Lari bisa bikin jantungmu sehat! Ini fakta dan tips-tipsnya!

Berlari adalah salah satu olahraga termudah dan paling efisien untuk dilakukan. Kamu bisa berlari kapan saja dan dimana saja, dengan sepatu lari dan baju olahraga santai, tak perlu perlengkapan ribet yang banyak biaya. Keuntungan olahraga lari antara lain adalah memperkuat tulang, memperbaiki masalah kardiovaskuler dan mencegah obesitas, selain itu mempertajam fungsi otak dan membuat mood jadi bagus.

Olahraga lari ternyata juga makin populer di seluruh dunia, apalagi pasca pandemi.

Generali Indonesia turut berpartisipasi mendukung Borobodur Marathon

Untuk ke-6 kalinya, Generali Indonesia mendukung event olahraga skala internasional Borobudur Marathon 2023 dengan memberikan proteksi kepada seluruh peserta lari. Sejak tahun 2018, Generali Indonesia telah memproteksi lebih dari 24.000 pelari dan selalu memastikan kesiapan pada aspek-aspek yang mengutamakan keamanan dan keselamatan para peserta.

Borobudur Marathon 2023: "Voice of Unity" akan diadakan pada tanggal 19 November 2023. Tahun ini, sebagai bagian dari rangkaian acara sebelum hari H tersebut, komite Borobudur Marathon juga mengadakan Friendship Run di 10 kota di Indonesia (Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Banjarmasin, Medan, Palembang).

Jadi tertarik mulai lari dan berniat ikutan Borobudur Marathon? Yuk, simak beberapa manfaatnya dan tips untuk mulai rajin berlari.

Benefit dari olahraga lari: membuat jantung makin sehat

1. Melatih otot-otot jantung

Berlari membantu melatih dan memperkuat otot-otot jantungmu. Dengan rajin berlari, jantung akan semakin kuat dan terlatih. Semakin banyak kamu berlari, semakin jauh jarak tempuhmu, berarti jantung pun akan semakin kuat.

2. Mencegah gaya hidup sedentari

Musuh jantung salah satunya adalah gaya hidup sedentari. Bermalas-malasan, tidak aktif gerak sepanjang hari, membuat jantung juga tidak terpacu untuk bekerja optimal. Karena itu, aktivitas fisik seperti berlari atau jogging santai di sore hari bisa membantu kamu untuk terhindar dari gaya hidup sedentari.

3. Menurunkan berat berlebih dan menjaga berat badan ideal

Rajin lari membantu menurunkan berat badan berlebih dan menjaganya agar tetap ideal. Maka, rutin berlari sangat dianjurkan untuk mencapai berat badan yang sesuai dengan usia, jenis kelamin dan tinggi badanmu.

4. Membantu manajemen stres

Musuh jantung selain gaya hidup sedentari adalah stres. Nah, olahraga membantu melepaskan hormon endorfin yang membuat kita merasa puas dan bahagia. Salah satu fungsi hormon endorfin juga membantu kita mengatasi stres.

5. Membuat tidur lebih nyenyak

Lelah setelah berolahraga adalah rasa lelah yang positif. Setelah capek berlari, biasanya kita akan lebih mudah terlelap di malam hari, dengan kualitas tidur yang lebih nyenyak dan lebih baik pula.

6. Menjaga agar terhindar dari darah tinggi

Darah tinggi, alias hipertensi adalah salah satu penyebab penyakit jantung dan kardiovaskuler lainnya. Rajin berlari membuat aliran darah kita semakin lancar dan membantu menjaga agar terhindar dari darah tinggi.

7. Memperbaiki mood sepanjang hari

Memperbaiki mood sepanjang hari juga termasuk dari manfaat olahraga lari. Sama dengan perbaikan kondisi stres, hormon endorfin yang dilepaskan otak setelah selesai lari, ternyata efeknya berlangsung lebih lama sehingga kamu pun merasa senang terus sepanjang waktu.

Tips-tips mulai olahraga lari

1. Sesuaikan dengan waktu luang kamu

Waktu luang kamu kapan? Pagi sebelum ngantor? Sore atau malam setelah pulang kerja? Saat weekend? Kapanpun itu, jadikan berlari sebagai bagian dari rutinitasmu. 

2. Gunakan sepatu yang sesuai untuk lari

Sepatu yang digunakan untuk lari sangat penting. Cari sepatu yang cocok untuk kakimu, ukurannya pas dan enak digunakan saat kamu sedang berlari. Tes dulu sebelum membeli.

3. Pakai jam pintar untuk mengukur tanda vital dan kecepatanmu saat lari

Smartwatch alias jam pintar yang bisa tersambung dengan ponselmu, berfungsi untuk mengukur banyak hal. Mulai dari tanda-tanda vital seperti naik turunnya detak jantung (sekaligus alarm yang menandai bila detak jantung terlalu kencang), berapa kilometer jarak tempuh dan pace atau kecepatan larimu. Data-data ini penting untuk memantau statistik dan perkembanganmu dalam menekuni olahraga lari.

4. Ganti-ganti rute lari biar tidak bosan

Rajin-rajin ganti rute saat berlari, supaya kamu tidak bosan dan ada variasi serta tantangan baru. Bila memungkinkan, saat akhir pekan sekalian jalan-jalan keluar kota cari trek lari baru supaya bisa refreshing!

5. Lakukan HIIT ("High Intensity Interval Training")

HIIT bisa jadi tambahan supaya kegiatan kamu berlari semakin memacu kamu untuk memperbaiki performa kamu. Misalnya, dalam jarak lari 5 kilometer, kamu bisa jalan cepat setiap 100 meter dan berlari 200 meter. Atau, 10 menit berlari dan 5 menit jalan. Tujuan melakukan HIIT selain membakar kalori lebih cepat juga membangun stamina sehingga kamu bisa kuat lari lebih lama.

6. Jangan lupa pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah lari

Pemanasan penting, apapun olahraga yang kamu lakukan. Sebelum mulai berlari, stretching dulu supaya otot-otot menghangat dan tidak kaget saat diajak aktivitas yang intens. Selain itu, kamu juga perlu meluangkan waktu untuk pendinginan setelah selesai berlari, agar otot-otot kamu dapat memperbaiki diri dengan lebih optimal saat istirahat nanti.

7. Cari teman baru dan sosialisasi saat latihan

Punya teman baru yang sama-sama suka berlari, sehingga bisa latihan bersama, akan mendukung kamu untuk tetap termotivasi dalam menekuni olahraga satu ini. Gabung dengan komunitas pelari di kotamu, juga gabung dengan berbagai komunitas online seperti Strava, Garmin Connect atau Nike Run Club.

8. Jangan lupa beri dirimu penghargaan setiap capai titik penting

Untuk setiap pencapaian penting (yang bisa kita sebut dengan milestone), kamu bisa menghadiahi dirimu sendiri dengan hal-hal kecil yang berarti. Misalnya, membeli sepatu lari atau outfit baru yang kamu inginkan, spa atau massage untuk melenturkan otot-otot, maupun pergi ke restoran yang kamu suka, yang penting, me-time supaya kamu makin semangat lari nantinya!

 

Fokus pada diri dan mimpi unik masing-masing

Dalam berlari, ada yang disebut personal best yaitu catatan waktu terbaik seseorang dalam menyelesaikan jarak lari tertentu. Dalam konteks personal best, perbandingan yang kamu lakukan adalah terhadap pencapaian diri sendiri dari hasil sebelumnya, bukan melawan orang lain. Setiap berlatih, kita fokus untuk jadi versi diri sendiri yang lebih baik, sesuai dengan uniknya kemampuan dan kondisi masing-masing.

Sama halnya dengan pencapaian dalam berlari, dalam hidup pun kamu juga tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain. Kondisi, kebutuhan dan tujuan setiap orang itu berbeda, jadi mana bisa dibanding-bandingkan? Uniknya kamu itu tidak ada duanya. Generali Indonesia paham akan hal ini, sehingga kami menghadirkan solusi proteksi Yang Unik Untukmu sesuai kebutuhan dirimu yang unik.


Cek di sini untuk berbagai solusi proteksi yang sesuai dengan kebutuhan unikmu.

Bagikan
suka artikel ini :