Tips Anti Maling: Lindungi Ponsel dan Gadget dari Pencurian

Tips mudah untuk terhindar dari pencurian gadget dan ponsel. Laptop, tablet, ponsel dan bahkan jam tangan elektronik, adalah gadget yang sudah jadi bagian dari hidup kita sehari-hari. Keberadaan barang-barang elektronik ini membantu kita untuk selalu terhubung dengan orang-orang tercinta, membuat kita bisa bekerja dengan mudah dari mana saja.

Karena sederet gawai yang kita miliki merupakan bagian hidup yang tak terpisahkan, semua alat-alat ini pun menyimpan data pribadi kita yang teramat penting, selain nama, alamat rumah dan kantor, hari lahir dan berbagai tanggal penting lainnya sampai data akun bank yang kita miliki. Karena itulah kehilangan salah satu saja dari gadget kita bisa berakibat fatal: selain membelinya kembali cukup menelan budget, yang lebih gawat adalah semua data pribadi kita yang tersimpan di dalamnya bisa dimanfaatkan pihak-pihak tak bertanggungjawab untuk melakukan kejahatan.

Nah, banyak yang bisa kita lakukan untuk mencegah kecurian ponsel dan gadget kita. Apa saja langkah pengamanannya? Yuk, simak di artikel berikut ini.

Tips Praktis: pakai akal sehat supaya aman

Menggunakan akal sehat dalam kehidupan sehari-hari penting - tak terkecuali saat mengamankan barang-barang milik kita. Ikuti beberapa langkah berdasarkan akal sehat di bawah, supaya gadget kita selalu aman.

Tips pertama: jangan sembarangan pamer gadget di jalanan atau tempat yang kurang aman

Ya, gadget yang berharga mahal adalah salah satu incaran maling. Karena itu, hindari mengeluarkan atau pamer gadget saat sedang berada di jalan raya atau di tempat-tempat yang kurang aman atau saat berjalan pulang di malam hari, simpan saja di dalam tas yang aman dan tunggu sampai kita sudah sampai ke rumah atau tempat aman sebelum menggunakannya kembali.

Lagipula, menggunakan berbagai fungsi gadget saat sedang berjalan atau mengemudi bisa mengalihkan perhatian sehingga risiko kecelakaan pun semakin besar.

Simpan gadget dan hindari dua risiko sekaligus: kecurian dan kecelakaan!

Hindari kantong tas, saku rok, celana atau baju yang menghadap ke belakang

Saku rok, celana atau kantong tas sama saja: jangan taruh ponsel atau gadget apapun di kantong yang menghadap ke arah belakang.

Bila menggunakan rok atau celana, masukkan gadget ke kantong depan, dan bila menggunakan tas ransel, gendong tas ransel di arah depan supaya copet tak mudah beraksi.

Selalu waspada dan pilih tempat aman saat duduk di resto, kafe atau tempat umum

Saat sedang duduk dan menggunakan laptop di resto, kafe atau tempat umum lainnya, pilihlah tempat duduk di sudut belakang yang jauh dari pintu dan jendela, sehingga maling tak bisa dengan mudah mengambil komputermu lantas melarikan diri. Bila harus ke toilet, bawa saja laptop sekalian atau titip dulu di kasir atau minta tolong pelayan resto untuk mengawasinya saat sedang ditinggal.

Tips aman: alat dan perlengkapan untuk keamanan ekstra

Supaya semakin aman, tambahkan alat-alat ini untuk perlindungan ekstra terhadap gawai-gawai yang kita miliki.

Beri tanda pengenal pada semua gadget milik kita

Salah satu caranya adalah dengan memberi tag atau stiker nama di semua gadget: baik itu ponsel, laptop maupun iPad. Ada banyak toko elektronik yang menawarkan servis ini dengan harga terjangkau.

Bila tak nyaman memberi nama gadget, gunakan simbol lain seperti gambar tertentu atau casing unik yang bisa membuat polisi mudah mengenalinya saat menemukan barang milikmu yang telah dicuri.

Gunakan sarung yang netral untuk gadget mahal agar sulit dikenali

Gawai-gawai yang berharga mahal lebih banyak diincar pencuri. Lapisi laptop, tablet atau ponselmu dengan casing luar yang transparan dan berwarna netral agar maling sukar mengenali jenis gawaimu dengan pasti.

Gunakan tas ransel laptop anti maling

Sekarang ini banyak tas ransel laptop yang punya fitur tambahan untuk menghadang maling beraksi. Contohnya, tas ransel dengan gembok atau sistem kunci yang tak mudah dibuka, atau yang berbahan material kokoh sehingga tak mudah dirobek pisau copet.

Ada juga ransel yang semua sleting pembukanya berada di bagian dalam ransel, sehingga tak bisa dibuka dari luar, dengan banyak kantong yang masing-masing bisa ditutup rapat. Beberapa contohnya bisa dicek di tautan ini.

Gunakan pakaian dengan kantong tersembunyi di bagian dalam

Jaket dan baju jaman now banyak yang punya kantong di bagian dalam. Supaya ponsel aman saat naik motor atau kendaraan umum lainnya, gunakan pakaian yang punya kantong dalam untuk meletakkan ponsel supaya aman.

Selalu gunakan fitur kode penguncian gawai

Gawai masa kini biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai fitur kode penguncian, mulai dari sistem pemindai wajah sampai kode rahasia sejumlah angka. Selalu gunakan fitur kode penguncian gawai sehingga pencuri pun tak mudah meretasnya.

Aktifkan sistem pelacakan GPS di semua gadget milik kita

iPhone punya fitur “Find My iPhone” – demikian juga dengan berbagai ponsel Android dengan fitur "Find My Device" keluaran resmi Google, yang memungkinkan kita mengaktifkan GPS secara permanen untuk dengan mudah melacak titik lokasi keberadaan gawai kita bila sewaktu-waktu dicuri maling.

Gunakan kantong khusus yang kedap air saat berenang atau berada di pantai

Sebaiknya, baik saat sedang berenang atau berada di pantai, jangan pernah tinggalkan ponsel dan gadget-gadget lain milik kita bersama barang-barang lain. Gunakan kantong kedap air supaya ponsel bisa kita bawa saat berada dalam air, sekaligus mengamankannya dari risiko kerusakan, dan kita pun bisa menikmati sesi foto atau selfie saat berenang di kolam atau di laut.

Tips pengamanan ekstra, bila musibah kehilangan gadget tak terhindarkan

Semua tips di atas bisa mengurangi risiko kecurian gadget, tapi tentu saja yang namanya musibah kadang tak bisa ditolak. Lakukan 3 langkah ekstra di bawah supaya data pribadimu selalu aman sentosa.

Satu: selalu salin berkas-berkas penting termasuk foto, dokumen atau data pribadi di tempat lain selain gawai, seperti di computer, laptop maupun catatan tulisan tangan manual – sehingga bila amit-amit terjadi gawai kita hilang, kita masih punya salinan datanya.

Kedua: selalu waspada kapan saja dan dimana saja kita berada, jangan mudah lengah apalagi saat berada di tempat umum yang ramai dimana copet biasanya banyak beraksi.

Ketiga: pastikan semua kata sandi alias password di semua gadget diganti secara berkala sehingga akan lebih aman buat kita dan mempersulit maling untuk mencuri data atau meretas aplikasi-aplikasi di ponsel kita.

Yuk, jadi versi lebih baik dari dirimu sendiri bersama Generali Indonesia

Masa depan cerah, diawali dengan persiapan yang baik pula! Menjadi versi lebih baik dari dirimu sendiri diawali dari mengatur masa depan yang terarah sesuai tujuan hidupmu. Kebanyakan orang tidak paham betapa pentingnya sebuah perencanaan untuk hidup yang teratur dan strategi supaya hidup bisa terjamin, lancar secara finansial dan masa tua nanti tetap makmur dan mandiri tanpa bergantung pada siapapun.

Generali Indonesia akan selalu setia bersamamu setiap saat dan setiap waktu, dalam setiap milestone penting dalam hidupmu. Mari meniti hidup bersama kami – belajar, bertumbuh dan berkembang dengan gaya hidup sehat dan berbagai tips menarik seputar pengaturan keuangan, olahraga, pengasuhan anak dan tips praktis seputar rumah tangga, kantor maupun kehidupan sehari-hari. Jadilah versi lebih baik dari dirimu sendiri, yang selalu positif dan bahagia, bijaksana menyikapi segala hal yang terjadi dan tak lupa selalu punya persiapan matang menghadapi hidup yang tak pasti.

Bersama Generali Indonesia, setiap langkah kamu akan terjaga, karena kami ada untuk melindungi kamu. Baca artikel-artikel kami di rubrik Generali Healthy Living yang secara rutin ter-update:

Tips pengamanan kata sandi online

Video: Awas copet! Cara jitu menghindari pencopetan

Cara memberi pengamanan ekstra pada bagasi saat bepergian

Amankan uangmu dengan bantuan teknologi

3 cara mengamankan tempat usahamu dari incaran maling

Bagikan
suka artikel ini :