Amankan uangmu dengan bantuan teknologi

Healthy Wealth 15 Januari 2019

Maling jaman now tak lagi hanya berkeliaran di jalan mencari mangsa. Banyak dari mereka yang kini semakin pintar, diam-diam meng-hack sistem keamanan lewat komputer, atau melakukan penipuan lewat ponsel. Nah, supaya kamu pun tak kalah set dengan maling masa kini, yuk, simak beberapa cara untuk mengamankan uang dengan bantuan teknologi terdepan.

Pasang antivirus di komputer

Virus komputer bisa masuk dari mana saja, bisa dari program yang diunduh tidak dari situs resmi maupun dari sematan file di dalam email tak dikenal. Kadang, tanpa sadar kita membuka dan mengklik link yang ada di email scammer. Bila kita tak sengaja mengklik link dari email tipuan tersebut, maka dengan otomatis virus akan menginstal dirinya sendiri ke komputermu tanpa kamu sadari, dan mulai mencuri data-data seperti informasi login dan kata sandi rekening bank yang sering kamu gunakan.

Ada beberapa antivirus yang gratis, seperti Malwarebytes, yang akan memindai seluruh komputermu dan menghancurkan virus-virus nakal seperti ini. Rajin-rajinlah mengupdate aplikasi antivirus ini, karena semakin lama juga semakin banyak jenis virus yang berkeliaran di dunia maya, dan pindai komputer secara berkala.

Gunakan program pengatur kata sandi

Jangan sampai lupa kata sandimu karena saking ribet dan kompleksnya kamu membuat kata sandi tersebut. Gunakan program pengatur kata sandi, yang tak hanya akan mengingat semua kata sandimu, tapi juga dapat membantu membuat kata sandi yang bagus dan kuat setiap kali dibutuhkan. Rajin-rajinlah mengganti kata sandi secara berkala pula, dan jangan pernah gunakan kata sandi lama, dengan bantuan program ini.

Gunakan pemindai wajah dan sidik jari

Satu kelemahan program pengatur kata sandi adalah bahwa sebagaimana layaknya program komputer lain, program ini masih dapat diretas. Saat ini, berbagai ponsel dan komputer semakin pintar dengan menawarkan fitur pemindai wajah dan sidik jari, agar perlindungan ekstra di luar kata sandi pun bertambah dan hanya pemilik sah yang dapat mengakses semua data di dalam perangkat tersebut.

Gunakan koneksi wifi yang aman untuk kegiatan penting

Hindari mengakses rekening bank atau berbelanja online dengan kartu kreditmu menggunakan jaringan wifi umum, karena kamu tidak tahu siapa saja yang sedang mengakses jaringan tersebut di saat yang bersamaan - bisa saja ada peretas iseng yang sedang mencari mangsa! Tunggulah sampai kamu kembali ke rumah dan yakin hanya kamu yang bisa menggunakan jaringan wifi di rumah untuk melakukan hal-hal penting yang melibatkan data pribadi maupun data keuanganmu, baik itu rekening bank online maupun informasi kartu kredit.

Gunakan pembayaran online dengan pengamanan ekstra

Di Indonesia, ada beberapa aplikasi untuk pembayaran online, seperti OvoGoPay dan GrabPay yang menawarkan pembayaran online dengan pengamanan ekstra - setiap kali melakukan pembayaran, ada pin yang akan masuk ke ponselmu sebagai tindakan tambahan keamanan. Jangan pernah berikan kode pin ini ke siapapun, ya!

Kontrol semua kartu kreditmu

Ada aplikasi Jenius yang bisa membantumu mengatur semua pembayaran lewat satu kartu saja, sehingga kamu hanya perlu membawa-bawa si kartu tersebut dan meninggalkan kartu-kartu debit dan kredit lainnya di rumah. Nah, ini artinya bila kamu sampai kecopetan dan dompet hilang, kartu yang lain tetap aman dan kamu bisa dengan segera memblokir penggunaan kartu Jenius-mu.

Kirim notifikasi instan

Rata-rata bank sekarang memiliki fitur notifikasi instan - artinya, setiap ada transaksi, pihak bank akan mengirimkan email atau sms kepada kamu, memberitahukan bahwa ada terjadi transaksi dengan nominal sekian dan darimana transaksi tersebut berasal. Fitur ini sangat penting, sehingga bila ada transaksi mencurigakan, kamu bisa langsung mengetahuinya saat itu juga dan melaporkannya ke pihak bank.

Bagaimanakah terobosan aplikasi dan teknologi masa kini dapat mengubah rumah kita menjadi "rumah pintar"? Temukan informasi paling update seputar teknologi disini:

Tips pengamanan kata sandi online

Pangkas biaya listrik dan hemat hingga 15% dengan teknologi pintar yang ramah lingkungan