Tips aman berlari saat musim hujan

Healthy Lifestyle Kamis, 20 September 2018
Tips aman berlari di saat musim hujan

Akhir tahun sebentar lagi tiba. Seperti biasa, Indonesia pun kembali didatangi oleh musim hujan. Semakin sering hujan turun, semakin enak pula rasanya untuk bermalas-malasan dan kembali tidur - tapi, sesuai resolusi kita untuk lebih sehat dan kembali fit di tahun ini, maka hujan pun tidak boleh dijadikan alasan penghambat untuk tetap aktif olahraga - termasuk berlari secara rutin. Apalagi, berlari di saat hujan bisa membakar kalori lebih banyak, lho!

Supaya kegiatan berlari tetap lancar dan semangat pun tetap membara, mari ikuti beberapa cara mudah supaya acara lari selalu aman saat musim hujan.

Pakai baju yang tepat. Pilih warna kostum lari yang berwarna-warni terang, dengan elemen glow-in-the-dark alias menyala dalam gelap. Tambahkan jaket parasut anti air dengan hoodie, supaya ketika cuaca mendadak buruk, kamu bisa tetap terlindungi dan tidak basah kuyup. Hal yang sama berlaku pada sepatu lari - gunakan sepatu lari yang berbahan anti air dan solnya tidak licin, supaya tak tergelincir.

Larilah di trek yang sudah kamu kenal baik. Saat cuaca cerah, menjelajah kota dan lari di trek baru memang menyenangkan, tapi, di bulan-bulan di mana hujan bisa sewaktu-waktu turun, trek yang sudah familiar lebih mudah dilintasi - apalagi, kamu sudah tahu dimana bisa berlindung bila hujan turun terlalu deras.

Siapkan minuman hangat. Saat musim kemarau, biasanya para pelari membekali diri dengan minuman dingin - nah, saat hujan, siapkan minuman yang hangat untuk membuat suhu tubuh tetap stabil. Air rebusan jahe dengan gula merah adalah contoh minuman yang bisa menghangatkan badan saat berlari di musim hujan.

Ajak teman-teman untuk lari bersama, supaya tetap bisa saling menyemangati di saat cuaca mendung. Bila kamu belum punya grup lari, banyak komunitas lari di berbagai kota di Indonesia yang bisa kamu ikuti. Atau, ajak saja teman-teman sekantor untuk ikut lari, supaya bisa sehat bersama-sama! Nanti, setelah terbiasa lari, baru deh rencanakan ikut lomba maraton.

Yang terakhir, selalu perhatikan situasi dan kondisi. Bila hujan terlalu deras, kamu bisa lari di lapangan indoor / trek dalam ruangan.

 

Kecelakaan bisa terjadi dimana saja, tak terkecuali untuk kita-kita yang sering berolahraga di luar ruangan dan berlari di jalan raya. Pastikan kita selalu punya jaring perlindungan. Cek solusi lengkap asuransi proteksi kesehatan Generali di tautan ini.

 

Runners! Jangan lewatkan semua artikel menarik seputar olahraga lari yang dapat membantumu selalu dalam kondisi fit dan tetap sehat!

Aplikasi terbaik untuk para pelari

Guide Generali untuk pelari yang akan ikut lomba maraton pertama kalinya

Makanan terbaik untuk pelari: sebelum dan sesudah latihan

Yuk, ajak anak untuk olahraga lari supaya lebih sehat dan aktif