Tips #AntiMadesu: Rajin Menabung dan Invest Sejak Usia 20an

Healthy Wealth Minggu, 8 September 2019
Belajar menabung sejak usia 20an

Menabung merupakan salah satu faktor penting dari perencanaan keuangan. Memiliki jumlah tabungan dan investasi yang cukup, adalah cikal bakal kebebasan finansial yang membuat kamu suatu hari nanti merasa lega telah melakukannya - misalnya, saat kamu berhenti kerja untuk memulai usaha baru, ataupun ketika kamu ingin membeli rumah dan harus melakukan pembayaran uang muka dalam jumlah cukup besar.

Mulai berinvestasi dan menabung sedini mungkin - lebih cepat lebih baik. Pelan-pelan mengalokasikan sebagian pendapatan untuk ditabung, sebaiknya dimulai sejak usia 20an - saat kamu masih lajang dan sedang dalam masa produktif-produktifnya.

Bagaimana cara untuk mulai menabung sejak usia 20an? Yuk, ikuti beberapa tips mudah berikut dari Generali.

Tujuan kamu apa?

Nah, ini paling penting nih, tujuan kamu menabung itu apa? Tentukan tujuan masa depan yang realistis dan pasti akan dilakukan, seperti misalnya: menabung untuk membeli rumah atau mobil pertama, untuk biaya pernikahan atau sesimpel biaya liburan solo ke Eropa.

Tujuan sebaiknya berjangka menengah atau panjang sekalian, supaya di tengah jalan kamu tidak tergoda menggunakan uang tabungan untuk hal lain. Dan semakin bertambahnya tabungan, kamupun akan merasa semakin terpacu untuk mencapai tujuan!

Berapa banyak yang harus ditabung setiap bulannya?

Jumlah uang yang harus kamu sisihkan setiap bulan untuk ditabung, besarannya sangat variatif dan terutama tergantung situasi dan kondisi keuanganmu saat ini. Umumnya, jumlah tabungan yang disarankan adalah 20% dari jumlah gaji atau pendapatan bulanan - dengan skema 50-30-20, yang artinya 50% gaji akan digunakan untuk membayar keperluan sehari-hari (tempat tinggal, transportasi, makan, pulsa dan pengeluaran rutin lainnya), 30% untuk hiburan (nonton film, ngopi-ngopi bersama teman, beli baju baru atau hobi lainnya), dan 20% untuk tabungan. 

Catat pengeluaran secara rutin dan teratur

Tidak mencatat pengeluaran secara rutin dan teratur merupakan salah satu masalah terbesar generasi milenial saat ini. Padahal, dengan mencatat seluruh pengeluaran, kamu bisa lebih jelas mengetahui kemana saja perginya uang gajimu - dan mengapa kok rasanya gaji hanya numpang lewat di rekening saja?

Dengan mencatat pengeluaran, kamu bisa tahu, "oh, bulan ini saya ternyata terlalu banyak menghabiskan uang untuk jajan," atau "sepertinya budget beli baju perlu dikurangi" dan bisa lebih spesifik mencanangkan penghematan dengan realistis.

Lebih banyak bertransaksi dengan kartu debit atau transfer

Sedapat mungkin, hindari bertransaksi dengan uang tunai kecuali saat kepepet - karena, pengeluaran uang tunai lebih sulit dilacak - contohnya, hari ini kamu menarik uang sebesar Rp 200 ribu dari ATM, lalu besok kamu sudah tidak ingat lagi, dipakai untuk apa ya, uang cash kemarin? Apalagi dengan susahnya mencatat kembalian dan semakin jarangnya para pedagang punya uang kecil.

Sedangkan, transaksi dengan kartu debit atau transfer, memungkinkan kamu untuk selalu bisa mengecek apa saja pengeluaranmu karena semuanya otomatis tercatat di laporan rekening bulananmu, sehingga kamu tidak main tebak-tebakan saat mencatat pengeluaran ("kemarin, uang sebesar sekian, terpakai untuk apa ya? Kok aku lupa?").

Minimalisir kartu kredit

Hanya gunakan kartu kredit untuk transaksi yang betul-betul perlu dan hindari terjebak promo, serta usahakan membayar lunas semua tagihan setiap bulannya alih-alih tagihan minimum, supaya tidak terkena bunga penggunaan kartu yang semakin besar.

Investasi sekaligus perlindungan diri

Selain menabung secara konvensional di bank, pertimbangkan untuk mulai merencanakan investasi - kenapa? Alasannya sederhana: tabungan konvensional di bank punya risiko tinggi tergerus inflasi setiap tahun, sedangkan alternatif investasi ada cukup banyak yang memungkinkan uangmu terus tumbuh berkembang tanpa risiko inflasi.

Mau tahu yang lebih keren lagi? Yuk, investasi dan menabung kreatif untuk kamu yang #antimadesumadesuclub! Saatnya beralih ke cara new normal untuk pengelolaan dana lebih optimal, praktis dan inovatif untuk wujudkan semua impianmu.

Bagi kamu, perintis masa depan yang ingin kelola gaji optimal, BRAVO hadir untuk memperkenalkan cara baru dalam menabung dan berinvestasi. Dengan keunggulan dari BRAVO, kamu dapat menerima manfaat sebesar-besarnya dari gaji yang kamu terima, sekaligus bisa menikmati berbagai kemudahan transaksi secara digital.

Yuk, mari menabung, sekaligus investasi dan melindungi diri, sejak usia 20an, supaya masa tua nanti bahagia dan sejahtera!

 

Kamu sedang menabung untuk membeli rumah pertamakalinya, atau sedang belajar mengatur pengeluaran? Atur keuanganmu dengan pintar, pelajari bagaimana meningkatkan jumlah tabungan dengan manajemen uang dari ahlinya!

Pengaturan finansial yang tepat bagi pasangan muda atau kamu yang berencana menikah

Kiat jitu menyewa tempat tinggal terbaik

Amankan uangmu dengan bantuan teknologi