulang supaya bisa berfungsi optimal.

Nah, apakah kamu juga sudah punya proteksi kesehatan yang memadai? Apakah kamu tertarik untuk tahu lebih lanjut bagaimana kamu bisa menciptakan perlindungan kesehatan bagimu dan orang-orang tersayang di sekelilingmu? GMS solusinya!

Kini, Generali Indonesia menghadirkan Asuransi Tambahan Generali Medical Solution yang dapat dipilih oleh nasabah dalam merencanakan perlindungan kesehatan untuk diri sendiri dan keluarga tercinta. Asuransi Tambahan Generali Medical Solution memberikan perlindungan kesehatan menyeluruh untuk Nasabah yang memerlukan perlindungan kelas satu.

Dilengkapi dengan fasilitas pembayaran biaya perawatan sesuai tagihan dengan fasilitas cashless di jaringan rumah sakit rekanan, hingga wilayah pertanggungan sampai dengan seluruh dunia, GMS juga meng-cover perawatan berbagai penyakit kritis.

Ingin mulai menambahkan GMS ke program asuransimu? Kamu bisa berkonsultasi dengan Agen Generali yang terdekat di kotamu, lewat tautan berikut ini.

Bagikan
suka artikel ini :