Kegiatan yang padat dan gaya hidup yang berantakan biasanya membuat seseorang jadi hobi begadang. Apakah kamu juga terbiasa tidur larut malam? Awas, ternyata kebiasaan ini bisa memberi dampak buruk untuk kondisi kesehatan. Kamu sebaiknya waspada karena tanpa disadari kebiasaan tadi tidak bagus untuk dirimu. Ini dia beberapa dampak buruk yang bisa kamu alami.

1. Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tidur larut malam akan membuat sistem kekebalan tubuhmu jadi semakin lemah. Padahal ini sangat penting untuk membantu tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Saat tubuhmu tidak punya waktu yang cukup untuk beristirahat maka tubuh juga tidak bisa punya cukup waktu untuk memproduksi antibodi. Kondisi inilah yang kemudian membuat kamu jadi mudah jatuh sakit. 

Orang yang terbiasa tidur larut malam biasanya lebih rentan terserang penyakit. Bisa karena infeksi virus, bakteri, dan faktor penyebab lainnya. Jadi sebaiknya perhatikan lagi jadwal tidurmu dan pastikan untuk tidur tepat waktu supaya tubuh tetap sehat. 

2. Meningkatkan Risiko Obesitas

Tidur larut malam ternyata juga bisa meningkatkan risiko obesitas. Obesitas atau kelebihan berat badan ini bisa disebabkan oleh kurangnya waktu istirahat yang tubuhmu dapatkan. Tidur adalah saat dimana tubuh akan memproduksi berbagai jenis hormon, salah satunya hormon pengatur lapar dan kenyang atau ghrelin dan leptin. 

Jika tubuhmu sering tidur larut malam maka tubuh tidak akan punya waktu yang memadai untuk memproduksi hormon tersebut. Akibatnya kamu jadi merasa selalu lapar dan malah tergoda untuk makan lebih banyak. Sampai akhirnya kamu mungkin tidak sadar kalau berat badan sudah lebih dari angka ideal. 

3. Memicu Masalah Kulit

Efek buruk begadang berikutnya adalah bisa memicu masalah kulit. Saat kamu tidur larut malam, maka tubuh akan memproduksi hormon kortisol. Hormon ini ternyata bisa memicu terjadinya masalah kulit karena bisa merusak struktur kolagen dan membuat elastisitas kulit jadi menurun. 

Tidak heran kalau orang yang terbiasa tidur larut malam biasanya memiliki masalah kulit seperti kulit kusam dan berjerawat. Biasanya orang-orang yang punya masalah kulit juga disarankan untuk memperbaiki pola hidup. Salah satunya dengan tidur tepat waktu agar hormon dalam tubuh jadi seimbang. 

Parahnya lagi, orang yang sering tidur larut malam juga biasanya akan mengalami penuaan dini. Penurunan kolagen bisa membuat proses penuaan berjalan lebih cepat. Jika kamu tidak memperbaiki kebiasaan tersebut maka bisa jadi muncul lebih banyak tanda penuaan. Mulai dari kerutan di wajah, bintik-bintik hitam, mata bengkak, dan mata panda. 

4. Memicu Penyakit Diabetes

Sebenarnya memang ada banyak jenis penyakit akibat begadang yang bisa terjadi dan salah satunya adalah diabetes. Orang yang hobi tidur larut malam ternyata punya peluang lebih besar untuk mengidap penyakit diabetes daripada yang terbiasa tidur tepat waktu. Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan hormon saat tubuhmu terbiasa tidur larut malam. 

Saat tubuh kurang tidur dalam kurun waktu 3 hari secara berkelanjutan maka proses sekresi hormon insulin akan terganggu. Padahal hormon ini sangat dibutuhkan untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Jika sekresi hormon insulin terganggu maka kadar gula darah bisa terus menumpuk sampai akhirnya muncul penyakit diabetes. 

5. Menurunkan Kemampuan Konsentrasi

Buat kamu yang bekerja, perlu diketahui kalau kebiasaan tidur larut malam itu bisa menurunkan kemampuanmu dalam berkonsentrasi. Jika kamu tidur larut malam dan akhirnya kurang waktu tidur maka tubuh sudah pasti akan merasa lelah. Rasa lelah ini bisa saja terus meningkat karena kamu terbiasa tidur larut malam berulang kali. 

Pada akhirnya, tubuh yang lelah tidak akan bisa berkonsentrasi dan berpikir dengan baik. Bahkan kewaspadaan terhadap suatu hal juga bisa menurun. Hal ini sangat berbahaya apalagi jika kamu terbiasa berkendara sendiri setiap hari. Kemampuan otak untuk mengingat juga bisa menurun drastis karena kebiasaan tidur larut malam. 

6. Mengganggu Kualitas Seksual

Kebiasaan tidur larut malam juga bisa berdampak buruk bagi pasangan yang sudah menikah. Ternyata kebiasaan ini bisa mengganggu kualitas seksual seseorang. Gairah seksual bisa menurun drastis karena kebiasaan buruk tersebut. Hal ini disebabkan oleh daya tahan tubuh yang semakin menurun dan lelah karena tidak mendapatkan cukup waktu beristirahat. 

Dalam kehidupan suami istri, pasti gairah seksual menjadi suatu hal yang sangat penting. Jika hal tersebut sudah menurun dan berkurang, tentunya keharmonisan hubungan juga akan rusak. Lebih bahaya lagi jika pasangan tadi sedang merencanakan kehamilan. Jadi usahakan untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut dengan membuat jadwal tidur yang lebih baik. 

7. Memicu Masalah Mental

Ternyata kebiasaan tidur larut malam juga bisa memicu masalah mental. Jadi tidak hanya membuat kesehatan fisik menurun, kesehatan mental seseorang juga bisa terganggu karena kurang tidur. Kondisi ini bisa memicu kelelahan dan tubuh yang lelah biasanya akan jadi lebih rentan stres. 

Saat tubuh kurang tidur, maka hormon kortisol akan meningkat. Peningkatan hormon kortisol ini bisa menyebabkan stres dan bisa bertambah parah jika kamu tidak segera mengubah kebiasaan. Bahkan gangguan mental yang muncul bisa bertambah parah dimana seseorang bisa mengalami anxiety disorder sampai depresi yang berat.  

Hal ini juga berhubungan dengan proses peningkatan berat badan yang memicu obesitas. Biasanya orang yang kurang tidur lalu stres kemudian bisa makan lebih banyak lagi. Mereka tidak peduli berapa banyak kalori yang sudah masuk karena memang kondisi mentalnya tidak stabil. 

Begadang bukanlah sebuah kebiasaan yang baik bagi kesehatan tubuhmu. Mulai ubah pola tidurmu dan jangan lupa miliki proteksi kesehatan yang bisa melindungimu jika terlanjur kena dampak buruk dari kebiasaan tadi. Asuransi kesehatan dari Generali bisa jadi pilihan tepat untuk memberimu kemudahan jika harus menerima pengobatan atau perawatan di rumah sakit. 

 

Tracking Kamu Hobi Begadang? Begini Dampaknya Terhadap Kesehatan!
Bagikan
suka artikel ini :