Bagaimanakah hubunganmu dengan uang? Apakah menurutmu sendiri, kamu adalah perencana keuangan yang baik?

Kita semua punya kecenderungan menganggap diri kita merupakan orang yang pintar mengatur keuangan dan tahu pasti bagaimana mengelola uang kita, tapi terkadang, kenyataan tak seindah bayangan, lho. Bahkan, seringnya, kita tidak mampu bersikap obyektif oleh karena berbagai hal.

Untuk mengetahui sebaik apa kamu dapat mengatur keuangan, yuk, ikuti kuis Generali berikut – dan marilah bersikap jujur supaya kamu benar-benar mendapat hasil kuis yang obyektif.

1. Budget / Anggaran bulanan dari pengeluaran dan pemasukan. Apakah kamu punya budget bulanan yang kamu tepati?

a. Pastinya! Saya punya budget / anggaran bulanan fix yang mencatat lengkap semua pengeluaran dan pemasukan sampai ke setiap rupiahnya, yang juga saya tepati dengan seksama.

b. Saya sih tidak punya budget / anggaran bulanan yang betul-betul fix, tapi saya selalu mencoba untuk menyesuaikan pengeluaran dengan pemasukan supaya seimbang dan tidak besar pasak dari tiangnya.

c. Aduh, saya nggak punya budget sama sekali. Memangnya perlu banget, ya, punya anggaran bulanan dan mencatat pengeluaran serta pemasukan?

 

2. Apakah kamu punya kartu kredit? Berapa kartu kredit yang kamu punya? Seberapa besar pengeluaran dan cicilan kartu kreditmu?

a. Saya tidak punya kartu kredit atau hanya punya satu saja, dan jarang / hampir tidak pernah menggunakan kartu kredit kecuali di keadaan yang sangat urjen.

b. Ya, saya punya satu atau dua kartu kredit, dan kadang-kadang menggunakannya untuk berbelanja. Pengeluaran dan cicilan kartu kredit standar, tidak terlalu besar.

c. Punya dong! Saya punya lebih dari dua kartu kredit dan saya menggunakan kartu kredit hampir untuk semua pembelanjaan. Pengeluaran dan cicilannya? Duh, nggak usah ditanya, deh!

 

3. Seberapa seringkah kamu membeli barang yang tak benar-benar kamu perlukan?

a. Sangat jarang. Hanya betul-betul sesekali saja, saat saya sedang ada uang yang cukup sehingga tak harus berhutang, dan setelah berpikir masak-masak dan memutuskan bahwa benda tersebut memang saya inginkan atau memang akan membuat hidup saya jadi lebih baik.

b. Sekali-sekali, saat saya sedang punya uang lebih atau baru ketiban rejeki.

c. Sering dong, karena memanjakan diri sendiri itu sangat perlu, kan saya sudah capek-capek kerja, jadi saya harus menikmati hasilnya.

 

4. Apakah kamu suka membeli barang saat sedang didiskon atau ada promo harga menarik?

a. Saya tidak terlalu suka termakan iklan atau promo. Saya hanya akan membeli barang saat diskon bila saya betul-betul memerlukan barang tersebut.

b. Saya suka banget sama yang namanya diskon, tapi saya tetap berhati-hati kok.

c. Saya sering banget kalap kalau ada diskon dan promo, yang penting bisa dapat barang bagus dengan harga miring!

 

5. Pernahkah kamu memutuskan membeli barang bermerk yang harganya lebih mahal ketimbang alternatif lebih murah lainnya?

a. Pernah, saat saya tahu bahwa barang yang berharga mahal tersebut memang berkualitas jauh lebih baik. Ada harga, ada rupa, kan?

b. Ya, kadang-kadang, saat sedang merasa ingin memanjakan diri dengan sesuatu yang spesial.

c. Selalu dong, karena saya suka barang yang bermerk!

 

6. Bagaimana kabarnya uang tabungan di rekeningmu saat ini?

a. Saya punya dana darurat yang hanya akan dipakai saat betul-betul perlu, selain itu saya juga punya tabungan lainnya untuk berbagai pos keperluan. Tabungan saya bertambah dengan jumlah teratur setiap bulannya.

b. Saya punya sedikit tabungan sih, dan sedikit dana darurat, tapi saya tidak terlalu ngoyo untuk menimbun uang di bank secara terburu-buru. Biar pelan asal pasti.

c. Saya tidak punya tabungan maupun dana darurat, dan belum memikirkan ke arah sana dulu, yang penting saya happy!

 

7. Apakah kamu punya asuransi? Apa saja asuransi yang kamu punya?

a. Saya punya asuransi jiwa, dan selain BPJS, saya juga punya asuransi kesehatan pribadi yang cukup bagus.

b. Saya punya asuransi kesehatan dari kantor yang melengkapi BPJS. Asuransi jiwa saya belum punya, tapi sudah ada rencana ke arah sana.

c. Aduh, BPJS aja sudah cukup kaliii, nggak usah lebay lah, asuransi itu mahal!

 

8. Apakah kamu punya investasi atau penghasilan pasif / pemasukan uang sampingan selain gaji dari pekerjaan tetapmu?

a. Tentu dong, saya punya beberapa instrumen investasi yang menghasilkan beberapa pos pemasukan pasif lainnya.

b. Belum sih, tapi saya sudah berpikir untuk mulai investasi dalam waktu dekat.

c. Investasi? Buat apa? Memangnya perlu ya? Yang penting punya gaji tetap kan?

 

Setelah kamu sudah selesai mengerjakan kuis seputar keuangan di atas, inilah hasil dari kuis sesuai pilihan kamu sendiri...

 

Kamu memilih jawaban mayoritas A

Wah, benar-benar canggih, kamu sungguh merupakan ahli finansial yang hebat dan penuh strategi! Kamu sudah tahu bagaimana cara mengelola keuanganmu dan sudah sangat mantap dalam lakukan persiapan finansial untuk masa depanmu.

Bila kamu ingin menambah pengetahuan seputar pengaturan keuangan dengan lebih baik, beberapa artikel persembahan Generali Indonesia ini bisa jadi subyek bacaanmu berikutnya:

 

Jawabanmu mayoritas adalah B (atau, jumlah yang seimbang antara pilihan A, B danC)

Kamu sudah lumayan OK sih dalam pengaturan finansialmu. Kamu sudah ada di jalan yang benar untuk menata masa depan yang cerah. Tapi, kamu memang masih harus banyak-banyak belajar pengendalian diri, terutama dalam masalah mengatur pengeluaran.

Untuk melangkah sedikit lebih jauh dalam belajar me-manage keuanganmu dengan lebih baik, kamu bisa membaca beberapa artikel Generali Indonesia berikut ini:

 

Jawabanmu kebanyakan adalah pilihan C

Waduh, maaf sekali, tapi kamu sepertinya masih harus banyak belajar bagaimana mengatur keuanganmu dengan baik dan benar. OK, harus siap terima kritik dan masukan yang membangun, ya. Yuk, stop denial, mari bangkit dan niatkan untuk belajar kelola keuangan dengan lebih baik lagi!

Mau belajar mengolah finansialmu sendiri dengan lebih baik? Kamu bisa baca artikel-artikel Generali Indonesia berikut ini: 

 

Artikel-artikel lain yang mungkin bermanfaat untuk kamu baca:

 

Orang SMART mengerti pentingnya atur keuangan yang optimal!

Jadilah orang Indonesia yang SMART, yang paham pentingnya mengatur keuangan dengan baik dan bijaksana, supaya hidup selalu lancar dan finansial stabil untuk raih cita-cita.

Salah satu langkah jadi orang SMART adalah dengan mulai memberikan jaringan perlindungan pada diri sendiri dan keluarga, agar selalu terproteksi – dan sekaligus juga, mempersiapkan masa depan yang cerah.

Bagaimana kalau ternyata ada produk menarik yang menawarkan unit link dengan berbagai benefit ekstra yang bisa ditambahkan, seperti asuransi kesehatan atau asuransi jiwa, dan kerennya, premi bisa kembali 100%?

Generali mengajak kamu untuk BeSMART dengan mulai memproteksi dirimu dan keluarga lewat produk unit link terbaru kami yang punya benefit luar biasa, yaitu perlindungan sekaligus investasi, dimana premi yang dibayarkan nasabah bisa dikembalikan full. Yes, kamu tak salah dengar. Premi bisa kembali seratus persen*, sekaligus juga kamu dan keluarga dapat perlindungan lebih baik. Mau tahu lebih lanjut mengenai BeSMART? Yuk, klik tautannya di sini!

*Sesuai syarat dan ketentuan yang berla

Bagikan
suka artikel ini :